Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » » Photoshop: Membuat Tubuh Retak

Photoshop: Membuat Tubuh Retak

 

Banyak sekali tutorial senada yang bisa kalian temukan di banyak website Photoshop mengenai cara membuat Efek Retak pada wajah atau tubuh manusia, namun kami bisa pastikan bahwa tutorial yang ada di sini sudah kami buat sedemikian simple agar tidak mempersulit kita semua dan bisa dengan mudah dinikmati semua level pembelajar Photoshop. Hanya dengan 3 langkah mudah membuat Efek Retak, kalian bisa langsung mengetahui seperti apa nanti hasilnya.

Sebelum kita benar-benar ingin mengimplementasikan cara ini, ada baiknya kalian cari terlebih dulu foto dengan resolusi yang lumayan tinggi. Mengapa demikian? Mengapa selalu saja kami berpesan untuk menggunakan stok foto dengan resolusi tinggi? Hmm.. karena dengan source tersebut, kita akan tetap dapat menjaga kualitas foto hasil akhir editan nantinya. OK.. enuf the chit-chat, kita langsung masuk ke materi.. *jiahhh... kalem!

Langkah Pertama

Siapkan foto yang hendak kita edit. Di sini kami menggunakan source image dari om google, mohon maaf, karena postingan ini juga dari blog tetangga, entah dari situs apa gambar ini kami temukan dan pergunakan di sini. Setelah foto kita telah terbuka, Duplikasi layer tersebut agar ketika kita melakukan kesalahan fatal, kita masih tetap memiliki source image yang asli.






Siapkan pula Tekstur yang hendak kita pergunakan tuk mengeksekusi tutorial ini. Di sini kami mempergunakan source image seperti di bawah ini...


Langkah Kedua

Buang background dari foto kalian yang kiranya tidak kita inginkan nantinya. Jangan lupa tuk memberi nama tiap layer agar mempermudah kita dalam pengeditan tiap layer tersebut.


Persiapkan tekstur kalian tadi dengan Blending Mode Hard Light dengan ukuran sekitar 50-70% untuk opacitynya. Buang semua bagian yang tidak kalian inginkan yang sekiranya hanya akan merusak kualitas foto objek.

Layer Texture masih terpilih (select), tekan Ctrl + Click pada layer foto kalian, di sini kami menamakan layer tersebut dengan nama Anger People. Apa tujuan dari langkah Ctrl + Click ini? Langkah ini dimaksudkan untuk membuat seleksi secara keseluruhan pada layer Anger People. Setelah layer tersebut ter-load, silahkan klik Ctrl + Shift + I untuk membalik seleksi, lalu tekan tombol delete pada keyboard.

Langkah tadi akan membuang bagian tekstur yang tidak kalian inginkan. Langkah ini sebenarnya bisa dieksekusi dengan banyak cara, eraser misalnya atau masking yang lebih populer. Tinggal kalian saja yang menentukan mana yang menurut kalian lebih nyaman dengan hasil yang memuaskan.

Sekali lagi.. buang, hapus, musnahkan, lenyapkan.. atau apapun itu istilahnya.. bagian-bagian dari tekstur yang sekiranya mengganggu kelancaran serta ketertiban lalu lintas hingga tidak terjadi kasus serupa mesuji atau Tugu Tani dsb pada bagian objek foto kalian. Bagian-bagian tersebut bisa dilihat pada titik-titik seperti mulut (bibir) hidung, mata dsb.

Langkah Ketiga

Duplikasi/Gandakan layer tersebut (layer Tekstur) lalu set Blending Modenya menjadi Soft Light.

And you’re done!

My final result...

0 komentar: