Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)

۩۞۩ Kita dan Ibu


Seorang ibu terduduk di kursi roda sewaktu sore hari di tepi danau ditemani anaknya yang sudah mapan dan berkeluarga..

Lalu si Ibu bertanya " Itu burung apa yang berdiri di sana.. ? ".
" Bangau Bu..", anaknya menjawab dengan sopan.

Tak lama kemudian si Ibu bertanya lagi " itu yang warna putih burung apa..? ".
Sedikit kesal anaknya menjawab " Ya burung bangau Ibu..".

Kemudian Ibunya kembali bertanya " Lalu itu burung apa..? ".
Ibunya menunjuk burung bangau tadi yang sedang terbang..
Dengan nada kesal si anak menjawab " Ya bangau Bu...", " Emang Ibu gak liat dia terbang..!! "

Air mata menetes dari sudut mata si Ibu sambil berkata pelan.

" Dulu 26 tahun yang lalu aku memangkumu dan menjawab pertanyaan yang sama untukmu sebanyak 10 kali, Sedangkan saat ini aku hanya bertanya 3 kali, tapi kau membentakku 2 kali.."..

Si anak terdiam...
Dan memeluk Ibunya..

Pernahkah kita memikirkan apa yang telah di ajarkan oleh seorang ibu kepada kita ..??

Sayangilah Ibu mu dengan sungguh - sungguh..
karena surga berada di telapak kaki ibu.
Mohon ampun jika kamu pernah menyakiti hati Ibu mu.

* Pernah Kita Omelin Dia..? pasti jawabannya Pernah....!!
* Pernah Kita Cuekin Dia..? Pasti Pernah..!!
* Pernah Kita Memikirkan Apa Yang Dia Pikirkan..?

Pasti Nggk Pernah..!!

Sebenarnya apa Yang Dia Pikirkan..??


- Takut - takut nggk bisa liat kita senyum, nangis ataupun ketawa lagi.
- Takut nggk bisa ngajarin kita lagi.

Semua itu karena waktu Dia singkat..
Saat Ibu mu menutup mata.

Nggak akan ada lagi yang cerewet.
Saat kita menangis memanggil manggil Dia..
Apa yang di bales..??

" Dia hanya diam ",
Tapi banyangannya tetap di samping kita dan berkata.

" Anakku Jangan Menangis, Ibu Masih Disini "..

" Ibu Masih sayang Kamu "..

۩۞۩ Surat Dari Ibu & Ayah Untuk Anaknya


Anakku,

Saat Aku menjadi Tua, Kuharap kau memahami dan bersabar menghadapiku.
Jika suatu saat aku memecahkan piring, atau menumpahkan sup di meja karena penglihatanku mulai kabur, Kuharap kau tidak membentakku. Orang tua itu sensitif.
Saat pendengaranku memburuk dan tidak dapat mendengar apa yang kau katakan, Kuharap kau tidak memanggilku “Tuli”, tolong ulangi apa yang kau katakan atau tuliskanlah.

Maafkan Aku, anakku.

Aku menjadi Tua.
Saat lututku menjadi lemah, Kuharap kau bisa sabar membantuku berdiri, sama seperti saat Aku membantumu dulu ketika kau kecil, ketika mulai belajar berjalan.

Tolong bersabarlah padaku, saat Aku terus-menerus berbicara seperti kaset rusak, Kuharap kau tetap mendengarkanku, tolong jangan memperolokku atau muak mendengarkanku.

Ingatkah kau ketika kau kecil dan ingin sebuah balon? Kau terus-menerus merengek sampai kau dapat yang kau inginkan.

Tolong maafkan bauku. Bauku seperti orang tua. Tolong jangan memaksaku mandi. Tubuhku lemah. Orang tua mudah sakit jika mereka kedinginan. Kuharap Aku tidak membuatmu jijik.

Ingatkah kau ketika kau kecil? Aku harus mengejarmu karena kau tidak ingin mandi.

Kuharap kau bisa bersabar denganku, ketika aku selalu menjadi cerewet. Itu semua bagian dari menjadi tua. Kau akan mengerti ketika kau tua nanti.

Dan jika kau mempunyai waktu luang, Kuharap kita bisa jalan-jalan, meski hanya untuk beberapa menit saja, Aku selalu sendirian selama ini dan tidak ada yang bisa kuajak ngobrol.

Aku tahu kau sibuk dengan pekerjaanmu. Bahkan jika kau tidak tertarik dengan ceritaku, tolong luangkanlah waktumu untuk mendengarkanku.

۩۞۩ Surat Cinta Buat BUNDA..


(catatan dari seorang sahabat)



Mamah... itulah sebutan saya untuk bunda tercinta...


Assalamualaikum Wrahmatullahi Wabarakatu....

Mah makasih ya... untuk selama ini... saat mamah mengandung dede, mamah bawa dede kemana-mana...
tapi mamah ga pernah ngerasa sakit,mamah ga pernah ngerasa berat, dan mamah ga pernah mengeluh...
padahal dede selalu nendang-nendang mamah waktu di dalam perut tapi mamah ga pernah merasakan itu,
walau dede masih dalam kandungan mamah, dede tau mamah menahan rasa sakit itu...

mah, makasih ya... selama mamah disini,, melahirkan dede, membawa dede ke dunia ini, merawat dede,
mengajarkan dede banyak hal, memberitahu dede apa yang mana itu kanan dan yang mana itu kiri...

menyayangi dede, mengasihi dede melebihi apapun dari yang pernah ada... padahal dede sering bikin mamah khawatir karena kelakuan dede,
dede sering bikin mamah kecewa, dede sering bohong sama mamah, dede membuat mamah menangis, walaupun mamah bilang mamah ga nangis karena dede...
mamah juga ga pernah nunjukin kekecewaan mamah di depan dede...

mamah, makasih ya... sampai saat ini... mamah selalu ada untuk dede...
dari dede belum ada di dunia ini... sampai dede sekarang... mamah ga pernah bilang " MAMAH CAPE "...
ga pernah mamah bilang itu,, walaupun anak mamah ada 3, tapi kasih mamah ke kita selalu sama,, sayang mamah ke kita sama,
mamah selalu adil sama kita... sampai dede sekarang bingung, kenapa kasih mamah begitu besar kepada anak-anaknya...

mamah, makasih ya... selalu bisa membuat dede tenang dengan nasihat mamah, membuat dede lebih baik dengan kasih mamah...
mah, dimanapun mamah saat dede menulis blog ini... dede minta maaf...
karena dede ga bisa ngasih apa-apa saat ada hari ibu ke mamah...

mah, mamah inget ga waktu mamah ke minimarket, dede nitip ke mamah untuk dibeli'in snack kesukaan dede... walaupun mamah larang tapi mamah pun tetap membelikannya...
dede janji akan memberikan apa yang mamah minta nanti...
walau dede setiap saat berdoa buat mamah, tetap saja dede merasa kurang dan ga bisa ngasih apa-apa...

mamah, yang ada dimanapun saat dede menulis blog ini...
betapapun mamah menilai dede sudah membuat mamah bangga,, tapi itu ga akan cukup untuk dede,
dede belum bisa membalas kasih sayang mamah...
dede ingin selau terus berbakti sama mamah, walaupun menurut mamah dede sudah berbakti, tapi menurut dede itu belum mah...

mamah, yang ada dimanapun saat dede menulis blog ini...
perlu mamah tahu, dede menyayangi mamah seperti mamah sayang sama dede...
dede ingin selalu berbakti dan membahagiakan mamah...

mah, mamah tau apa yang selalu ada di setiap doa dede ???
dede selalu meminta kebahagiaan untuk mamah dan papah...
dede selau meminta kesehatan untuk mamah dan papah,,

dede selalu berdoa agar mamah dan papah bisa melihat dede sukses dengan apa yang dede miliki...

mah bagaimanapun kondisi mamah, dede tetap sayang mamah, dan ga akan mengurangi sedikitpun rasa sayang dede ke mamah...
walaupun dede sering buat mamah kecewa. ketahuilah, dede memang salah.. dan dede ga akan mengulang kesalahan yang sama...
apapun yang terjadi... dede akan selalu ada untuk mamah...


mah, kalau 22 desember itu hari ibu, dimana kita bisa mencurahkan kasih sayang kita ke ibu.
tapi klo kata dede, semua hari adalah hari ibu, semua hari adalah sayang dede ke mamah, dan sayang mamah ke dede...
dan sekarang dede sudah kuliah mah...
gak terasa mamah sudah bisa membawa dede ke bangku kuliah...
mulai tk,sd,smp,sma dan sampai sekarang mamah terus berjuang demi dede...


dede janji mah... insya Allah, bila dede udah kerja nanti gaji pertama dede buat mamah...
bahkan dede akan memberangkatkan mamah naik haji dengan keringat dede sendiri...
maaf ya mah, sampai saat ini dede belum bisa membanggakan mamah...
suatu saat dede akan membanggakan mamah...
dede akan buat mamah bangga karena telah melahirkan dede...

DARI KEMARIN, SEKARANG, BAHKAN NANTI...
DEDE AKAN SELAU SAYANG MAMAH...
I LOVE YOU, MY BEST MOTHER...

karena dede ga pulang, mungkin hanya lewat blog ini dede mengucapkan

" AKU SAYANG MAMAH... "

۩۞۩ Renungan Bagi Orang Tua


(¯`*•.¸♥ Renungan Bagi Orang Tua ♥¸.•*´¯)

"Anak kita kelak akan meniru" ( renungan bagi orang tua )

Suatu ketika, ada seorang kakek yang harus tinggal dengan anaknya.
Selain itu, tinggal pula menantu, dan anak mereka yang berusia 6 tahun.
Tangan orangtua ini begitu rapuh, dan sering bergerak tak menentu.
Penglihatannya buram, dan cara berjalannya pun ringkih.
Keluarga itu biasa makan bersama di ruang makan. Namun, sang orangtua yang pikun ini sering mengacaukan segalanya. Tangannya yang bergetar dan mata yang rabun, membuatnya susah untuk menyantap makanan.

Sendok dan garpu kerap jatuh ke bawah.
Saat si kakek meraih gelas, segera saja susu itu tumpah membasahi taplak.
Anak dan menantunya pun menjadi gusar.
Mereka merasa direpotkan dengan semua ini.

"Kita harus lakukan sesuatu," ujar sang suami. "Aku sudah bosan membereskan semuanya untuk pak tua ini."

Lalu, kedua suami-istri ini pun membuatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan.

Di sana, sang kakek akan duduk untuk makan sendirian, saat semuanya menyantap makanan.
Karena sering memecahkan piring, keduanya juga memberikan mangkuk kayu untuk si kakek.
Sering saat keluarga itu sibuk dengan makan malam mereka, terdengar isak sedih dari sudut ruangan.
Ada air mata yang tampak mengalir dari gurat keriput si kakek. Meski tak ada gugatan darinya.
Tiap kali nasi yang dia suap, selalu ditetesi air mata yang jatuh dari sisi pipinya.
Namun, kata yang keluar dari suami-istri ini selalu omelan agar ia tak menjatuhkan makanan lagi.

Anak mereka yang berusia 6 tahun memandangi semua dalam diam. Suatu malam, sebelum tidur, sang ayah memperhatikan anaknya yang sedang memainkan mainan kayu.

Dengan lembut ditanyalah anak itu. "Kamu sedang membuat apa?".

Anaknya menjawab, "Aku sedang membuat meja kayu buat ayah dan ibu, untuk makan saatku besar nanti.

Nanti, akan kuletakkan di sudut itu, dekat tempat kakek biasa makan." Anak itu tersenyum dan melanjutkan pekerjaannya.

Jawaban itu membuat kedua orangtuanya begitu sedih dan terpukul. Mereka tak mampu berkata-kata lagi.

Lalu, airmatapun mulai bergulir dari kedua pipi mereka. Walau tak ada kata-kata yang terucap, kedua orangtua ini mengerti, ada sesuatu yang harus diperbaiki.

Mereka makan bersama di meja makan. Tak ada lagi omelan yang keluar saat ada piring yang jatuh, makanan yang tumpah atau taplak yang ternoda.

Kini, mereka bisa makan bersama lagi di meja utama. Dan anak itu, tak lagi meraut untuk membuat meja kayu.


Sahabat, anak-anak adalah persepsi dari kita. Mata mereka akan selalu mengamati, telinga mereka akan selalu menyimak, dan pikiran mereka akan selalu mencerna setiap hal yang kita lakukan.

Mereka adalah peniru. Jika mereka melihat kita memperlakukan orang lain dengan sopan, hal itu pula yang akan dilakukan oleh mereka saat dewasa kelak.
Orangtua yang bijak, akan selalu menyadari, setiap "bangunan jiwa" yang disusun, adalah pondasi yang kekal buat masa depan anak-anak.

Mari, susunlah bangunan itu dengan bijak. Untuk anak-anak kita, untuk masa depan kita, untuk semuanya.

Sebab, untuk merekalah kita akan selalu belajar, bahwa berbuat baik pada orang lain, adalah sama halnya dengan tabungan masa depan.
  • Jika anak hidup dalam kritik, ia belajar mengutuk.
  • Jika anak hidup dalam kekerasan, ia belajar berkelahi.
  • Jika anak hidup dalam pembodohan, ia belajar jadi pemalu.
  • Jika anak hidup dalam rasa dipermalukan, ia belajar terus merasa
  • bersalah.
  • Jika anak hidup dalam toleransi, ia belajar menjadi sabar.
  • Jika anak hidup dalam dorongan, ia belajar menjadi percaya diri.
  • Jika anak hidup dalam penghargaan, ia belajar mengapresiasi.
  • Jika anak hidup dalam rasa adil, ia belajar keadilan.
  • Jika anak hidup dalam rasa aman, ia belajar yakin.
  • Jika anak hidup dalam persetujuan, ia belajar menghargai diri sendiri.
  • Jika anak hidup dalam rasa diterima dan persahabatan, ia belajar mencari
  • cinta di seluruh dunia.
Betapa terlihat di sini peran orang tua sangat penting karena mereka diistilahkan oleh Khalil Gibran sebagai busur kokoh yang dapat melesatkan anak-anak dalam menapaki jalan
masa depannya.

Tentu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan esok harus lebih baik dari hari ini dan tentu kita selalu berharap generasi yang akan datang harus lebih baik dari kita....


Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya  perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia .

Mengucapkan kata ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan
kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu. (Al Israa' : 23)

۩۞۩ Kapan Kita Membahagiakan Orang Tua Kita


(¯`*•.¸♥ Kapan Kita Membahagiakan Orang Tua Kita ♥¸.•*´¯)

۩۞۩
Kapan Kita Membahagiakan Orang Tua Kita???
Saat kita lahir, apa yang kita bawa?
kita hanya telanjang tanpa sehelai benang menempel di tubuh kita.
Kita menangis histeris dan disekitar terlihat senyum senang dan bahagia.
Apalagi raut muka mama yang tersenyum walau badannya lemas dan tak berdaya lagi.

۩۞۩
Di malam hari yang sepi kita menangis karena ngompol,haus ataupun lapar.
Dengan sabar Mama dan Papa menghampiri kita dan menenangkan kita.
Saat kita sakit, orang tua kita panik dan berusaha sebisa mungkin untuk mengobati kita dengan membawa kita ke dokter.








۩۞۩

Saat kita mulai bersekolah, Mama menyiapkan sarapan untuk kita makan. Papa mengantar kita ke sekolah. Saat kita berangkat, Mama tersenyum dan berkata di dalam hati "Dia akan menjadi orang sukses melebihi kesuksesan orang tua,Amien".
Setelah sampai di sekolah, Papa mengucapkan "belajar yang rajin ya anakku" seraya kita mencium tangan beliau. Orang tua kita sangat bangga pada kita dan berharap kita menjadi orang yang sukses kelak. 

۩۞۩
Saat dewasa,orang tua kita juga mulai bertambah tua. Kebutuhan kita semakin banyak. Kita banyak menuntut pada orang tua untuk membeli barang ini barang itu dikarenakan gengsi kita kepada teman sebaya kita. Kita tidak mau tau apa yang dilakukan Mama n Papa kita, yang penting kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Orang tua kita berusaha mengumpulkan uang untuk memenuhi keinginan kita. Karena yang mereka inginkan adalah kebahagiaan kita. 


۩۞۩
Namun, kita hanya slalu menuntut untuk mendapatkan barang yang kita inginkan tanpa ada cukupnya. Orang tua kita hanya bisa menangis di dalam hati saat kita meminta barang yang kita inginkan dengan membentak bentak dan kita memilih mendiamkan orang tua kita karena merasa orang tua kita tidak mampu memenuhi kebutuhan kita. Namun orang tua kita selalu berusaha dan berusaha untuk membuat kita tersenyum. Mungkin kita selalu berpikir "kewajiban orang tua menuruti apa yang anak minta dan membahagiakan anaknya" atau "Orang tua mencari uang buat siapa kalo bukan buat anaknya". Pikiran kita itu salah,orang tua kita juga perlu kebahagiaan.

۩۞۩
Apa yang sudah kita beri ke orang tua kita?
apa kita selalu mendoakan mereka seperti mereka mendoakan kita?

۩۞۩
Saat ini kita selalu mendapatkan apa yang kita inginkan dari orang tua kita. Kita masih selalu mengandalkan orang tua kita. Tapi orang tua kita tak selamanya mendampingi kita. Saat usia orang tua kita semakin bertambah dan akhirnya malaikat menjemput mereka. Kita hanya bisa menangis dan menyesal. Hidup kita yang serba dicukupi oleh orang tua kita kini sudah tidak lagi.
Jika itu terjadi. Kapan saat saat kita membuat orang tua kita bahagia?
Kapan saat saat membuat orang tua kita bangga atas tindakan kita?

۩۞۩ Aba dan Ummi Maafkan Aku

(¯`*•.¸♥ Aba dan Ummi Maafkan Aku ♥¸.•*´¯)


Sebuah tulisan, sebagai renungan buat yang kita malu memperkenalkan nama orang tuanya...

۩۞۩ Taman Kanak-kanak
Aba (panggilanku untuk ayah) menggandeng langkah kecilku menuju pintu kelas. Sebelumnya dia memboncengku dengan sepeda tuanya dari rumah ke sekolah. Sepeda tua nya bukan jenis ontel, lebih sedikit modern dari itu, walau rantainya menggunakan rantai motor. Kursi sepeda terbuat dari besi, kursi yang sering membuat pantatku sakit, berhubung jalanan kecil di Makassar saat itu masih banyak yang berlubang.

Di dalam kelas sudah banyak anak kecil lain. Entah aku anak yang pemalu atau cukup aktif seperti sekarang. Aku tidak begitu ingat dengan masa Taman Kanak Kanak. Hanya beberapa yang kuingat, kakiku yang terjepit ayunan atau kepalaku bocor karena terbentur pondasi sekolah. Dan yang aku ingat, aba yang memperkenalkanku. Memperkenalkan jagoan kecilnya. Jagoan kecil yang merengek takut ditinggal pulang. "Aba, tunggu aku sampai pulang yah"


۩۞۩  Sekolah Dasar
Aku sudah bisa membaca dan menulis, walaupun tulisanku masih ala tulisan cakar ayam tapi aku bangga sudah bisa menulis. Kini aku yang memperkenalkan diriku kepada teman-teman dan guruku, walau masih menunggu untuk disuruh. Tadi pagi memang Ummi (panggilanku untuk ibu) berbisik dan berjanji mengantarku sekolah, bisikannya membuatku semangat membawa tas sekolah dengan gambar superhero yang berwarna-warni.
"nak bangun, kamu sudah kelas 1 SD loh"
Bisiknya sambil tersenyum membangunkanku, yaa cintamu membuatku optimis ummi.

Kini di depan kelas, aku bisa memperkenalkan diriku sendiri, dan juga menyebut dengan bangga nama kalian di depan teman dan guruku.
"Juanda Ayahku, Yusna Ibuku". Dengan penuh senyum kusebut itu :) .


۩۞۩  MTs, Aliah, dan SMA
Aku sudah mulai beranjak dewasa, ini masa remajaku. Tepat kelas 3 MTs nanti aku sudah mimpi basah. Aku sudah mulai menyembunyikan banyak hal, termasuk dalam perkenalan. Aku tak lagi menyebut nama Aba dan Ummi dalam perkenalanku, tak ada kesempatan untuk itu. Malah, pertanyaan yang biasa seperti hobi dan ukuran sepatu yang lebih sering muncul. Kenapa tak ada kesempatan dalam perkenalan untuk menyebut nama kalian ?. Begini memangkah masa remaja ?. Masa dimana sudah ada jarak, masa dimana aku dan remaja lainnya sudah mulai enggan menyebut nama kalian di depan teman sebaya. Aba dan Ummi maaf, tak sempat kusebut nama kalian dalam perkenalanku. Padahal aku tahu, namaku selalu ada dalam lirih doa kalian.


۩۞۩  Kini aku Mahasiswa
Aku sudah mulai mengurus administrasi untuk pendidikanku sendirian. Kalian tak lagi mengantarku ke gerbang kampus. Aku sudah membawa motor pemberian kalian, hanya kucium tangan dan pipi kalian sebelum berangkat tadi. Ummi, kau mengusap kepalaku dan mencium pipi sambil berujar,
"kuliah yang baik ya nak".
Dan Aba, kau tetap berpesan seperti biasa kepadaku,
"Jangan lupa shalat".
Aku hanya mengangguk dan pergi.

Aku kini berada di dalam kelas, banyak wajah baru disini. Mereka teman kuliahku, semua sebaya. Banyak tahun kulewati dengan pengalaman untuk berkenalan. Aku tak sungkan lagi menjulurkan tangan sebagai tanda perkenalan kepada teman baruku. Bahkan, jika ada wanita yang mengganggu pikiranku, tak sungkan kuminta nomor hapenya. Semua berubah, kini aku pria dewasa yang sudah lebih percaya diri. Tapi, tak juga kuperkenalkan nama kalian, Aba dan Ummi.

Entah sampai kapan kebiasaan ini kulakukan. Aku tak lagi dengan bangga memperkenalkan nama kalian. Tak seperti ketika aku SD dan Tk yang semangat menyebut nama kalian. apa semua anak remaja seperti ini ?.

Lagi-lagi aku bertanya hal itu.....

Aku berjanji, suatu saat, akan ada seorang gadis yang betul-betul akan kupinang sambil kuperkenalkan nama kalian.
"Juanda Ayahku, Yusna Ibuku.............."

۩۞۩ Bukti Cinta Seorang Ibu





(¯`*•.¸♥ Bukti Cinta Seorang Ibu ♥¸.•*´¯)

Kiranya di dunia ini, tidak ada budi yang bisa mengimbangi ataupun membalas cinta seorang ibu. Cinta seorang ibu mengalir dalam darah dan ruh kita. Anak adalah buah cinta dari dua hati, namun ia tidak dititipkan dalam dua rahim. Ia dititipkan dalam rahim sang ibu. Selama sembilan bulan disana ia hidup dalam kesunyian sambil menghisap saripati kehidupan sang ibu. Kemudian ia keluar diantar oleh darah sang Ibu. Berikut adalah sebuah kisah tentang pengorbanan seorang ibu terhadap anak yang sangat dicintainya. Mudah-mudahan ada hikmah yang dapat diambil setelah membaca kisah ini. Dan juga dapat menambah rasa sayang kita terhadap orang tua, terutama Ibu yang telah melahirkan dan merawat kita dengan cinta kasihnya yang tulus.

Alkisah di sebuah desa, ada seorang ibu yang sudah tua, hidup berdua dengan anak satu-satunya. Suaminya sudah lama meninggal dunia karena sakit. Sang ibu sering merasa sedih memikirkan anak satu-satunya itu. Anaknya mempunyai tabiat yang sangat buruk, yaitu suka mencuri, berjudi, mengadu ayam dan banyak lagi. Sang Ibu sering menangis meratapi nasibnya yang malang, Namun ia sering berdoa memohon kepada Tuhan : "Tuhan tolong sadarkan anakku yang kusayangi, supaya tidak berbuat dosa lagi. Aku sudah tua dan ingin menyaksikan dia bertobat sebelum aku mati" Namun semakin lama si anak semakin larut dengan perbuatan jahatnya. Sudah sangat sering ia keluar masuk penjara karena kejahatan yang dilakukannya.

Suatu hari ia kembali mencuri di rumah penduduk desa, namun malang dia tertangkap. Kemudian dia dibawa ke hadapan raja untuk diadili dan dijatuhi hukuman pancung. Pengumuman itu diumumkan ke seluruh desa. Hukuman akan dilakukan keesokan hari di depan rakyat desa dan tepat pada saat lonceng berdentang menandakan pukul enam pagi. Berita hukuman itu pun sampai ke telinga si ibu, dia menangis meratapi anak yang dikasihinya dan berdoa berlutut kepada Tuhan: "Tuhan ampuni anak hamba, biarlah hamba yang sudah tua ini yang menanggung dosa nya"

Dengan tertatih tatih dia mendatangi raja dan memohon supaya anaknya dibebaskan. Tapi keputusan sudah bulat, anakknya harus menjalani hukuman. Dengan hati hancur, si ibu kembali ke rumah. Tak hentinya dia berdoa supaya anaknya diampuni, dan akhirnya dia tertidur karena kelelahan. Dan dalam mimpinya dia bertemu dengan Tuhan.

Keesokan harinya, ditempat yang sudah ditentukan, rakyat berbondong-bondong menyaksikan hukuman tersebut. Sang algojo sudah bersiap dengan pancungnya dan si anak pun sudah pasrah dengan nasibnya Terbayang di matanya wajah ibunya yang sudah tua, dan tanpa terasa ia menangis menyesali perbuatannya.

Detik-detik yang dinantikan akhirnya tiba. Namun sampai waktu yang ditentukan tiba, lonceng belum juga berdentang. Sudah lewat lima menit dari waktu yang ditentukan dan suasana sudah mulai berisik. Akhirnya petugas yang bertugas membunyikan lonceng datang. Ia mengaku heran karena sudah sejak tadi dia menarik tali lonceng tapi suara dentangnya tidak ada.

Saat mereka semua sedang bingung, tiba-tiba dari tali lonceng itu mengalir darah. Darah itu berasal dari atas tempat di mana lonceng itu diikat. Dengan jantung berdebar seluruh rakyat menantikan saat beberapa orang naik ke atas menyelidiki sumber darah. Tahukah anda apa yang terjadi? Ternyata di dalam lonceng ditemui tubuh si ibu tua dengan kepala hancur berlumuran darah. Dia memeluk bandul di dalam lonceng yang menyebabkan lonceng tidak berbunyi, dan sebagai gantinya, kepalanya yang terbentur di dinding lonceng.

Seluruh orang yang menyaksikan kejadian itu tertunduk dan meneteskan air mata. Sementara si anak meraung raung memeluk tubuh ibunya yang sudah diturunkan. Menyesali dirinya yang selalu menyusahkan ibunya. Ternyata malam sebelumnya si ibu dengan susah payah memanjat ke atas dan mengikat dirinya di lonceng memeluk besi dalam lonceng untuk menghindari hukuman pancung anaknya.

Demikianlah sangat jelas kasih seorang ibu untuk anaknya. Betapapun jahat si anak, ia tetap mengasihi sepenuh hidupnya. Marilah kita mengasihi orang tua kita masing masing selagi kita masih mampu karena mereka adalah sumber kasih Tuhan bagi kita di dunia ini. Sesuatu untuk dijadikan renungan bagi kita, gar kita selalu mencintai sesuatu yang berharga yang tidak bisa dinilai dengan apapun.

  • Ambillah waktu untuk berpikir, itu adalah sumber kekuatan,
  • Ambillah waktu untuk bermain, itu adalah rahasia dari masa muda yang abadi,
  • Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan,
  • Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan,
  • Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan,
  • Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan,
  • Ambillah waktu untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati,
  • Ambillah waktu untuk memberi, itu membuat hidup terasa berarti,
  • Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan,
  • Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci untuk menuju surga, Dan…..
  • Gunakahlah waktu sebaik mungkin, karena waktu tidak akan dapat diputar kembali.

۩۞۩ Puisi Ungkapan Kasih Ibu


Puisi Ungkapan Kasih Ibu

۩۞۩ Anakku.....

Bila ibu boleh memilih..
Apakah ibu berbadan langsing atau berbadan besar karena mengandungmu..
MAKA IBU AKAN MEMILIH MENGANDUNGMU..
Karena dalam mengandungmu ibu merasakan keajaiban dan kebesaran Tuhan...

Sembilan bulan nak...engkau hidup diperut ibu...
Engkau ikut kemanapun ibu pergi...
Engkau ikut merasakan ketika jantung ibu berdetak karena kebahagiaan...
Engkau menendang rahim ibu ketika engkau merasa tidak nyaman,karena ibu kecewa dan mengurai air mata...

۩۞۩ Anakku.....

Bila ibu harus memilih apakah ibu harus operasi caesar,atau ibu harus berjuang melahirkanmu.

MAKA IBU MEMILIH MELAHIRKANMU...

Karena menunggu dari jam kejam...,menit ke menit kelahiranmu.......
Adalah seperti menunggu antrian memasuki salah satu pintu surga
Karena kedasyatan perjuanganmu untuk mencari jalan ke luar ke dunia sangat ibu rasakan...

Dan saat itulah kebesaran Tuhan menyelimuti kita berdua....,Malaikat tersenyum diantara peluh dan erangan rasa sakit...
Yang tak pernah bisa ibu ceritakan kepada siapapun...

Dan ketika engkau hadir,tangismu memecah dunia...,saat itulah...saat paling membahagiakan...
Segala sakit dan derita sirna melihat dirimu yang merah....

Mendengar Ayahmu mengumandangkan Adzan....
Mendengar Ayahmu membacakan Doa...
Mendengar Ayahmu membacakan Firman Tuhan
Membisikan ayat ayat suci di telinga mungilmu.....

۩۞۩ Anakku.....

Bila ibu boleh memilih apakah ibu berdada indah,atau harus bangun tengah malam untuk menyusuimu....
MAKA IBU MEMILIH MENYUSUIMU...

Karena dengan menyusuimu ibu telah membekali hidupmu dengan tetesan tetesan dan tegukan tegukan yg sangat berharga...
Merasakan kehangatan bibir dan badanmu di dada ibu dalam kantuk ibu...
Adalah sebuah rasa luar biasa yang orang lain tidak bisa rasakan...

۩۞۩ Anakku.....

Bila ibu boleh memilih duduk berlama lama diruang rapat....atau duduk dilantai menemanimu menempel puzzle
MAKA IBU MEMILIH BERMAIN PUZZLE DENGANMU...

۩۞۩ Tetapi Anakku....

Hidup memang pilihan...jika dengan pilihan ibu,engkau merasa sepi dan merana......

MAKA MAAFKANLAH NAK...
maafkan ibu...maafkan ibu...Percayalah nak...,ibu sedang menyempurnakan puzzle kehidupan kita...Agar tidak ada satu kepingan bagian puzzle kehidupan kita yg hilang.

۩۞۩ Percayalah Nak.....
Sepi dan ranamu adalah sebagian duka ibu...
Percayalah Nak.....
Engkau adalah selalu menjadi belahan nyawa ibu....

pertanyaan seorang ibu :

sebagai seorang ibu saya selalu bertanya : apa yang dapat saya berikan kepada Anakku....
bukan pertanyaan apa yang dapat saya dapatkan dari anakku....
karena anakku lahir atas keinginanku.... dan itu merupakan tanggung jawab yang besar bagi mereka.... bagaimana mereka harus tumbuh dengan baik... dan tentu dengan perhatian dan kasih sayang yang besar buat mereka....
Semoga engkau selalu mendapatkan cinta kasih dari keluargamu....


PESAN UNTUK SOBAT-SOBAT : SAYANGI & BUAT BANGGA IBU KALIAN ITU SAJA SUDAH CUKUP...

۩۞۩ Renungan seorang anak untuk Ibu




(¯`*•.¸♥ Renungan seorang anak untuk Ibu ♥¸.•*´¯)


Mari kita renungkan bersama..

Kenanglah IBU yang menyayangi kita,
untuk IBU yang selalu meneteskan air mata ketika kita pergi...
Ingatkah kita ketika IBU rela tidur tanpa selimut demi melihat kita tidur nyenyak dengan dua selimut membalut tubuh kita...

Ingatkah kita ketika jemari IBU mengusap lembut kepala kita??
dan ingatkah kita ketika airmata menetes dari mata IBU kita,
Ketika melihat kita terbaring sakit..

Sesekali jenguklah IBU kita yang selalu menantikan kepulangan kita di rumah tempat kita dilahirkan..
Kembalilah minta maaf pada IBU yang selalu rindu akan senyum kita..

Jangan biarkan kita kehilangan saat-saat yang akan kita rindukan di masa datang ketika IBU telah tiada...

Tak ada lagi yg berdiri di depan pintu menyambut kita.
Tak ada lagi senyum indah..tanda bahagia.
Yang ada hanyalah kamar yang kosong tiada penghuninya..
Yang ada hanyalah baju yang tergantung di lemari kamarnya..

Tak ada lagi dan tak akan ada lagi yang meneteskan air mata mendo'akan kita disetiap hembusan nafasnya.
Kembalilah segera....
Peluklah IBU yang selalu menyayangi kita..
Ciumlah kaki IBU..
Yang selalu merindukan kita.
Dan berikanlah yang terbaik di akhir hayatnya...

dan jika ibu mu sudah di surga,

Kenanglah semua cinta & kasih sayangnya... berdoalah agar dia tersenyum di surga sana...
IBU...
Maafkan aku...
Sampai kapanpun jasamu tak akan terbalas...

Wahai sobat yang berbakti berikanlah yang terbaik buat IBU mu..
Baik atau buruk,cantik atau jelek..
Ia tetap IBU kita..
Sukses buat kita semua...


"BANTU ADMIN NGE-SHARE CERITA INI KEPADA ORANG LAIN BISA MELALUI FB ATAU APAPUN, AGAR SELURUH ORANG DI DUNIA INI DAPAT MENGHORMATI, MENCINTAI DAN MENYAYANGI IBUNYA"

۩۞۩ Doa dan Puisi Untuk Orang Tua Tersayang

  (¯`*•.¸♥ Puisi dan Doa Untuk Orang Tua Tersayang ♥¸.•*´¯)


Doa

۩۞۩ Ya Allah,
Rendahkanlah suaraku bagi mereka
Perindahlah ucapanku di depan mereka
Lunakkanlah watakku terhadap mereka dan
Lembutkan hatiku untuk mereka...

۩۞۩ Ya Allah,
Berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya,
atas didikan mereka padaku dan Pahala yang
besar atas kasih sayang yang mereka limpahkan padaku,
peliharalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku.

۩۞۩ Ya Allah,
Apa saja gangguan yang telah mereka rasakan
atau kesusahan yang mereka deritakan kerana aku,
atau hilangnya sesuatu hak mereka kerana perbuatanku,
maka jadikanlah itu semua penyebab susutnya
dosa-dosa mereka dan bertambahnya pahala
kebaikan mereka dengan perkenan-Mu ya Allah,
hanya Engkaulah yang berhak membalas
kejahatan dengan kebaikan berlipat ganda.

۩۞۩ Ya Allah,
Bila magfirah-Mu telah mencapai mereka sebelumku,
Izinkanlah mereka memberi syafa'at untukku.
Tetapi jika sebaliknya, maka izinkanlah aku
memberi syafa'at untuk mereka,
sehingga kami semua berkumpul bersama dengan santunan-Mu
di tempat kediaman yang dinaungi kemulian-Mu, ampunan-Mu serta rahmat-Mu.

Sesungguhnya Engkaulah yang memiliki Karunia Maha Agung,
serta anugerah yang tak berakhir
dan Engkaulah yang Maha Pengasih diantara semua pengasih.
Amin Ya Rabbul Alamin...



Puisi

Bahagiaku surga mereka, dan deritaku pilu mereka...
Dua orang yang sangat aku hargai...
dua orang yang sangat aku hormati...
aku cintai dan aku sayangi...
Yah, mereka “PAPA dan MAMAku”.

MAMA...
yang telah mengandungku selama 9 bulan..
MAMA...
yang sudah memperjuangkan hidup matinya hingga aku dapat hadir di dunia ini..
MAMA...
yang telah merawatku dengan penuh kelembutan dan kasih sayangnya...

PAPA, yang telah mendidikku...
PAPA, yang rela banting tulang...
ikhlas mengeluarkan keringatnya agar aku dapat menikmati hidup...
Detik demi detik, hari demi hari, bahkan tahun demi tahun…

Apakah yang dapat kulakukan untuk membalas mereka???
Sering aku tutup telinga tidak mau mendengar nasehat mereka...
sering kali aku bohong sama mereka hanya untuk kesenanganku...
Sering aku melawan jika mereka marah karena kenakalanku...
Sering kali aku banting pintu jika mereka tak kabulkan permintaanku...
dan bahkan sering aku mengeluarkan kata-kata kasar...
yang tidak pantas mereka dengar dari bibirku...
"DASAR CEREWAT, PELIT"

Tapi apakah mereka memendam rasa dendam terhadapku???
“ TIDAK !!! tidak sama sekali... ”
Mereka dengan tulus memafkan kesalahanku
Mereka tetap menyayangiku dalam setiap hembusan nafas mereka...
Bahkan mereka tetap menyebut namaku dalam setiap doa-doanya...
hingga aku menjadi seperti sekarang ini...

Ya TUHAN !!! betapa durhakanya aku...!!!
Tak sadarkah aku...
bahwa mereka adalah orang yang sangat berarti dalam hidupku...

Langkah-langkah ku terhenti di hadapan mereka...
Dan ku pandangi “PAPA dan MAMAku” inci demi inci...

Badan yang dulu tegap kekar Kini mulai membungkuk...
Rambut yang dulu hitam kini mulai memutih...
Kulit yang dulu kencang kini mulai berkeriput...

Kutatap mata mereka yang berbinar-binar...
dan mulai meneteskan air mata bahagia...
air mata haru...
air mata bangga melihatku dengan diriku yang sekarang
Ku cium tangan mereka..
dan kupeluk mereka sambil berkata...

“PAPA dan MAMA”
yang kuberikan hari ini tidak akan cukup untuk membalas semua yang telah kalian berikan selama ini kepada ku,
“Terimakasih PA, terimakasih MA...”
“AKU SAYANG PAPA DAN MAMA SAMPAI AKHIR HAYAT KU”

۩۞۩ Ayah, Jangan Menangis..



  (¯`*•.¸♥ Ayah, Jangan Menangis.. ♥¸.•*´¯)


"Ketika kamu menjadi laki-laki dewasa....
dan kamu harus pergi kuliah dikota lain...
AYAH harus melepasmu..
Tahukah kamu bahwa badan AYAH terasa kaku untuk memelukmu?
AYAH hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini - itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .
Padahal AYAH ingin sekali menangis seperti Ibu dan memelukmu erat-erat.
Yang AYAH lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya,dan menepuk pundakmu berkata "Jaga dirimu baik-baik nak..”
AYAH melakukan itu semua agar kamu KUAT...kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.

Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu,
orang pertama yang mengerutkan kening adalah AYAH .
AYAH pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.

Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta mainan baru,
dan AYAH tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan...
Kata-kata yang keluar dari mulut AYAH adalah : "Tidak.... Tidak bisa!"
Padahal dalam batin AYAH , Ia sangat ingin mengatakan "Iya mas, nanti AYAH belikan untukmu".
Tahukah kamu bahwa pada saat itu AYAH merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.
AYAH adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu. AYAH akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat
"putra kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang"

Taukah kamu,saat tiba waktumu merajut keluarga baru dan lepas dari tanggung jawab ayahmu,
Dia adalah orang pertama yang merasa lega bahagia dan bangga..
Dan akhirnya....
Saat AYAH melihatmu duduk di Panggung Pelaminan bersama seseorang wanita yang di anggapnya pantas mendampingimu,
AYAH pun tersenyum bahagia....
Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu AYAH pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?
AYAH menangis karena AYAH sangat berbahagia, kemudian AYAH berdoa....
Dalam lirih doanya kepada Tuhan, AYAH berkata:
"Ya Tuhan tugasku telah selesai dengan baik.... Putra kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi laki-laki yang sukses dan berwibawa. Bahagiakanlah ia bersama istrinya"

Setelah itu AYAH hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk.
Dengan rambut yang telah dan semakin memutih dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya. AYAH telah menyelesaikan tugasnya.

AYAH kita adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat.
bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis.
Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu.
Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa "KAMU BISA" dalam segala hal"

Photoshop : Manipulasi Foto Flaming

Dalam tutorial ini, kita akan memanipulasi gambar sehingga terlihat seperti wanita terbakar di api. Gagasan di balik manipulasi ini adalah untuk menciptakan sebuah ilustrasi nice looking, hanya dengan menggunakan teknik sederhana dan alat-alat seperti alat Brush dan perintah Warp. Saya harap Anda menikmati tutorial dan mencobanya dengan citra stok Anda sendiri.


Langkah 1

Untuk proyek ini, saya menggunakan dua gambar bagus yang cocok untuk manipulasi, image1 , image2 .  
Dan sebelum kita melanjutkan dengan langkah-langkah, saya harus memberitahu Anda bahwa tutorial ini ditulis dengan menggunakan Photoshop CS3.

Langkah 2

Mari kita mulai dengan image1 , terbuka dan duplikat gambar ini dengan menggunakan Image> perintah Duplicate dari menu bar. Pada kotak dialog Gambar Duplikat, Anda bisa nama apapun yang anda suka, tetapi untuk mengikuti referensi tutorial, nama itu "PassionFire" dan tekan OK. Dengan melakukan hal ini, kami terus gambar asli. Pastikan untuk menyimpan.

Langkah 3

Dengan aktif "PassionFire" gambar, menduplikasi "background" layer. Set latar depan dan warna latar belakang hitam dan putih dengan menekan D di keyboard. Klik "background" layer lagi dan mengisinya dengan warna foreground ~ yang diatur ke hitam. Lihat gambar di bawah.

Langkah 4

Mengaktifkan kembali "Layer 1," kemudian tekan Command + Shift + U untuk menerapkan perintah desaturate. Sekarang membalikkan warna dengan menekan Command + I. gambar Anda akan terlihat seperti negatif film ini sekarang.

Langkah 5

Duplikat "Layer 1," kemudian menerapkan menemukan tepi filter dari Filter> Stylized> Cari Edges. Selanjutnya, membalikkan warna dengan menekan Command + I dan mengubah Blending Mode terhadap cahaya keras. Di sana, gambar Anda sekarang memiliki garis kontras putih dan latar belakang sangat gelap.

Langkah 6

Untuk memberikan garis putih lebih kontras, duplikat "Layer 1" copy kemudian mengubah Blending Mode ke Screen.

Langkah 7

Sekarang kita pindah ke gambar kedua. Tarik image2 ke jendela dokumen "PassionFire" gambar dengan menggunakan Move tool. Jika dialog profil mismatch Paste muncul, klik OK untuk memperbaikinya.

Langkah 8

Gambar api dari "image2" harus berada dalam "Layer 2" sekarang. Ubah Blending Mode nya ke layar, ini akan menyembunyikan semua warna hitam di "Layer 2." Jika dilakukan dengan benar, gambar Anda harus serupa dengan yang di bawah.

Langkah 9

Duplikat "Layer 2" dengan menekan Command + J. Pastikan Anda menggunakan modus Blending layar, sama seperti aslinya "Layer 2." Selanjutnya, membuat "Layer 2" menjadi tidak terlihat dengan menyembunyikan itu dari panel lapisan.

Langkah 10

Klik "Layer 2 copy" untuk membuatnya aktif, kemudian gunakan perintah Free Transform (Edit> Free Transform) untuk memutar dan mengubah ukuran gambar api seperti ditunjukkan di bawah ini. Jangan lupa untuk tekan Enter setelah selesai mengubah.

Langkah 11

Masih dalam lapisan yang sama, sekarang menggunakan perintah warp (Edit> Transform Warp>) untuk menekuk gambar api - sehingga mengikuti aliran rambut. Tekan Enter bila dilakukan. Lihat contoh di bawah ini sebagai referensi.

Langkah 12

Jika Anda merasa hasilnya tidak cukup baik, cukup menggunakan Liquify filter untuk memperbaikinya. Saya berasumsi bahwa Anda sudah tahu bagaimana menggunakan filter liquify, alat Forward Warp dan alat Twirl Clockwise merupakan satu-satunya alat saya gunakan untuk mendapatkan hasil ini (lihat gambar di bawah).

Langkah 13

Gandakan "Layer 2" copy, lalu gunakan perintah Free Transform untuk mengubah ukuran dan memutar gambar api di lapisan saat ini. Jangan lupa untuk memposisikan ulang citra api juga. Setelah Anda mendapatkan komposisi ini (lihat gambar di bawah), tekan Enter.

Langkah 14

Ulangi proses sebelumnya untuk mendapatkan rambut ditutupi dengan api. Hanya duplikat dan memodifikasi lapisan sampai Anda mendapatkan semua bagian rambut tertutup. Jika diperlukan, gunakan Filter Liquify lagi. Hasil akhir dari proses ini akan terlihat seperti gambar di bawah ini, perhatikan berapa banyak lapisan yang digunakan.

Langkah 15

Oke, sekarang mengaktifkan "Layer 2" dan membuatnya terlihat lagi. Kemudian Ubah Blending Mode menjadi Vivid Light. Langkah ini akan mewarnai hanya garis putih di lapisan di bawahnya.

Langkah 16

Masih dalam "Layer 2," menerapkan perintah Free Transform untuk mengubah ukuran dan memutar gambar api seperti ditunjukkan di bawah ini. Tujuannya adalah untuk menutupi tubuh gadis itu dan rambut dengan tekstur api. Tekan Enter setelah Anda selesai mengubah.

Langkah 17

Kita akan mengaburkan gambar api di "Layer 2," Untuk melakukannya, menerapkan Gaussian Blur filter dari menu> Filter Blur> Gaussian Blur. Isi Radius sekitar 10 sampai 15 piksel, kemudian klik OK bila dilakukan. Mengaburkan gambar api akan menyebabkan teksturnya halus untuk berbaur dengan lapisan di bawahnya.

Langkah 18

Sekarang tambahkan layer mask untuk "Layer 2." Kemudian gunakan alat Brush lembut bulat dengan Opacity sebesar 100%. Mengatur ukuran kuas sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian hanya topeng sampai api di luar menjadi tersembunyi. Melihat proses di bawah ini.

Langkah 19

Tentu kita akan menghapus garis putih yang ditampilkan dalam gambar (ditandai dengan persegi panjang merah di bawah). Pertama, menambahkan lapisan kosong baru di bawah "Layer 2." Maka cukup cat dengan warna hitam menggunakan alat sikat lembut bulat.

Langkah 20

Sekarang pergi ke lapisan yang paling atas (saya adalah: "Layer 2 copy 6"), menambahkan lapisan penyesuaian dua yaitu Hue / Saturation dan Brightness / Contrast. Hati-hati untuk tidak mengubah urutan lapisan penyesuaian, atau efek warna akan salah. Di bawah ini Anda dapat melihat pengaturan saya digunakan untuk menyelesaikan langkah ini, juga memperhatikan urutan lapisan penyesuaian.
Dengan menambahkan lapisan penyesuaian Hue / Saturation, kami menyatukan semua warna. Lapisan penyesuaian Kecerahan / Kontras membawa kontras warna yang lebih dan memastikan penampilan warna gambar itu seperti api yang nyata.

Langkah 21

Saya yakin Anda melihat percikan api efek. Saya menciptakannya menggunakan alat Brush dengan pengaturan yang sederhana. Tidak ada sikat khusus yang diperlukan, tetapi jika Anda memiliki satu yang akan berguna maka jangan ragu untuk menggunakannya. Di bawah ini Anda dapat melihat semua pengaturan saya gunakan dalam palet Brush, tentu saja Anda dapat mengubah pengaturan yang Anda inginkan. Pastikan hujan rintik-rintik sikat cukup dan bervariasi ukuran.

Langkah 22

Sekarang untuk menggunakan sikat dimodifikasi, membuat layer kosong baru di bawah lapisan penyesuaian (tambang bernama "Layer 4"). Pilih 50% abu-abu dari palet swatch, maka Anda dapat mulai membuat percikan api. Ingatlah untuk tidak monoton, mengubah ukuran ukuran kuas jika diperlukan. Saya mulai menggunakan sikat berukuran besar, kemudian mengurangi ke ukuran yang lebih kecil (Anda dapat mengubah ukuran kuas lebih cepat dengan menekan tombol braket pada keyboard).
Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan langkah-langkah ini, bayangkan di mana dan bagaimana percikan api akan mengalir kalau itu kebakaran nyata. Bagi saya, membayangkan hal-hal ini sangat membantu.

Langkah 23

Untuk membuatnya lebih menarik, membuat layer baru dan mengubah Blending Mode ke Screen. Kemudian gunakan sikat bulat yang normal lembut (bukan yang kita diubah sebelumnya), dengan Opacity dari 50%. Cukup klik di bagian tubuh, leher rambut, dan. Saya tidak yakin bagaimana untuk menjelaskan hal ini, tetapi Anda dapat melihat perbedaan antara gambar di atas dan di bawah.

 
Anda dapat melihat gambar akhir di bawah ini atau melihat versi yang lebih besar di sini .



@ 

Photoshop : Teks Papan Koboy

Tutorial ini seperti tiga tutorial digulung menjadi satu. Kita akan membuat kayu mengagumkan emboss efek, menempatkan lubang peluru ke dalam kayu, dan akhirnya merokok 'em up untuk melihat Wyatt Earp--hanya-berjalan-masa lalu degil.

Langkah 1

Jadi, inilah citra kita akan menciptakan, itu adalah semacam tanda kayu Wild West dengan beberapa lubang peluru untuk efek tambahan.

Langkah 2

Pertama, kita perlu tekstur kayu. Saya menggunakan baik EveryStockPhoto alat pencarian yang akan mencari sekelompok bank stok gambar bebas untuk menemukan gambar. Kita harus sangat berhati-hati di sini di PSDTUTS + karena perjanjian penggunaan dan apa yang tidak. Gambar ini adalah dari ImageAfter ( SRC ) yang ramah memungkinkan Anda untuk menggunakan gambar mereka dalam proyek-proyek komersial, yay!

Langkah 3

Jadi, inilah tekstur kayu yang indah saya!

Langkah 4

Pertama, kita perlu beberapa teks. Dalam sebuah layer baru, menambahkan teks Anda dalam warna coklat bagus (# 803.508). Warnanya penting karena kita akan mengaturnya untuk Multiply untuk mendapatkan yang bagus gelap dari tekstur kayu di belakangnya.
Font yang saya gunakan adalah Anatole Tampilan SSi, itu semacam Barat tampak tanpa terlalu di atas. Gunakan apa pun yang Anda silakan.

Langkah 5

Pada dasarnya, selanjutnya saya menambahkan sejumlah besar lapisan gaya. Berikut adalah cara keluar, pada langkah berikutnya saya akan menunjukkan kepada Anda semua gaya saya diterapkan.
Sebelum kita sampai ke gaya meskipun, ada dua pengaturan Anda perlu menerapkan:
  • Mengatur Isi dari lapisan sampai 90%. (Jika Anda tidak yakin apa Isi adalah, itu tepat di bawah kontrol Opacity Opacity bagaimana semuanya transparan pada layer ini., Sementara kontrol Isi seberapa transparan hanya lapisan dan bukan gaya lapisan yang)
  • Set blending mode layer untuk Multiply

Langkah 6

Ok ada gaya bazillion di sini. Poin utama untuk mengambil adalah:
  • Jatuhkan Shadow - Saya telah menggunakan drop shadow dengan cara yang tidak biasa di sini. Ini diatur untuk menempatkan sorot 1px di kanan bawah. Ini adalah di mana cahaya (yang dalam contoh ini kita akan telah datang dari kiri atas) hits tepi.
  • Inner Shadow - Saya telah menggunakan bayangan batin untuk membuatnya tampak seperti teks dicap ke kayu.
  • Inner Glow - Ini digunakan untuk memberikan tampilan dicap-secara umum di atas bayangan batin.
  • Bevel / Emboss - Saya telah menggunakan ini untuk double-over sorot drop shadow dan memberikan bahkan lebih dari nuansa timbul.
  • Gradient Overlay - ini digunakan hanya untuk memberikan sedikit variasi dalam warna item itu diterapkan.
Dan tentu saja, jika Anda terlalu malas untuk menyalin gaya yang banyak, Anda selalu dapat membeli sampel PSD dan hanya menyalinnya :-)

Langkah 7

Sekarang ini tampak cukup baik. Satu masalah, meskipun, adalah itu agak terlalu bersih dipotong. Akan lebih baik jika teks tampak sedikit lelah. Untuk melakukan itu, kita akan menerapkan peta Pemindahan. Sebenarnya, kita akan melakukan langkah ini beberapa kali selama selama sisa tutorial, sehingga cukup penting untuk belajar (dan cukup sederhana).

Langkah 8

Pertama, membuat file baru dan paste dalam tekstur kayu. Tekan Ctrl + Shift + U untuk desaturate itu dan kemudian menyimpannya sebagai Displacement.psd

Langkah 9

Sekarang kembali pada file utama, menduplikasi teks Dicari. Rasterize satu salinan dengan pergi ke Layer> Rasterize Type>. Kemudian mengatur lapisan non-raster lain untuk Isi 40%. Kemudian mematikannya untuk sementara waktu sehingga tidak mendapatkan di jalan. Sekarang kembali ke versi rasterized, pergi ke Filter> Distort> menggantikan dan menggunakan nilai 5 dan 5 untuk skala seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Tekan OK dan kemudian akan menanyakan apa file untuk digunakan sebagai peta perpindahan, pilih Displacement.psd dari langkah sebelumnya.
Untuk tujuan kita, kita terutama menggunakan mereka untuk kasar permukaannya sampai tepi untuk mencocokkan latar belakang.

Langkah 10

Sekarang kita beralih kembali non-raster lapisan lain, dan bersama-sama mereka membuat versi kasar-mencari yang asli.

Langkah 11

Sekarang saya ingin menambahkan beberapa bentuk dan teks lebih untuk memperindah teks yang diinginkan saya. Saya menggunakan Photoshop seperti bentuk bintang dan menambahkan beberapa teks tambahan di bawah ini. Lalu aku hanya menyalin langkah 4-10 untuk masing-masing.
Perbedaan satu adalah bahwa karena obyek / teks kecil, saya disesuaikan lapisan gaya yang sesuai. Jadi, misalnya, saya membuat bayangan batin 1px bukan 3px untuk jarak, dan sebagainya.

Langkah 12

Jadi di sini kita. Ini tampak keren sudah! Tetapi untuk membuat gambar ini benar-benar menendang, kita akan membutuhkan bazoomph sedikit lebih!
Pada titik ini, saya memilih semua lapisan sejauh kecuali tekstur kayu latar belakang dan terjebak mereka dalam Grup Layer dan menyebutnya Dicari Teks atau sesuatu seperti itu. Utilitas ini adalah bahwa saya sekarang dapat mengaktifkan atau mematikan saat melakukan bagian lain dari gambar tanpa itu mendapatkan di jalan. Saya sarankan Anda melakukan hal yang sama.

Langkah 13

Jadi dengan kelompok Text Dicari dimatikan untuk sementara waktu, saatnya untuk membuat lubang peluru.
Pertama, kita buat dua lapisan baru. Di satu lebih rendah, kita menggambar sebuah lingkaran largish abu-abu. Kemudian di lapisan atas, kita menggambar lingkaran kecil hitam. Anda harus memiliki sesuatu seperti yang ditunjukkan.
Ide di sini adalah sedikit hitam akan menjadi lubang yang sebenarnya, sedikit abu-abu akan menjadi mengasarinya-up tekstur kayu di sekitar lubang tersebut.

Langkah 14

Sekarang kita perlu beberapa gaya lapisan rapi untuk membuat karya ini. Di sini saya telah diterapkan mereka sudah; dalam langkah-langkah berikutnya saya akan menunjukkan pengaturan yang sebenarnya.
Perhatikan bahwa bagian peluru-lubang diatur ke Normal dan 100% Opacity / Isi, tetapi lingkaran luar diatur ke Screen, Opacity 100%, 30% Isi.

Langkah 15

Untuk bagian lubang peluru itu benar-benar sederhana, kita menggunakan Emboss dengan pengaturan ini. Perhatikan bahwa sorot saya telah menggunakan warna beige yang saya memilih keluar dari tekstur kayu sehingga akan cocok.

Langkah 16

Lapisan belakang adalah lebih rumit. Poin-poin utama untuk perhatikan adalah:
  • Saya telah menggunakan Drop Shadow dalam cara yang sama seperti dengan teks sebelumnya (yaitu untuk menciptakan highlight) namun lebih redup saat ini
  • Saya telah menggunakan Color Overlay untuk meringankan itu
  • Saya telah menggunakan Gradient untuk membuatnya tampak menjorok
  • Saya telah menggunakan Inner Shadow untuk umum membuatnya tampak tertekan

Langkah 17

Sekarang kita punya lubang peluru utama kami, saya sarankan membuat kelompok lapisan dari itu, maka duplikasi ini kelompok lapisan. Karena semua lubang peluru kami perlu terlihat berbeda, kita perlu sekelompok ini dan kemudian kita menerapkan beberapa hal randomizing (seperti peta perpindahan dan distorsi gelombang) untuk masing-masing dari mereka, pada gilirannya, untuk membuat mereka berbeda.
Jadi menduplikasi sepasang lapisan. Kemudian pilih layer lubang hitam dan pergi ke Filter> Distort> menggantikan. Sekali lagi menggunakan Displacement.psd sama dengan peta Anda. Kali ini saya mengatur skala untuk 10,10.

Langkah 18

Selanjutnya, kita pilih layer kembali dan apple a Filters> Distort> Wave transform. Anda mungkin perlu mengutak-atik pengaturan, karena Anda tidak ingin mendistorsi terlalu banyak. Aku tidak pernah sepenuhnya dipahami alat gelombang, saya hanya memindahkan slider sekitar dan tekan Randomize banyak sampai saya mendapatkan tampilan saya ingin ... membuat Anda bertanya-tanya apakah aku harus mengajar Photoshop benar-benar :-)

Langkah 19

Setelah itu, oleskan Filters> Distort> menggantikan untuk lapisan dukungan juga. Kali ini menggunakan skala 50,50 untuk membuatnya benar-benar kasar (lihat gambar).
Selain itu, saya menemukan bahwa karena tekstur kayu yang benar-benar tampak terbaik ketika saya menempatkan lubang peluru pada alur alami dari kayu. Anda dapat melihat contoh di bawah ini di mana saya memiliki lapisan lubang peluru yang sama di dua tempat yang berbeda pada kayu. Yang benar terlihat lebih alami karena menggunakan tekstur untuk efek yang baik.

Langkah 20

Sekarang kita melakukan hal peluru seluruh beberapa kali selama. Pastikan untuk memindahkan mereka di sekitar dan kemudian menggunakan peta perpindahan sehingga mereka keluar berbeda. Juga pastikan untuk menekan "Randomize" pada distorsi gelombang sehingga sekali lagi mereka keluar berbeda. Inilah yang saya punya sekarang ...

Langkah 21

Salah satu kelemahan ke gambar saat itu terlihat datar, sehingga akan menjadi ide yang baik untuk menerapkan sedikit pencahayaan dan bayangan. Saya menaruh semua lapisan peluru ke Layer Group yang disebut Bullets, dan kemudian dalam layer baru di atas semua yang lain, kita menggambar Radial Gradient pergi dari White Transparansi seperti yang ditunjukkan.

Langkah 22

Saya kemudian mengatur lapisan yang ke Overlay dan Opacity 50%, kemudian digandakan dan mengatur duplikat Soft Light dan 50%. Ini memberi saya sedikit pencahayaan yang bagus seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 23

Selanjutnya, saya digandakan lapisan tekstur sangat kembali, menekan Ctrl + Shift + U untuk desaturate, meletakkannya di atas semua lapisan lainnya, kemudian mengatur lapisan untuk Overlay dan opacity 40%. Ini pada dasarnya up kontras pada gambar.

Langkah 24

Ini dia sejauh ini - sudah tampak jauh lebih baik!

Langkah 25

Sekarang membuat satu lapisan lagi di atas yang lain dan menggambar Radial Gradient pergi dari putih menjadi hitam, tampak seperti ini. Anda tidak ingin terlalu banyak hitam karena itu akan menjadi bagian gelap.

Langkah 26

Kami menetapkan lapisan ini terbaru untuk Soft Light dan Opacity 50%, dan akhirnya kita memiliki efek pencahayaan yang bagus. Semua gambar tiba-tiba kami benar-benar datang untuk hidup.

Langkah 27

Kami memiliki satu misi terakhir, dan itu adalah untuk menambah asap! Untuk efek ini kita akan menggunakan efek berasap dari saya sebelumnya Text Slick Efek Supernatural tutorial.
Pertama membuat layer baru dan dengan sikat lembut kecil, hanya menggambar di beberapa garis bergelombang seperti yang ditunjukkan.

Langkah 28

Selanjutnya, kita pergi ke Filter> Distort> Wave dan berantakan akan membuat distorsi gelombang yang bagus. Ketika itu selesai kita tekan Ctrl + F untuk mengulang filter yang sama (gelombang) lagi beberapa kali agar terlihat lebih terdistorsi. Kadang-kadang menggunakan penghapus untuk menghapus bit yang tampak aneh.

Langkah 29

Pada dasarnya, kita ulangi langkah-langkah di atas beberapa kali, fade out layer, lakukan lagi dengan yang lain, dan Anda akan mendapatkan beberapa gelombang berasap kecil seperti ini.
Hanya terus dan membuat banyak lebih untuk menambah lubang peluru lainnya. Anda dapat belajar lebih banyak tentang efek dalam tutorial supranatural yang saya terkait dengan sebelumnya.

Akhir Gambar

Dan voila! Satu Wild West mengagumkan Photoshopped-to-the-max gambar. Semoga Anda menikmati tutorial dan belajar sesuatu yang berguna, atau gagal itu, setidaknya menemukan di mana untuk mendapatkan baik kayu tekstur :-)


@