Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)

Sifat atau Watak berdasarkan goongan darah


Golongan darah A :
Sikapmu lembut, tapi dalam mengambil keputusan nampak tegas. Suka mengalah dan ringan tangan. Suka membantu siapa saja yang sedang dilanda kesusahan. Sekalipun orang yang ditolongnya baru pertama kali dijumpainya, alias belum dikenal.Bahkan terkadang sifat sosialnya itu agak diluar batas kewajaran sebagai manusia. Habis udah tau punya uang pas-pasan misalnya, eh malah diberikan ke orang lain. Tapi ya itu, dia hanya akan memberikan pertolongan

berdasarkan perasaan hati nurani alias nggak perlu diminta. Justru pada orang yang terang-terangan meminta padanya, dia amat nggak suka.Orang punya golongan darah A termasuk yang enggak mudah emosi. Meskipun perasaannya sebenarnya tersinggung, tapi nggak diperlihatkannya. Kecuali jika dianggapnya sudah keterlaluan banget, emosinya bisa nggak terkendali.Tapi namanya juga manusia, tetap punya kelemahan. Jika sudah merasa cape dalam mengerjakan sesuatu suka ngedumel/cuap2. he..he..he.. Bicaranya ceplas-ceplos, tanpa peduli pada perasaan orang lain. Pada orang yang jelas-jelas nggak disukainya terlalu diperlihatkan. Boro-boro mau ngobrol, dekat-dekat aja nggak mau.Pada umumnya orang yang memiliki golongan darah A sedikit pemalu. Itu sebabnya untuk bisa masuk lingkungan pergaulan butuh waktu beradaptasi cukup lama.

Golongan darah B :
Otaknya cerdas, sifatnya periang dan rasa humornya tinggi. Demen banget ngobrol, bahkan kalau sudah ketemu orang yang dianggapnya cocok, betah ngobrol sampai berjam-jam lamanya.Orang yang memiliki golongan darah B termasuk orang yang mudah bergaul. Sahabatnya ada di mana-mana. Sikapnya selalu optimis dan jika sudah mengambil keputusan, sulit sekali diubah. Pendiriannya yang keras itulah yang menjadikannya sering meraih sukses. Apa yang dicita-citakannya selalu tercapai.Kelemahan dari orang yang memiliki golongan darah B adalah kurang hati-hati. Suka pamer dan suka dipuji. Bicaranya terkadang seperti nggak pakai kontrol. Nggak jarang sering membuat lawan bicaranya tersinggung.

Golongan darah AB :
Orang yang di dalam tubuhnya mengalir golongan darah AB punya watak yang lain dari yang lain. Kalau boleh disebut, perangainya sangat istimewa yang merupakan gabungan watak atau sifat golongan darah A dan B.Begitu istimewanya, sampai-sampai isi hatinya sulit sekali ditebak, apalagi jalan pikirannya. Kalau dari kulitnya, penampilannya sehari-hari misalnya, lebih condong ke orang yang memiliki golongan darah B, seperti mudah bergaul, selalu optimis dan pendiriannya keras serta suka dipuji. Tapi sebenarnya hatinya sih cenderung ke golongan darah A. Suka mengalah dan murah hati.Bahkan teman-teman dekatnya pun sering menyebutnya sebagai manusia aneh. Habis wataknya bisa berubah 180 derajat hanya dalam waktu sekian menit. Misalnya sedang marah, tiba-tiba dia bisa tertawa terbahak-bahak. Begitu juga jika sedang santai misalnya, bisa saja tiba-tiba dia jadi sedih.Hanya saja orang yang punya golongan darah AB suka kurang percaya diri. Bawaanya selalu curiga!

Golongan darah O:

Rasa percaya dirinya oke. Pendiriannya kuat dan nggak mudah goyah. Apa yang sudah menjadi keputusannya, nggak bisa diubah dengan bujuk rayu. Tapi nggak menutup kemungkinan keputusannya itu bisa diubahnya, hanya dengan teori serta didukung alasan kuat dan masuk akal.Tapi jangan khawtir atau ragu dengan keputusan yang diambilnya. Soalnya, setiap keputusan yang diambilnya, itu merupakan hasil pemikirannya yang matang. Mengingat orang yang memiliki golongan darah O ini bijaksana.Sikap bijaksananya itulah yang membawanya nggak mudah terpengaruh pada lingkungan pergaulan yang buruk. Orang yang memiliki golongan darah O lebih suka nggak punya teman, ketimbang harus masuk lingkungan pergaulan yang buruk.Seperti pepatah mengatakan, tak ada gading yang tak retak. Begitu juga dengan orang yang memiliki golongan darah O ini! Kelemahannya, keras kepala dan terkadang pandangannya agak konvensional. Nggak suka mengalah. Dalam perdebatan misalnya, meskipun sudah tahu kalau pendapatnya itu salah, tapi tetap nggak sudi mengakuinya.

Jadwal Sholat Shubuh Ummat Islam Terganggu akibat Penyesuaian "TIME ZONE"




Penyatuan "TIME ZONE" Pengaruhi Kenyamanan Ibdah Ummat Islam, Masjid-masjid akan Kosong Saat Sholat Shubuh Berjemaah

Benarkah penyeragaman zona waktu Indonesia menjadi satu macam, dengan WITA sebagai standart, membawa kebaikan dan berkah?

Sekarang kita lihat dampak perubahan waktu itu terhadap kegiatan ibadah ummat Islam, terutama saat waktu untuk sholat shubuh. Sholat shubuh bagi ummat Islam se dunia memiliki keistimewaan khusus, terutama akibat sempitnya waktu yang tersedia untuk sholat itu karena menjelang pagi, dimana manusia mulai beraktivitas dan bekerja.

Bagi kebanyakan ummat muslim, sholat sunat fajar dan sholat wajib shubuh, bersifat sangat strategis sekali. Secara spiritual, sholat fajar dan sholat shubuh itu nilainya sangat tinggi sekali di mata ummat Islam. Sholat fajarnya saja bernilai lebih tinggi daripada dunia dan se isinya. Sementara sholat shubuh itu, disaksikan oleh para malaikat yang melakukan pergantian tugas pengawasan pada saat sholat shubuh telah masuk waktunya.

Nah, sekarang kita lihat dampak buruk dari kebijakan perubahan waktu WIB dan WIT yang masing-masing maju 1 jam untuk zona WIB dan mundur 1 jam untuk zona waktu WIT.



Sekarang perhatikan untuk zona waktu WIT seperti Jayapura, Ambon dan Makassar. Jadwal waktu sholat shubuh mereka akan maju 1 jam. Itu artinya jadwal sholat shubuh di Jayapura dan Makassar akan menjadi sekitar pukul 3:15 pagi waktu se tempat untuk jadwal awal juni 2012 itu. Kalau mereka mau sholat malam (tahajjud) di akhir malam, berarti bangunnya sekitar pukul 2 pagi. Tampaknya untuk warga INTIM dengan zona waktu WIT, tak akan banyak mempengaruhi waktu yang tersedia bagi mereka untuk persiapan bekerja atau sekolah pada pagi harinya. Tapi agaimana dengan sodara-sodara kita di wilayah WIB yang tinggal di pulau Jawa dan Sumatera?


Masalah besar bagi ummat Islam justru paling banyak akan muncul yang tinggal di wilayah zona waktu WIB, umumnya di Sumetara dan Jawa. Kedua pulau ini memiliki jumlah penduduk paling besar di Indonesia, total penduduk di kedua pulau itu mencapai 175 juta jiwa (2005). Kalau jadwal waktu sholat itu maju 1 jam, maka waktu sholat shubuh itu berkisar antara pukul 5:15 (di wilayah Surabaya) hingga pukul 6 pagi di Banda Aceh. Sementara di Jakarta, jadwal sholat shubuhnya sekitar pukul 5:30 pagi untuk bulan Juni 2012.

Dampak yang akan terjadi akibat mepetnya waktu antara masuknya awal waktu untuk sholat shubuh dengan jadwal di mulainya kegiatan dan waktu sekolah (sekitar pukul 7 pagi), akan berakibat sebagai berikut:
  • Jamaah masjid yang sholat berjemaah shubuh menjadi kosong dan berkurang drastis karena warga yang berangkat kerja pagi atau sekolah pagi, sudah harus keluar rumah muali pukul 5 pagi atau paling lambat pukul 5:30 pagi. Ini terutama terjadi di Jakarta.
  • Sebagian jamaah terpaksa melakukan sholat darurat, sebab saat sholat shubuh telah masuk, posisinya sedang diatas kendaraan atau berada di kendaraan umum.
  • Pengajian-pengajian pagi ba'da sjolat shubuh (kultum), juga akan berkurang drastis akibat jamaahnya tidak ada lagi.
Jumlah Penduduk Indonesia Menurut SUPAS 2005 - BPS

 

Keadaan ini tentu saja akan membawa dampak besar dalam kenyamanan melakukan ibadah sholat fajar dan sholat shubuh bagi sekitar 175 juta penduduk di daerah zona waktu WIB seperti di Jawa dan Sumatera yang jumlahnya mencapai 175 juta itu. Mereka akan merasa tidak khusu sholat shubuhnya karena dikejar-kejar waktu yang sangat mepet.

Fenomena itu tentunya akan menimbulkan ketidak-puasan di kalangan ummat Islam di negeri ini. Apalagi ketika mereka tahu bahwa penyesuaian zona waktu itu semata-mata karena mempertimbangkan faktor ekonomi, khususnya untuk kepentingan ekonomi kapitalis (Neoliberalisme) yang terkait dengan menyesuaikan persamaan waktu itu dengan jam buka Pasar Modal di Singapore. Padahal, orang Indonesia yang hidupnya bermain-main di pasar modal dan pasar keuangan itu, mungkin tak sampai 5% saja. Tapi gara-gara kepentingan ekonomi segelintir kapitalis itu, jutaan ummat Islam terganggu ibadahnya.

Sepinya masjid akibat jamaahnya telah pergi berangkat bekerja sebelum waktu shubuh masuk, dalam jangka panjang, pasti akan mempengaruhi kondisi spiritual ummat Islam di negeri ini. Penggerusan iman ternyata dilakukan dengan cara sistematis sekali. Oleh sebab itu, tantangan yang timbul di masa depan bagi ummat Islam di Indonesia dengan penyeragaman zona waktu itu, tidak kalah merusaknya dengan kehadiran Lady Gaga. Mudah-mudahan saja para pemimpin Islam di negeri ini menyadari akan keadaan itu secara lengkap dan benar. Wallahu' alam bi shawab.

Captain Jack Ward ‘Sparrow’, Bajak Laut yang Menjadi Muslim


Captain Jack Sparrow, siapa tak kenal dirinya? Tingkah bajak laut kocak, cuek, dan gegabah yang muncul dalam tetralogi “Pirates of the Carribean” ini menarik minat banyak orang. Namun sedikit yang tahu jika Jack Sparrow di akhir hidupnya adalah seorang Muslim bernama Yusuf Rais! Atau setidaknya tokoh Jack Sparrow diilhami oleh tokoh bajak laut nyata. Di Wikipedia Indonesia bahasa Indonesia, tokoh Jack Sparrow ditulis sebagai bajak laut “fiksi”.

Identitas Jack Sparrow sedikit terungkap dalam film “Pirates of the Carribean: Stranger Tides”. Poster Jack Sparrow memperlihatkan keping aksesoris yang menggantung memiliki simbol bulan-bintang yang tak lain adalah simbol Islam yang dipopulerkan Kesultanan Turki Ottoman. Bisa jadi ini tidak kebetulan.

John Ward alias Birdy alias Jack Ward adalah bajak laut kenamaan asal Inggris, hidup pada tahun 1553-1622. Seorang pelaut Inggris mendeskripsikan ciri-ciri fisik Jack sebagai bertubuh pendek dengan rambut tipis agak putih dan botak di bagian depan; wajah agak hitam dan berjanggut. Ia irit bicara dan acap mengutuk. Sering mabuk dari pagi hingga malam. Kelakuannya tidak mengenakkan. Bodoh dan idiot dalam berniaga.

Sedikit yang diketahui orang tentang kehidupan awal Jack Ward. Apa sedikit yang diketahui itu berasal dari sebuah pamflet yang konon ditulis oleh seseorang yang berlayar bersamanya selama ia menjadi bajak laut. Di dalamnya mengatakan, Ward sepertinya lahir sekitar 1553 di Faversham, Kent, di selatan Inggris. Seperti kebanyakan anak yang lahir di daerah pantai, ia menghabiskan masa mudanya dan remajanya bekerja di bidang perikanan. Kemudian, setelah invasi gagal oleh Armada Spanyol pada 1588 ke Inggris, ia mendapatkan pekerjaan sebagai penjarah (privateer) kapal-kapal Spanyol dengan lisensi dari Ratu Elizabeth I dari Inggris.

Ketika James I dari Inggris naik tahta pada 1603, ia mengakhiri perang dengan Spanyol dan menghapuskan profesi penjarah. Namun, banyak dari mereka menolak untuk menyerah mata pencaharian mereka dan hanya terus menjarah. Mereka yang dianggap perompak karena mereka tidak lagi memiliki lisensi yang sah – yang disebut surat marque – yang dikeluarkan oleh negara. Ward tampaknya tidak lantas melakukan pembajakan, tetapi sekali lagi menjadi nelayan, bekerja di Plymouth.

Ia menjadi bajak laut sekitar tahun 1603. Ketika itu, bersama 30 orang rekannya, Jack merampas kapal layar ukuran kecil berbobot 25 ton dari Pelabuhan Portsmouth. Rekan-rekan kemudian mendaulat Jack sebagai kapten kapal. Proses mendaulat kapten ini tercatat sebagai sejarah pertama pembajak memilih sendiri pemimpinnya.
Berbekal sebuah kapal layar kecil, Jack menangkap kapal layar bernama “Violet” saat bergerak ke Isle of Wight. Dengan armada lebih besar, ia terus melakukan aksi pembajakannya sampai menangkap lagi kapal berbendera Perancis berukuran besar. Armada Jack melanjutkan perjalanan menuju Laut Tengah yang berada di antara Eropa dan Afrika. Di sana mereka merampas kapal perang yang kemudian dinamai “The Gift”. Dengan kapal perang ini, Jack dan anak buahnya menyerang pedagang yang melintasi Laut Tengah selama dua tahun berikutnya.

Tahun 1605, kapal Jack Sparrow, The Gift merapat di Sale, Maroko. Dua orang pelaut, masing-masing, asal Inggris dan Belanda bergabung dengan komplotan Jack. Setahun kemudian Jack membuat perjanjian dengan Sultan Tunisia, Usman Dei, untuk menjadikan kota Tunis sebagai markas. Dari sini kegiatan pembajakan Jack semakin mencorong. Sebuah kapal tua berbobot 60 ton bernama “Reniera e Soderina” berhasil dirampas Jack. Kapal ini kemudian karam saat berlayar di sekitar Yunani, menewaskan 400 awak di mana 250 orang di antaranya adalah muslim dan 150 lainnya adalah orang Inggris. Kematian ratusan Muslim ini membuat rakyat Tunisia murka kepada Jack.

Upaya Jack mendapatkan pengampunan dari Raja James I asal Inggris kandas. Namun Sultan Tunisia menepati janji dengan memberikan perlindungan buat Jack. Kemurahhatian Sultan membuat Jack terpanggil menjadi orang Tunisia (ketika itu Tunisia di bawah kekuasaan Turki Ottoman). Jack lantas berganti nama menjadi Yusuf Rais, menikahi perempuan Italia sembari terus mengirim uang kepada istri tuanya di Inggris. Kisah pindah kewarganegaraan ini menginspirasi Robert Daborne dan menulis naskah berjudul A Christian Turn’d Turk pada tahun 1622.

Beberapa tahun selanjutnya, Jack meneruskan kegiatan pembajakan hingga mencapai kemakmuran. Sebelum pensiun dan menghabiskan usianya dengan hidup bahagia di Tunis, namanya harum karena menyelamatkan Ribuan muslim dan Yahudi Spanyol dalam sebuah pelayaran. Tahun 1622, saat berusia 70 tahun, ia meninggal akibat wabah. Beberapa waktu menjelang kematian, ia beralih menjadi Muslim.

Bisa jadi atas alasan sejarah itulah, pembuat film “Pirates of the Carribean: Stranger Tides” menyisakan sedikit ikon Muslim pada diri Jack Sparrow alias Yusuf Rais. Jack memakai aksesoris dengan simbol bulan-bintang, sorban merah (tren pakaian Muslim masa lalu), dan janggut. Tingkah slenge’an Yusuf Rais juga ditiru habis-habisan oleh Johny Depp saat berperan sebagai Jack Sparrow.

Benar tidaknya sejarah bahwa Jack Ward adalah satu pribadi dengan Jack Sparrow, atau sebenarnya dua nama ini adalah pribadi yang berbeda, Allahu a’lam, silakan membaca di Wikipedia tentang Jack Ward,  Suhaibwebb tentang Jack Ward, dan Privateersdragon tentang sejumlah bajak laut terkenal, dan Pelaut Barbarian di Wikipedia.