Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)

Hipnotis - Bagaimana Cara Kerja Hipnotis ?

Apa Itu Hypnosis ?

Orang-orang telah memikirkan dan berdebat tentang hipnosis selama lebih dari 200 tahun, tapi ilmu belum sepenuhnya menjelaskan bagaimana hal itu benar-benar terjadi. Kita melihat apa yang seseorang di bawah hipnosis, tetapi tidak jelas mengapa ia melakukannya. Teka-teki ini benar-benar sepotong kecil dalam teka-teki yang jauh lebih besar: cara kerja pikiran manusia. Ini tidak mungkin bahwa para ilmuwan akan sampai pada penjelasan definitif dari pikiran di masa mendatang, jadi ini hipnosis bertaruh yang baik akan tetap sesuatu yang misteri juga.

Tapi psikiater memahami karakteristik umum hipnosis, dan mereka memiliki beberapa model cara kerjanya. Merupakan keadaan trans ditandai dengan sugesti ekstrim, relaksasi dan imajinasi tinggi. Ini tidak benar-benar seperti tidur, karena subjek waspada sepanjang waktu. Hal ini paling sering dibandingkan dengan melamun, atau perasaan "kehilangan diri" dalam sebuah buku atau film. Anda sepenuhnya sadar, tapi kau menghilangkan sebagian besar stimuli di sekitar Anda. Anda fokus perhatian pada subjek di tangan, dengan mengesampingkan dekat dari setiap pikiran lain.

Dalam trans sehari-hari dari sebuah lamunan atau film, sebuah dunia imajiner sepertinya agak nyata untuk Anda, dalam arti yang sepenuhnya melibatkan emosi Anda. Peristiwa Imajiner dapat menyebabkan ketakutan kesedihan, nyata atau kebahagiaan, dan Anda bahkan mungkin pukulan di kursi Anda jika Anda terkejut dengan sesuatu (a rakasa melompat dari bayang-bayang, misalnya). Beberapa peneliti mengkategorikan semua trans seperti bentuk self-hypnosis. Milton Erickson, ahli hipnotisme utama abad ke-20, berpendapat bahwa orang menghipnotis diri setiap hari. Tapi psikiater paling fokus pada negara trans dibawa oleh relaksasi disengaja dan latihan fokus. Ini hipnosis dalam adalah sering dibandingkan dengan keadaan mental santai antara sadar dan tidur.

Dalam hipnosis konvensional, Anda mendekati saran dari hipnotis, atau ide-ide Anda sendiri, seolah-olah mereka realitas. Jika hipnotis menunjukkan bahwa lidah Anda telah membengkak hingga dua kali ukurannya, Anda akan merasakan sensasi di mulut Anda dan Anda mungkin mengalami kesulitan bicara. Jika hipnotis menunjukkan bahwa Anda minum milkshake coklat, Anda akan rasa milkshake dan merasa pendinginan mulut dan tenggorokan. Jika hipnotis menunjukkan bahwa Anda takut, Anda mungkin merasa panik atau mulai berkeringat. Tapi seluruh waktu, Anda sadar bahwa itu semua khayalan. Pada dasarnya, Anda "bermain berpura-pura" di tingkat intens, sebagai anak-anak lakukan.

Dalam keadaan mental khusus, orang merasa tanpa hambatan dan santai. Agaknya, hal ini karena mereka menghilangkan kekhawatiran dan keraguan yang biasanya tetap tindakan mereka di cek. Anda mungkin mengalami perasaan yang sama saat menonton film: Ketika Anda mendapatkan asyik dalam plot, kekhawatiran tentang, keluarga pekerjaan Anda, dll memudar, sampai semua yang Anda pikirkan adalah apa yang di layar.

Dalam keadaan ini, Anda juga sangat disarankan. Artinya, ketika hipnotis memberitahu Anda melakukan sesuatu, Anda mungkin akan merangkul ide sepenuhnya. Inilah yang membuat hipnotis pertunjukan panggung sangat menghibur. Biasanya reserved, orang dewasa yang masuk akal tiba-tiba berjalan di sekitar panggung berdecak seperti ayam atau bernyanyi di bagian atas paru-paru mereka. Takut malu tampaknya untuk terbang ke luar jendela. rasa Subjek tentang keselamatan dan moralitas tetap bercokol melalui pengalaman, namun. hipnotis tidak bisa membuat Anda untuk melakukan apapun yang Anda tidak ingin lakukan.

Apa itu Lies Beneath ?

Sekolah dominan pemikiran pada hipnosis adalah bahwa hal itu adalah cara untuk mengakses pikiran bawah sadar seseorang secara langsung. Biasanya, Anda hanya menyadari proses pemikiran dalam pikiran sadar Anda. Anda sadar memikirkan masalah-masalah yang tepat di depan Anda, sadar memilih kata saat Anda berbicara, secara sadar mencoba untuk mengingat di mana Anda meninggalkan kunci Anda.

Namun dalam melakukan semua hal ini, pikiran sadar Anda bekerja di tangan-tangan dengan pikiran bawah sadar Anda, bagian bawah sadar dari pikiran Anda yang tidak Anda "di balik layar" berpikir. Pikiran bawah sadar Anda mengakses reservoir besar informasi yang memungkinkan Anda memecahkan masalah, membentuk kalimat atau menemukan kunci Anda. Ini menempatkan bersama-sama rencana dan ide-ide dan berjalan mereka dengan pikiran sadar Anda. Ketika sebuah ide baru datang kepada Anda keluar dari biru, itu karena Anda sudah berpikir melalui proses tidak sadar.

Bawah sadar Anda juga menangani semua hal yang Anda lakukan secara otomatis. Anda tidak aktif bekerja melalui langkah-langkah pernapasan menit ke menit - pikiran bawah sadar Anda melakukan hal tersebut. Anda tidak memikirkan setiap hal kecil yang Anda lakukan saat mengemudi mobil - banyak hal-hal kecil diperkirakan dalam pikiran bawah sadar Anda. Bawah sadar Anda juga memproses informasi fisik tubuh anda menerima.

Singkatnya, pikiran bawah sadar Anda adalah otak sebenarnya di balik operasi itu - itu sebagian besar dari pemikiran Anda, dan banyak memutuskan apa yang Anda lakukan. Ketika Anda sudah bangun, pikiran sadar Anda bekerja untuk mengevaluasi banyak pikiran-pikiran, membuat keputusan dan menempatkan ide-ide tertentu ke dalam tindakan. Ini juga proses informasi baru dan relay ke pikiran bawah sadar. Namun, bila Anda tidur, pikiran sadar keluar dari jalan, dan bawah sadar Anda telah memerintah gratis.

Psikiater berteori bahwa dalam relaksasi dan latihan fokus kerja hipnotisme untuk menenangkan dan menaklukkan pikiran sadar sehingga mengambil peran kurang aktif dalam proses berpikir Anda. Dalam keadaan ini, Anda masih menyadari apa yang terjadi, tapi pikiran sadar Anda mengambil kursi belakang ke pikiran bawah sadar Anda. Efektif, ini memungkinkan Anda dan hipnotis untuk bekerja secara langsung dengan alam bawah sadar. Seolah-olah proses hipnotisme muncul membuka panel kontrol di dalam otak Anda.


Kotak Saran (Suggestion Box)

Pada bagian terakhir, kami menguji gagasan bahwa hipnosis pikiran sadar menempatkan Anda di kursi belakang, sehingga Anda dan hipnotis dapat berkomunikasi langsung dengan bawah sadar Anda. Teori ini telah memperoleh penerimaan luas dalam kejiwaan masyarakat, terutama karena ini menjelaskan semua karakteristik utama dari kondisi hipnosis begitu baik.

Ini memberikan penjelasan terutama meyakinkan untuk main-main dan uninhibitedness subyek hipnotis. Pikiran sadar merupakan komponen inhibitif utama dalam makeup Anda - itu bertugas mengenakan rem - sedangkan pikiran bawah sadar merupakan tempat imajinasi dan impuls. Ketika pikiran bawah sadar Anda dalam kontrol, Anda merasa jauh lebih bebas dan mungkin lebih kreatif. pikiran sadar Anda tidak harus menyaring melalui segala sesuatu.

Hypnotized orang melakukan hal-hal aneh seperti itu sehingga rela, teori ini berlaku, karena pikiran sadar tidak menyaring dan menyampaikan informasi yang mereka mengambil masuk Sepertinya saran hipnotis adalah datang langsung dari alam bawah sadar, bukan dari orang lain. Anda bereaksi secara otomatis terhadap impuls dan saran, seperti yang akan Anda pikiran-pikiran Anda sendiri. Tentu saja, pikiran bawah sadar Anda tidak memiliki hati nurani, naluri kelangsungan hidup dan ide-ide sendiri, jadi ada banyak hal-hal yang tidak akan setuju untuk.

Alam bawah sadar mengatur sensasi tubuh Anda, seperti rasa, sentuhan dan penglihatan, serta perasaan emosional Anda. Ketika pintu akses terbuka, dan hipnotis dapat berbicara dengan alam bawah sadar Anda secara langsung, ia dapat memicu semua perasaan ini, jadi Anda mengalami rasa milkshake cokelat, kepuasan dari kepuasan dan sejumlah perasaan lainnya.

Selain itu, alam bawah sadar adalah gudang untuk semua kenangan Anda. Sementara di bawah hipnosis, subjek mungkin dapat mengakses peristiwa masa lalu bahwa mereka telah benar-benar lupa. Psikiater dapat menggunakan hipnotisme untuk membuka kenangan ini sehingga masalah pribadi terkait akhirnya dapat diselesaikan. Karena pikiran adalah subjek dalam keadaan disarankan, juga memungkinkan untuk menciptakan kenangan palsu. Untuk alasan ini, psikiater harus sangat berhati-hati ketika menjelajahi masa lalu subjek hipnosis's.

Ini teori hipnosis didasarkan sebagian besar pada nalar, namun ada beberapa bukti fisiologis yang mendukungnya. Pada bagian berikutnya, kita akan melihat beberapa peneliti data fisik telah berkumpul di hipnosis.

Gelombang dan belahan (Waves and Hemispheres)

Dalam berbagai penelitian, peneliti telah membandingkan "tanda-tanda tubuh" fisik dari subyek hipnotis dengan orang-orang unhypnotized. Dalam sebagian besar penelitian ini, para peneliti menemukan tidak ada perubahan fisik yang signifikan yang terkait dengan negara trans hipnosis. Detak jantung Subyek dan respirasi dapat memperlambat, tapi ini karena relaksasi yang terlibat dalam proses hipnotisme, bukan kondisi hipnosis itu sendiri.

Ada tampaknya harus diubah aktivitas di otak, namun. Data yang paling terkenal berasal dari electroencephalographs (EEGs), pengukuran aktivitas listrik otak. Penelitian luas EEG telah menunjukkan bahwa otak menghasilkan gelombang otak yang berbeda, irama tegangan listrik, tergantung pada kondisi mental mereka. tidur Deep memiliki ritme yang berbeda dari bermimpi, misalnya, dan kewaspadaan penuh memiliki ritme yang berbeda dari relaksasi.

Dalam beberapa penelitian, EEGs dari mata pelajaran dalam hipnosis menunjukkan dorongan dalam gelombang frekuensi yang lebih rendah yang berhubungan dengan bermimpi dan tidur, dan penurunan gelombang frekuensi yang lebih tinggi terkait dengan terjaga penuh. Otak-gelombang informasi bukan merupakan indikator yang pasti tentang bagaimana pikiran adalah operasi, tetapi pola ini tidak sesuai hipotesis bahwa pikiran sadar mundur selama hipnosis dan pikiran bawah sadar mengambil peran lebih aktif.

Para peneliti juga mempelajari pola dalam cerebral cortex otak yang terjadi selama hipnosis. Dalam studi ini, subyek hipnotis menunjukkan penurunan aktivitas di belahan kiri korteks serebral, sementara aktivitas di belahan kanan sering meningkat. Neurologi percaya bahwa otak kiri korteks adalah pusat kendali logis dari otak; beroperasi pada deduksi, penalaran dan konvensi. Belahan kanan, sebaliknya, kontrol imajinasi dan kreativitas. Penurunan aktivitas belahan kiri cocok dengan hipotesis bahwa hipnosis menundukkan mempengaruhi penghambatan pikiran sadar itu. Sebaliknya, peningkatan aktivitas otak kanan mendukung gagasan bahwa pikiran, bawah sadar kreatif impulsif mengambil memerintah. Hal ini tidak berarti bukti, tapi itu tidak memberikan kepercayaan pada gagasan bahwa hipnotisme membuka pikiran bawah sadar.

Apakah atau tidak hipnosis sebenarnya merupakan fenomena fisiologis, jutaan orang melakukan hipnotisme berlatih secara teratur, dan jutaan laporan subjek yang telah bekerja pada mereka. Pada bagian berikutnya, kita akan melihat metode yang paling umum merangsang trans hipnosis.

Anda Akan Tertidur (You're Getting Sleepy)

Metode menghipnotis 'bervariasi, tetapi mereka semua tergantung pada beberapa persyaratan dasar:

* subjek harus ingin dihipnotis.
* subjek harus percaya ia dapat dihipnotis.
* Subjek akhirnya harus merasa nyaman dan santai.

Jika kriteria ini terpenuhi, hipnotis bisa membimbing subjek ke trans hipnosis menggunakan berbagai metode. Teknik hipnosis yang paling umum adalah:

Pandangan tetap fiksasi induksi atau mata - Ini adalah metode yang Anda sering lihat di film, ketika gelombang hipnotis sebuah jam saku di depan subjek.

Ide dasarnya adalah untuk mendapatkan subjek untuk fokus pada suatu objek sehingga perhatian bahwa ia lagu apapun rangsangan lain. Sebagai subyek fokus, perundingan hipnotis kepadanya dengan nada rendah, lulling subjek ke relaksasi. Metode ini sangat populer di hari-hari awal hipnotisme, tetapi tidak banyak digunakan sekarang ini karena tidak bekerja pada sebagian besar penduduk.

Rapid - Ide dari metode ini adalah untuk membebani pikiran dengan tiba-tiba, perintah perusahaan.

Jika perintah yang kuat, dan hipnotis adalah cukup meyakinkan, subjek akan menyerahkan kontrol sadar nya atas situasi itu. Metode ini bekerja dengan baik untuk tahap hipnotis karena keadaan novel yang di depan penonton menempatkan subjek di tepi, membuat mereka lebih rentan terhadap perintah hipnotis itu.

Progresif relaksasi dan citra - Ini adalah metode hipnosis yang paling sering digunakan oleh psikiater.

Dengan berbicara kepada subjek dengan suara, lambat menenangkan, hipnotis secara bertahap membawa pada relaksasi lengkap dan fokus, meringankan subjek ke dalam hipnosis penuh. Biasanya, self-hypnosis pelatihan, serta relaksasi dan meditasi kaset audio, menggunakan metode relaksasi progresif.

Kehilangan keseimbangan - Metode ini menciptakan hilangnya keseimbangan menggunakan lambat, goyang berirama.

Orang tua telah meletakkan bayi untuk tidur dengan metode ini selama ribuan tahun.

Sebelum penghipnotis membawa subjek ke dalam sebuah trans penuh, mereka umumnya menguji kesediaan nya dan kapasitas untuk menjadi terhipnotis. Metode pengujian yang khas adalah membuat beberapa saran sederhana, seperti "Tenang lengan Anda sepenuhnya," dan bekerja sampai dengan saran yang meminta subjek untuk menangguhkan percaya atau merusak pikiran normal, seperti "Pretend Anda ringan."

Tergantung pada kondisi mental orang itu dan kepribadian, proses hipnotisme seluruh bisa berlangsung dari beberapa menit untuk lebih dari setengah jam. Penghipnotis dan hipnotisme pendukung melihat keadaan mental aneh sebagai alat handal dengan rentang aplikasi yang luas.

Sejarah Pendidikan dari zaman Purba ke Modern


PENDIDIKAN TIONGKOK PURBA
Kebudayaan bangsa Cina berkembang dengantidak kena pengaruh kebudayaan luar. Unsur kebudayaan asing yang masuk tidak mengurangi keaslian kebudayaan Tiongkok.Pendidikan dan pengajarannya mempunyai cirri-ciri khas, yang berbeda dengan ciri-ciri pendidikan di negara Timur lainnya, seperti (a) Masalah pendidikan tidak dihubungkan dengan agama tetapi dengan tradisi dan kehidupan praktis. Orang Cina memuja arwah nenek moyang, sehingga tidak percaya dengan adanya Tuhan.Yang diutamakan adalah Negara (b) Tujuan pendidikannya: mendidik kepala-kepala keluarga yang baik , suami setia, anak yang patuh, pegawai yang rajin, warga negara yang jujur dan rela bakti, raja-raja yang arif dan dijaksana, tentara yang gagah berani.Sedangkan bagi kaum perempuan kurang mendapat penghargaan. Tiongkok purba meganut ajaran Patriacal marga yang digunakan garis Ayah.
Penyelenggaraan pendidikan dibagi menjadi dua, yaitu (a) Pendidikan dirumah:Mulai umur 6 tahun anak-anak telah mendapatkan pelajaran dari Guru yang didatangkan ke rumah.Biasanya dari keluarga bangasawan dan pegawai tinggi. Materi pelajaran berhitung dan ilmu bumi. (b) Pendidikan di sekolah: Anak-dikrim kesekolah bila umur mencapai 10 tahun. Sekolah memberi pelajaran berhitung, menulis, membaca, musik, menari. Diutamakan menulis.
Tujuan pendidikan dan cita-cita hidup Tiongkok mendapatkan pengaruh kuat dari: ajaran-ajaran dua ahli pikir besar yakni: Konfusius dan Lao Tse

2. PENDIDIKAN INDIA PURBA
Isi Cerita :
Kehidupan orang India dibatasi dengan kepercayaan kepada Dewa dan ditentukn dalam tingkat pembagian 4 kasta yaitu: Kasta Brahmana, Kasta Ksatria, Kasta Waisya, Kasta Sudra.Keadaan masyarakat purba sebagian besar masih kekurangan dan miskin, kurang mendapat perhatian dari raja. Penduduk India juga masih buta huruf, mengakibatkan tidak mendapat pendidikan untuk membangun bangsa dan dididik menjadi pegawai negeri murahan. Tagore menyatakan Pendidikan Sejati adalah dengan pendidikan asrama, sistem ini adalah sistem pendidkan kaum Brahmana dan dilaksanakan di tempat sunyi. Munculnya para Intelektual, mengenal sistem pendidikan dengan sistem “guru kula” yang dilakukan oleh tokoh pendidikan India purba yang mepunyai pengaruh besar dalam kemajuan India.Materi pengajaranpunberpusat dari keagamaan, Weda sebagai pusat pendidikan.Adapun, Tagore berkeinginan agar anak-anak/murid belajar mengadakan penyelidikan dan pecobaan sendiri(Inquiry)dan dengan hidup bekerja dialam bebas, maka anak akan mempunyai pengalaman langsung dengan penyelidikanyang dialami. Dalam hal agama, Tagore juga menyatakan bahwa agama yang dipelajari adalah agama suasana,ajaran agamanya tidak hanya Hindu tetapi juga ada agama Kristen, Katolik, Islam, Budha.Namun dalam tokoh-tokoh yang peduli terhadap kekurangan yang ada dalam masyarakat, mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kelemahan, diantaranya: Jabatan yang diduduki adalah turun temurun sehingga masyarakat rendah walupun memiliki kemampuan dalam lembaga tidak diperbolehkan, adanya perbedaan kasta,kulit bangsa dan agama, pendidikan wanita tidak diperhatikan hal ini disebabkan karena wanita dianggap kelas dua, maka tidak perlu, tapi bagi penari kuil mendapat pendidikan Karena penari kuil perlu dididik dalam mengikuti irama persembahan Dewa-dewi namun jika tidak memiliki pendidikan maka persembahan tidak akan sempurna. Untuk mengatasi hal itu ,maka pada waktu tertentu menyuruh muridnya yang telah dibina pergi kedesa untuk memberantas buta huruf dan memberikan penerangan yang berguna serta memberikan bimbingan pada buruh kecil dan kasta rendah disekolah petang.
Dalam hal sumbangan pendidkan India Purba oleh Tagore; mendirikan universitas, sekolah, mendirikan pula Panti Kemakmuran dan Universitas Visva Bharati. Menurut Rabindranat Tagore, seorang pendidik di India bercita-cita persaudaraan sedunia, pembaharuandalam lapangan sosial. Sayid Ahmad Khan mempunyai pengaruh dalam pendidikan India Purba tentang agama Islam; mewujudkan masyrakat Islam modern dan mendirikan universitas Islam di India.

3. PENDIDIKAN HINDU BUDHA


1. Keadaan masyarakat Indonesia sebelum kedatangan Hindu-Budha, masih bersifat maritime, karena adanya jalur perdagangan meleui laut sebagai sumber pendapatan.

• sistem kepercayaan: animisme dan dinamisme
animisme berkaitan dengan roh nenek moyang, bahwa roh nenek moyang bersemayam dalam benda-benda tertentu, sedangkan dinamisme percaya akan kekuatan/hal-hal gaib.
• kehidupan sosial, bersifat kebersamaan. Ketua adat menjalankan fungsinya memimpin upacara keagamaan.
• Keadaan pendidikan, umumnya dilakukan pada keluarga, dengan ayah dan ibu sebagai pendidik.Terdapat juga pande besi dan dukun keduanya bergelar empu, dianggap mempunyai kecakapan istimewa.Sementara muridnya disebut cantrik yaitu belajar dan sekaligus mengabdi pada sang Guru.Tujuan pendidikan adalah anak-anak yang kelak dapat memegang kekuasaan dalam masyrakat sebagai manusiayang mempunyai kecakapan istimewa.

2. Proses masuknya Hindu-budha
Melalui perdagangan yaitu bertemunya para pedagang dari India dengan pedagang Indonesia dan Cina.Hubungan berlanjut tidak hanya dalam
hubungan dagang melainkan terjadi pula perkawinan, pendidikan. Awal kehidupan masyarakat gotong-royong, tetapi setelah orang Hindu dating, masyrakat berubah menjadi feudal. Masuknya kebudayaan Budha di Indonesia dapat diketahui dengan adanya berita-berita dari I-tsing bahwa letak Sriwijaya didaerah katulistiwa dan diperkuat dengan bangunanstupa didaerah Muara Takus pada abad ke-7. Dalam perkembangan kemudiaan menjadi pusat ziarah pemeluk agama Budha.

3. Pandangan Hindu-Budha terhadap Pendidikan
Bahwa pendidikan lebih diarahkan pada praktek hidup sehari-hari sesuai dengan ajaran Hindu-Budha. Tujuan pendidikan Hindu adalah untuk mencapai kebahagian/kesempurnaan secara mistik, yang dijarkan moksa: pembebasan atau pelepasan abadi yaitu terbebasnya roh dari badan jasmani.Model yang dijarkan adalah guru kula. Pusat pengetahuan yaitu: (a) Reg Weda (b) Sama Weda (c) Athara Weda (d) Yajur Weda.Sedangakan pendidikan Budha seperti Hindu yaitu model guru kula. Guru dianggap sebagai yang mendekati Bodhisatwa. Orang berlaku baik harus menempuh 8 jalur keutamaan untuk mencapai kesempurnaan.Pemeluk agama Budha ada 2 macam: Bhiksu dan bhiksuni serta upasaka dan upasika.
Pendidikan dalam Budha lebih bersifat terbuka, tidak ada kasta. Semua lapisan masyarakat boleh mendapat pendidikan.

4. Sumbangan Hindu-Budha terhadap Pendidikan
Nampak dalam model Guru kula. Hal ini mengakibatkan hubunga internsif
Antara guru dan siswa. Selainmendapatkan ajaran agama juga pengalaman hidup bersama yang baik, sehingga siswa dapat berprilaku baik dan benar terhadap sesamanya sesuai dengan ajaran

4. PENDIDIKAN PADA MASA ISLAM (LANGGAR)

Islam memandang pendidikan sebagai kebutuhan hidup manusia secara mutlak harus dipenuhi, demi untuk mencapai kesejahteraan dan kebhagiaan dunia dan akherat. Agama Islam merupakan agama akal dan agama Ilmu; mempergunakan akal dan Ilmu pengetahuan; membedakan baik dan salah; menyelami hakekat alam serta dapat menganalisa segala pengalaman dilami umat masa lalu.Pendidikan Islam membentuk pribadi manusia utuh, mengamalkan ajaran Al-Quran dan Al-Hadishdalam hidup bermasyarakat.
Bentuk pendidikan Islam pertama adalah pendidikan Langgar atau surau. Surau adalah semacam masjid dalam skala kecil,berfungsi sebagai penyempurnaan pendidikan dalam keluarga. Materi yang diajarkan rukun Islam dan Iman, membaca Al-Quran, membaca Iqro dan tentang tuntunan Shalat.Metode yang digunakan adalah metode sorogan yaitu anak-anak duduk bersila tanpa bangku. Lama menempuh kurang lebih 1 tahun.Dalam perkembangan pendidikan Langgar dalam bentuk TPA.

Kelebihan pendidikan Langgar adalah
a. Menanamkan sedini mungkin tentang tata cara hidup secara Islam
b. Menanamkan kedisiplinan sikap dan moral anak sejak dini
c. Meningkatka keimanan dan ketakwaan anak didik

Kelemahan pendidikan Langgar adalah
a. Tidak adanya kurikulum, sehigga dalam pelaksanaan kurang terorganisir
b. Kurang sarana-prasaranadalampelaksanaan pendidikan bersifat sederhana
c. Guru kurang mendalami nilai-nilai ajaran Islam, mengakibatkan salah persepsi dalam penyampaiannya, sehingga kelak menimbulkan fantisme pada anak didik setelah anak didik masuk dalam lingkungan masyarakat.

Sumbangan Pendidikan Langgar adalah
Pendidikan langgar sebagai dasar untuk penyempurnaan dalam pendidikan Al-Hadist, figih ibadah, bahasa arab, dan studi Islam yang dijarkan pendidikan formal saat ini.Seperti Madrasah Ibtidaiyah, madrasah Tsanawiyah, Perguruan tinggi swasta Islam (UII, IAIN Sunan Kalijaga, UAD). Metode Sorogan yang dipakai di Langgar anak akan lebih mudah mengerti apa yang disampaikan Guru.

5. PENDIDIKAN PESANTREN

Pesantern merupakan lembaga pendidikan Islam tertua, berfungsi sebagai salah satu benteng pertahanan umat Isalam, pusat dakwah, pusat pengembangan masyarakat muslim di Indonesia.Pesantren mempunyai kekhususan tersendiri yaitu santri atau murid tinggal bersama kyai atau guru dalam satu kompleks tertentu yang mandiri, sehingga dapat menumbuhkan kemampuan mengelola kekhasannya seperti:
a. Adanya hubungan akrab antara santri dan kyai
b. Santri taat dan patuh pada kyai
c. Santri hidup secara mandiri dan sederhana, terlatih hidup disiplin dan menahan hawa nafsu dengan berpuasa serta mengasingkan diri ketempat sunyi.
Pendidikan dan pelajaran ketrampilan di pesantren ditambahkan dengan pertukangan, pertanian, peternakan untuk memberi kemampuan lebih dalam bersosialisasi dalam masyarakat. Pesantren mendapat bantuan dari pemerintah Pusat sampai Daerah sampai muncul Pondok Karya Pembangunan(PKP), Pondok Modern. Islam Center.

Asas-asas pendidikan diterapkan di Pesantren diantaranya:
(a)kebijaksanaan (b) bebas terpimpin (c) mandiri (d) kebersamaan (e) hubungan guru, santri, orangtua, dan masyarakat (f) kemampuan diri sendiri (g) sederhana (h) metode pengajaran khas (i) ibadah.

Ciri pokok untuk mengenal pendidikan pesantren diantaranya:
a. Pondok
b. Masjid
c. Pengajaran kitab klasik
d. Santri (Santri mukim dan santri kalong)
e. Para santri yang belajar dalam satu pondok biasanya memiliki rasa solidaritas dan kekeluargaan yang kuat baik antara sesama santri maupun Kyai.

Sumbangan Pendidikan Pesantren Bagi Pendidikan di Indonesia
Pesantren berusaha membentuk iman umat manusia menjadi lebih kuat, meningkatka iman dan takwa, membina akhlak mulia, mengembangkan swadaya masayarakat Indonesia, ikut mencerdaskan kehidupan bangsamelalui pendidikan formal, non formal, formal.Pondok pesantren terkenal sejak jaman Hindia Belanda di Pulau Jawa ataupun Luar Jawa, antara lain: Pesanterm Tebuireng di Jombang, Pesantren Wonokoyo, Pesantren Siwalan Panji di Sidoarjo,dll.

6. PENDIDIKAN MASA PORTUGIS DAN SPANYOL

Orang portugis datang ke Indonesia dibarengi oleh misionaris, dengan tugas menyebarkan agama Nasrani dikalangan penduduk Indonesia. Dengan mendirikan Seminari seperti Guru kula. Sebagai peletak dasar adalah Fransiscus Xaverius dari agama katolik di Indonesia. Hal yang diajarkan membaca, menulis, menghitung. Portugis dan Spanyol mengacu pada Injil untuk menghasilkan Seminaris pribumi, agar para seminaris dapat mengajarkan agama katolik pada masyarakat.Maka pada tahun 1536 didirikannya orang Ternate sebuah seminarie yang merupakan sekolah agama bagi anak-anak orang terkemuka. Di Solor mempunyai 50 orang murid dengan ajaran bahasa latin.

Hambatan yang dialami Portugis dan Spanyol dalam mengembangkan pendidikan, diantaranya:
* Pribumi belum bisa membaca dan menulis
* Misionaris harus bisa menyesuaikan dengan bahasa setempat, karena Misionaris masih menggunakan bahasa latin.
• Kebudayaan Pribumi masih rendah(Animisme, Dinamisme) sedangkan Kebudayaan barat menganggap paling tinggi, sehingga kebudayaan pribumi yang rendah perlu pembenahan oleh kebudayaan barat yang sudah terorganisir.
Tanggapan pribumi terhadap kekuasaan portugis dan Spanyol:
Awalnya menerima karena tujuan hanya berdagang, namun lama-kelamaan tujuan mereka kemudiaan monopoli perdagangan dan juga adanya proses kristenisasi.
Hal ini tidak diterima Sultan Ternate/Tidore. Pribumi menolak dan mengadakan perlawanan di Benteng Portugis maupun Spanyol.

7. PENDIDIKAN MASA VOC di INDONESIA

Munculnya sekolah Kristen pada masa VOC yaitu menggantikan pengaruh Portugis dan Spanyol dengan misi menyebarkan pengaruh agama katolik. Belanda kemudiaan menanamkan pengaruh berupa agama Kristen protestan, yang bertjuan mensosialisasikan dan memberitahukan mengenai seluk beluk agama Kristen, sehingga orang pribumi menjadi tertarik untuk masuk menjadi Kristen Protestan.Tenaga pengajar diambil dari pendeta-pendeta saat itu.
Pelaksanaan Pendidikan masa VOC, dengan latar belakang agama Kristen. Materi yang diajarkan berupa menulis dan cara-cara sembahyang. VOC mengangkat guru yang merupakan orang Belanda dengan bayaran 218 untuk setiap bulan. Belanda membuka sekolah pertama didaerah Ambon pada tahun 1607.Perkembangan selanjutnya adanya pengiriman anak kepala /tokohmasyarakat Ambon untuk memperoleh pendidikan Guru di negeri Belanda, sehingga sekembalinya ke Indonesia dapat menggantikan tenaga Guru dari Belanda. Bahasa pengantar dalam kegaiatan pembelajaran awalnya bahasa Belanda sebagai bahsa pengantar, namun timbul kesulitan anak kurang menguasai bahasa belanda,maka ditetapkan bahasa Melayusebagai bahasa pengantar disekolah dan gereja.Jenis pendidikan VOC diantaranya: pendidikan dasar, sekolah latin, seminarium theology, akademi pelayaran, sekolah cina.
Dampak positif dari adanya sistem pendidikan VOC yaitu rakyat Indonesia dapat mengenal berbagai jenis pengetahuan yang lebih luas. Mengenai membaca, menulis, berhitung, dan pengetahuan umum. Dan juga bertambah berdiri sekolah terus berkembang sampai sekarang.Sedangkan dampak negatif, berupa sistem pendidikan yang dijalankan VOC adanya sistem diskriminasi yang diberlakukan pihak kompeni dengan melakukan pembatasan sangat tegas antara penduduk bumi putera dengan golongan asing.

8. PENDIDIKAN MASA KOLONIAL BELANDA

Lembaga pendidikan yang didirikan Belanda dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Lembaga pendidikan untuk golongan Eropa(Belanda), yaitu
a. Sekolah Pendidikan Dasar (Europeesche Large School) ELS, dibuka pertama kali di Jakarta 24 februari 1817 dan berkembang pada tahun 1820.Materi yang diajarkan menulis, membaca, berhitung, bahasa Belanda,sejarah dan ilmu bumi.
b. Pendidikan Menengah dan Lanjutan (Horgere Burger School atau HBS). Sebelumnya bernama Gymnasium Willem III dibuka di Batavia tahun 1860, yang merupakan sekolah lanjutan pertamabagi anak Eropa, dengan lama belajar 3 tahun. Dalam perkembangannya berubah nama menjadi HBS dengan lama belajar 5 tahun.

2. Lembaga pendidikan bagi orang pribumi, yaitu
Pada masa pemerintahan Belanda, rakyat Indonesia menderita akibat tanam paksa. Belanda ingin agar tanam paksa ini mendatangkan untung besar agar dapat memperbaiki ekonomi negeri Belanda. Adapun Lemabaga pendidikan diantaranya:
a. Sekolah Dasar Negeri, didirikan di Jepara dan Pasuruan, tahun1849. Bahasa pengantar yang digunakan bahasa melayu. Kemudiaan
b. mengalami perkembangan, dan Sekolah Dasar Bumi Putera dibagi 2 yaitu:

• Sekolah dasar Kelas Satu( De School der Ersete Klasse), yang bertujuan memnuhi kebutuhanakan pegawai pemerintahan, perdagangan, perusahaan
• Sekolah Dasar Kelas Dua (De Schoolen der tweede Klasse), bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan bagi masyarakat umum.
c. Sekolah Raja(Hoofdenschool), didirikandi Tonadano tahun1865, diBandung, Magelang, Porbolinggo tahun 1878. Bertjuan untuk mendidik calon pegawai bumi putera untukkepentinganadministrasi pemerintahan Belanda.

Dalam penyelenggaraan pendidikan adalah
1. pengadaan bangunan sekolah
2. Penyusunan kelas
3. Isi rencana pelajaran:
a. Mata pelajaran berhitung
b. Mata pelajaran mengukur tanah
c. Menggambar dan ilmu pertanian.
4. Murid-murid
5. Tenaga Guru
6. Pengawasan pengajaran
Tujuan pendidikan Pada masa Kolonial Belanda:
Pendidikan dimaksudkan untuk mencetak tenaga terdidik dengan biaya murah dapat digunakan sebagai alat untuk memperkuat kedudukan penjajah , mengabdi kepentingan Belanda

9. PENDIDIKAN MASA POLITIK ETIS di INDONESIA

Pendidikan merupakan awal dari kesejahteraan suatu bangsa. Van Deventer berpendapat bahwa pendidikan merupakan hal penting untuk membalas budi terhadap kebaikan Bangsa Indonesia, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat sehingga mempunyai pengetahuan dan wawasan luas tentang penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.Politik etis ini juga tidak terlepas dari kepentingan kolonial Belanda.

Adapun faktor pengahambat pendidikan adalah
a. Bahasa
Dalam penyampaiannya menggunakan Bahasa Belanda, orang pribumi sendiri tidak bisa menangkap bahasa yang digunakan Belanda.
b. Kekurangan Tenaga Guru
Karena banyak sekolah rendah, maka tenaga Guru dibutuhkan semakin banyak
c. Sistem Kurikulum
Belanda membedakan pada tinglkatan pengajaran sekolah. Sekolah kelas I diajarkan bahasa Belanda dengan harapan menjadi pegawai pemerintah, sedangkan kelas II dipersiapkan menjdi tenaga pengajar/guru.
d. Sistem pendidikan disusun berdasar lapisan sosial
- Sekolah desa anak rakyat jelata
- Sekolah kelas II anak yang telah mengenal kebudayaab barat
- Sekolah kelas I (HIS) bagi anak priyayi dan terkemuka

Dampak Pendidikan poltik etis:
(+) Mengenal lembaga pendidikan
Melahirkan tokoh nasioanlis, yang membawa perjuangan rakyat Indonesia. Mereka dari golongan elit pribumi.
(-) Adanya perbedaan kurikulum pada jenjang pendidikan
Adanya diskriminasi pendidikan yang melahirkan tenaga kasar bukan seorang pemikir, menjauhkan dari golongan intelektual.

Ciri-ciri Pendidikan Masa politik Etis
1.Pendidikan merata di seluruh desa, pendidikan dapat dirasakan seluruh masyrakat dari golongan tanpa membedakan.
2.Pendidikan mempunyai jenjang tertentu
Penyelenggaraan pendidikan adalah
Diadakan pada lembaga pendidikan formal. Pendidikan Informal(keluarga) untuk mengajarkan nilai berperan dalam kehidupan setiap harinya.

Adapun lemabaga pendidikan formal, diantaranya:
1.Sekolah kelas Satu
2.Sekolah kelas Dua
3.Sekolah Desa
4.Europe Lagere School (ELS)
5.Holands Chinese School (HCS)
6.Holands Inlandse School (HIS)
7. Meer uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)
8. Hogere Burger School (HBS)
9. Algemene Middelbare School (AMS)
Adapun Sumbangan Terhadap Bangsa Indonesia:
*Mengenal adanya lembaga pendidikan
*Pemerataan pendidikan keseluruh desa
*Memberantas buta huruf
*Meningkatkan kesejateraan rakyat
*Mengenal pembagian dan jemjang pendidikan disekolah
*Berkembangnya sekolah swasta
*Mengenal kurikulum

10. PENDIDIKAN ZAMAN JEPANG

Tujuan pendidikan pada masa pendudukan Jepang adalah menyediakan tenaga-tenaga buruh kasar secara Cuma-Cuma (Romusha) dan prajurit untuk membantu peperangan bagi kepentingan Jepang.Atau sering diistilahkan memaksa anak didik Indonesia untuk memiliki jiwa dan semangat sepenuhnya yang bisa mengabdikan diri pada Jepang dan siap untuk menjadi angkatan perang. Para pelajar diharuskan mengikuti latihan phisik dan latihan militer.Dengan semboyan Asia timur Raya atas dasar Kemakmuran Bersama (Common Prosperity) maka semangat Jepang (Nipon Seizin) dimaksudkan disekolah –sekolah. Semua yang ada hubungan dengan Pemerintah Belanda dihancurkan, diantaranya:
a.Pemakaian bahasa Belanda dilarang
b.Pemakaian bahasa Indonesia disemua tingkatansekolah diharuskan
c. Pelajaran bahasa Jepang diharuskan disekolah-sekolah
d. Adat-istiadat dan sejarah Jepang dianggap penting.
Lembaga pendidikan dikembangkan pada masa Pendudukan Jepang:
Sistem pendidikan Jepang terbuka lebar bagi semua golongan penduduk Indonesia, semua mendapat kesempatan sama.

Adapun jenis sekolah pada masa pendudukan Jepang antara lain:
1. Sekolah rakyat, sekolah ini terbuka untuk umum dan semua golongan penduduk.Lama pendidikn 6 tahun
2. Sekolah Menengah Pertama (Shoto Chu Gakko), lama pendidikan 3 tahun.
3. Sekolah Menengah Tinggi, sekolah ini mempunyai pengajarn umum dan ditujukan untuk menyiapkan para pelajar guna melanjutkan pada sekolah tinggi.
4. Sekolah Kejuruan
Merupakan sekolah pertukangan dan sekolah Teknik Menengah. Pada zaman pendudukan Jepang didirikan Sekolah Pelayaran dan sekolah Pelayaran Tinggi di Cirebon.
5. Sekolah Guru
Terdapat 3 jenis sekolah, yaitu sekolah guru 2 tahun (Syoto Sihan Gakko), sekolah guru 4 tahun (Guto Suhan Gakko) dan sekolah Guru 6 tahun (Koto Sihan Gakko)
6. Perguruan Tinggi
Sekolah Kedokteran Tinggi (Ika Dai Gakko) di Jakarta dibuka kembali tahun1943.Sekolah Ahli Obat (Yaku Gakko) di Jakarta, dan sekolah
Kedokteran Gigi (Shika Gakko) di Surabya. Tahun 1944 dibuka Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan di Bogor,awal tahun 1945 dibuka kembali Akademi Pemerintahan.
Penyelenggaraan Pendidikan Masa Jepang adalah:
Digunakan untuk kepentingan perang dan untuk melibatkan hasil ekonomi Jepang murid-murid diahruskan membuat pupuk kompas atau ramai-ramai membasmi tikus disawah. Setiap hari murid harus mengucapkan sumpah pelajar dalam bahasa Jepang. Agar bahasa Jepang lebih popular , maka diadakan ujian bahasa Jepang.

Sumbangan Pendidikan Jepang di Indonesia:
a.Diskriminasi dihapus, agar semua lapisan masyarakat mendapat kesempatan sama. B.Bahasa Indonesia berkembang secara luas diseluruh wilayah Indonesia
c. Buku asing diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.
d.Timbul perasaan rindu dan kemerdikan nasional
e.Adanya pendidikan untuk SD 6 tahun, SLTP 3 Tahun, SMU 3 Tahun.
f. Adanya Upacara Bendera.

11. PERANAN WANITA DALAM LAPANGAN PENDIDIKAN

Pada masa lampau adat istiadat berkuasa dalam masyarakat Indonesia termasuk dengan masalah pendidikan, terutama kaum wanita. Kaum wanita tidak diperkenankan menuntut pelajaran diluar rumah/pergi ke sekolah. Wanita waktu itu tidak boleh mempunyai kemauan sendiri. Masyarakat menganggap bahwa peran laki-lki lebih dominan dibandingkan dengan peran wanita, oleh karena itu wanita ditempatkan dalam posisi lebih rendah. Peran wanita diindektikan dengansemua kegiatan yang berada didalam rumah tanggga, seperti memasak, mengasuh anak, mengurus suami, supaya tercipta sebuah rumah tangga yang tentram dan harmonis, sedangkan peran laki-laki diluar rumah memiliki tugas mencari nafkah bagi keluarga. Pandangan tersebut dianggap suatu yang alamiah dan pada akhirnya wanita kurang memiliki kesempatan berperan aktif dalam kegiatan masyarakat.
Waktu memang sudah ada sekolah, tetapi muridnya hampir semua terdiri dari anak-laki-laki. Bagi anak perempuan pintu sekolah tertutup, hanya beberapa saja yang menuntut pengajaran, dalam kesehariannya wanita hanya membantu Ibu mengurus rumah tangga, tapi ketika remaja mereka dipingit.
Maka wanita Indonesia berusaha mengubah nasib agar lebih baik, mulai memperjuangkan nasib wanita Indonesia dengan berbagai cara, yaitu melalui pendidikan wanita.
Para perintis wanita yaitu: R.A Kartini, Rd. Dewi Sartika, Rohana Kudus.

1. Pandangan, Usaha RA. Kartini:
*Pandangan RA. Kartini:
Pandangannya mengenai pentingnya pendidikan bagi usaHa memajukan bangsa, Ia sangat menghargai pendidikan terutama bai wanita dalam hal moral dan peletak dasar serta untuk pembentukan anak didik. Pendidikan harus dimulai sedini mungkindan dilakukan oleh Ibu. Tujuan pendidikannya sesuai dengan teori pengembangan kebudayaan Ki Hajar Dewantara dalam menghadapi kebudayaan asing.
*Usaha RA. Kartini:
Dalam memperjuangkan emansispasi wanita, Ia bercita-cita untuk menjadi Guru agar dapat mendidik wanita Indonesia dalam hal pendidikan, menganjurkan agar diberikan pendidikan modern, dengan cara; mengambil segi-segi pendidikan yang baik dari luar dan memadukan/mencampur yang baik dari Indonesia agar tercipta pendidikan lebih baik.Ia mendirikan Sekolah Gadis, materi yang diberikan; membaca, menulis, menjahit, merenda,memasak. Dalam perkembangan mulai muncul pendidikan kaum wanita di Pulau jawa, diantaranya: Sekolah Kepandaian Putri atau sekolah gadis di Batavia, Madiun, Semarang, Bogor, Malang, cirebon, Surabaya, Surakarta, Rembang.

2. Pandangan, Usaha Dewi Sartika:
*Pandangan Dewi Sartika:
Cita-citanya juga ingin mengangkat derajat kaum wanita Indonesi dengan jalan memajukan pendidikan dan Ia mulai menyebarakan ilmu pengetahuan kepada wanita terutama bagi para isteri, tujuan hidupnya menyumbangkan tenaga bagi kepentingan nusa dan Bangsa.
*Usaha Dewi Sartika:
Dewi Sartika dalam mewujudkan cita-citnya, Ia mendirikan “Sakola Isteri”. Pada awalnya jumlah murid sedikit, tapi makin lama makin bertambah banyak.Pelajaran yang diberikan adalah membaca, menulis, berhitung, kerajinan wanita.Kemudiaan berganti nama menjadi “Sakola Kautaman Istri” dan untuk memelihara dibentuklah “Yayasan Dewi Sartika”.

3. Pandangan, Usaha Rohana Kuddus:
*Pandangan Rohana Kuddus:
Rohana adalah seorang muslimah yang taat, seorang guru agama, guru kerajinan wanita serta wartawan wanita pertama di Indonesia. Ia mempelopori emansipasi wanita. Ia menghilangkan adat-istiadat kuno dan kolot, yang menghambat kemajuan wanita. Namun dalam usahanya mendapat fitnahan dari masyarakat sampai kemuka pengailan dengan tuduhan membuka berbagai tempat
Pendidikan bagi kaum wanita ia telah berlaku curang dan melanggar adat-istiadat lama, ia dituduh membawa wanita kelembah sesat. Dengasegala kejujuran semua tuduhan dan hinaan berubah menjadi pujian.
*Usaha Rohana Kuddus:
Pada tahun1896 dalam usia 12 tahun sudah mulai perjuangan dibidang pendidikan, Ia lebih dulu dibanding Kartini. Ia mengajar membaca,menulis huruf Arab,Latin pada teman sedesa.Ia.dapat mengajar membaca dan eulis dari pemerintah Belanda.Pada tahun 1905, Ia mendirikanSekolah Gadis di Kota gedang denganajaran kerajinan wanita, kemudiaan tahun 1911 memimpin suatu perkumpulan wanita Minangkabau dengan nama Kerajinan Amai Setia. Tanggal 10 Juli 1912, Ia menerbitkan surat kabar khusus wanita, dengan nama “Soenting Melajoe”. Rohana menjadi pemimpin redaksi dan mencapai kemajua dalam waktu singkat.

Peranan RA. Kartini, Dewi Sartika dan Rohana Kuddus:
Ingin memberikan kunci kemajuan pendidikan, pendidikansifatnya haru non dikriminatif tanpa membedakan jenis kelamin, agama, keturunan, kedudukan sosial.Pendidikn untuk rakyat harus bersiafat nasional meliputi pendidikan formal, pendidikan keluarga, pendidikan luar sekolah.Selain memberikan pengetahuan danketrampilan juga harus dapat mengutamakan pembentukan watak kepribadian anak, kemandirian, mendidik wanita agar tidak tergantung pada orang lain/suami.Memperhatikan kedudukan wanita saat itu secara khusus menyelenggarakan persekolahan bagi kaum wanita. Ia juga ingin adanya persamaan hak dengan kaum pria, seperti pendidikan dari tingkat bawah samapai setinggi-tingginya terbuka lebar bagi kaum wanita, baik juga di pekerjaan maupun kedudukan dalam lembaga kenegaraan, dan instansi.


12 PENDIDIKAN MUHAMMDIYAH

Organisasi Muhammdiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Yogyarta pada tanggal 8 julhijah 1330 atau 18 November 1912 yang dibantu oleh:
1. H. Sujak
2. H. Fachruddin
3. H. Tamim
4. H. Hisyam
5. H. Syarkawi
6. H. Abdulgani

Adapun faktor pendoronguntuk mendirikan Muhammdiyah, diantaranya:
1. Umat Islam tidak memegang teguh tuntunan Al-Quran dan Hadis atau Sunah
2. Kemiskinan menimpa rakyat Indonesia, sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah bertani dan buruh, sedangkan orang kaya mementingkan diri sendiri, sehingga lupa zakat untuk orang miskin
3. Kegagalan sebagian lembaga-lembaga menjadikan Islam dalam menghasilkan kader Islam tidak sesuai pekembangan zaman
4. Tidak ada pesatuan dan kesatuan antara umat Islam, akibat tidak tegak ukuwwah Islamiyah serta tiadanya organisasi Islam yang kuat.
5. Adanya tantangan dan sikap acuh tak acuh dikalangan intektual tehadap agama Islam.
Tujuan dan usaha berdirinya untuk memperluas dan mempertinggi agama Islam modern serta memperteguh keyakinan tentang agama Islam,sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dan mengusahakan pembaharuan dalam islam dengan pengabdian diberbagai bidang kehidupan, seperti dibidang pendidikan dan pengajaran, sosial, keagamaan, kewanitaan, kepemudaan dan politik.Sedangkan usahanya; ingin m endirikan sekolah di seluruh Indonesia dengan pengajaran agama Islam, kurikulum modern, mendirikan rumah sakit yatimpiatu, rumah perkumpuln kepanduan.

Prinsip dan Dasar Pendidikan Muhammdiyah:
1. Prinsip Muhammdiyah:
a. Tauhid
b. Pencerahan Umat
c. Menggembirakan amal salih
d. Kerjasama untuk kebajikan
e. Tidak berpoltik praktis
2. Dasar Pendidikan Muhammdiyah:
a. Kemasyarakatan
b. Tajdid
c. Aktifitas
d. Kreativitas
e. Optimisme

Sistem pendidikan Muhammdiyah dengan menggunakan sistem pendidikan model barat, terutama pengetahuan umum dan memadukan ajaran Islam/pendidikan tradisional(pesantren).
Penyelenggaraan pendidikan Muhammdiyah dilakukan pada
*zaman Belanda: untuk membendung gerakan Misi dan Zending di Yogyakarta dan Jawa Tengah
*zaman Jepang: Banyak gedung sekolah/tempat umat Islam berkumpul dirampas oleh Jepang,karena maih digunakan sebagai markas.
*zaman kemerdekaan: Sangat menguntungkan, karena lebih bekembang, mempunyai bagian-bagian sebagai berikut: Madrasah Ibtidayah, Tsanawiyah, Diniyah, Mu’llimin, TK, SD, SMEP, SMEA, SMA, SMOA, SKKP, SKKA, IKIP, SPG, PGA, SGTK.
Hambatan yang dihadapi Pendidikan Muhammdiyah, diantaranya:
Guru pengajar yang tidak tetap, gedung sekolah Muhammdiyah di kota sempit, kurang tanah dan dana untuk membangugedung, latar belakangsosial Islam berbeda atu sama lain.
Usaha untuk mengatasi hambatan itu adalah melakukan pemurnian pendidikanMuhammmdiyah, menciptakan lingkungan pendidikanyang baik, diadakan latihan bidang keilmuan, mengembangkan sistem pondok pesantren.
Sumbangan Pendidikan Muhammdiyah, diantaranya bidang pendidikan(diarahkan masalah kehidupan setiap hari umat Islam), bidang agama(bimbingan dan penyuluhan agama dalam masalah bersifat pribadi), bidang sosial(mendirikan rumah sakit,poliklinik, rumah yatim piatu)
Pengabdian Muhammdiyah, diantaranya:
Bidang pendidikan, sosial, keagamaan, kewanitaan, kepemudaan, politik.
MENURUT PENDAPAT SAYA, HAL YANG PALING MENARIK adalah:
“ PERANAN WANITA DALAM LAPANGAN PENDIDIKAN”
Pada masa lampau peran wanita sangat terbatas, karena masih berpegang pada adat-istiadat yang masih membelenggu kehidupan.Kedudukan wanita dengan kaum pria sangat berbeda, peran laki-laki diluar rumah tangga memiliki tugas mencari nafkah bagi keluarga, sedangka peran wanita difokuskan pada semua kegiatan dilingkungan rumah tangga, seperti memasak, mengurus rumah tangga, mengauh anak.Pengajaran dijauhkan dari kaum wanita, macam ilmupun tidak boleh diterimanya.Apalagi kalau sudah menginjak masa remaja-dikawinkan-gadis tidak boleh keluar rumah. Dengan hal demikian itu, maka timbul usaha untuk mengubah kedudukan wanita Indonesia, nasib wanita sangat diperjuangkan ,agar mendapat perbaikan sepenuhnya. Pendidikan sebagai jalan paling baik, yaitu menjunjung wanita dari kesengsaraan dan penghinaan.
Tokoh wanita RA. Kartini, Dewi Sartika dan Rohana Kuddus, berperan dalam menjunjung harkat dan martabat wanita, agar sejajar dengan kaum pria dan juga memperjuangkan emansipasi wanita dengan mendirikan sekolah-sekolah.Pendidika diberikan pada semua orang tanpa membeda-bedkan , pendidika bersifat nasional dan memberikan pengetahuan dan ketrampilan untuk pembentukan kepribadian dan watak anak-anak. Yang bertujuan memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Bahan pengajaran seperti ; membaca, menulis, berhitung dan kerajinan wanita kaum wanita .
Tanpa perjuangan RA.Kartini, Dewi Sartika dan Rohana Kuddus, mungkin kedudukan wanita tidak akan berubah sampai sekarang ini. Masih tetap terbelenggu adat-istiadat yang kuno. Hasil dari perjuangan dapat kita rasakan sekarang ini, peran wanita sangat tebuka lebar dalam lembaga kenegaraan dan instansi-instansi. Hal ini tebukti ada tokoh wanita, sebagai pemimpin Negara Indonesia.

13 Pendidikan Mohamad Syafei
Mohamad Syafei adalah seeorang tokoh yang mengingiinkan kemajuan bagi bangsa Indonesia, Beliau berjuang keras agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai. Cita-cita dia yaitu ingin memajukan kesejahteraan rakyat dan melatih seseorang untuk hidup mandiri maka jalan yang ditempuh adalah dengan pendidikan. Usaha Beliau antara lain: mendirikan sekolah bagi masyarakat pribumi yang diberi nama INS. Beliau memadukan pendidikan model barat dengan model pendidikan daerah, pendapatnya mengenai pendidikan adalah bahwa seorang murid tidak hanya dibekali dengan Intelektual saja tapi juga dibekali keterampilan sehingga disekolah tesebut ada mata pelajaran keahlian(keterampilan). Hal ini diharapkan setelah lulus dari sekolah, siswa mempunyai modal untuk mencari lapangan pekerjaan. Jadi tidak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan saja tapi juga dibekali keterampilan. Model dan metode pendidikan Mohamad Syafei ada dua cara yaitu:
o Dengan cara individu
Siswa dilatih satu peersatu oleh guru yang mengajar
o Dengan sistem klasikal
Siswa dilatih oleh guru dalam kelas secara bersamaan
Sumbangan pendidikan Mohamad Syafei ini masih sangat terasa saat sekarang yaitu adanya sekolah yang bergerak dalam bidang keterampilan, seperti SMKK dan STM. Hal ini mrupakan sumbangan yang masih ada sampai sekarrang.

14. Sistem Pendidikan Nasional Menurut UU Nomor 2 tahun1989
a) Dasar dari pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional tahun 1989 adalah pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
b) Fungsi dari Sistem Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan martabat manusia Indonesia
c) Tujuan dari sistem pendidikan Naasional 1989 yyaitu mencerdaskan kehidupan dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya
d) Penyelenggaraan pendidikan sekolah melalui dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah dan yang melaksanaan pendidikan adalah pemerintahan dan swasta.
e) Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 1989 disusun untuk mewujudkan peserta didik dan kesesuaian dengan lingkungan, kebutuhann pembangunan nasional dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai denngan jenjang masing-masing satuan pendidikan.

15. Sistem Pendidikan Nasional 2003

Karena pendidikan penting artinya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan hidup maka perlu suatu system ddalamnya, yyang mengatur tentang pendidikan agar pendidikan mengalami peningkatan termasuk system pendidikan di Indonesia karena dalam bidang pendidikan Indonesia mengalami ketinggalan dari Negara Asia dan Eropa.
Perbaikan pendidikan yang ditandai dengan dikeluarkan RUU SISDIKNAS 2003 pada kenyataannya belum seperti yang diharapkan karena mengandung beberapa keelemahan terutama pengindahan UUD1945 dan Pancasila serta tujuan pendidikan nasional yang berbunyi : mencerdaskaan kehidupan bangsa. Tujuan ini merupakan visi dasar dari tujuan pPendidikan Nasiional yang harrus digunakan dalam menyusun setiap UU Pendidikan .
Sebagian besar isi RUU SISDIKNAS 2003 yang menekankan pada muatan agama dan terlalu besar campur tangan pemerintah dalam pendidikan ssehingga masyarakat sedikit merupakan

10 Perbatasan Negara Paling Kontroversial di Dunia

Setiap negara di dunia memiliki perbatasan berdasarkan beragam kriteria. Namun, batas politik suatu negaralah yang paling sering memicu perdebatan. Beberapa kasus bahkan menyulut pecahnya konflik bersenjata antara dua negara yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Situs penyenarai Listverse merangkum daftar 10 Sengketa Wilayah Perbatasan Paling Kontroversial yang masih terjadi sampai sekarang.

10. Abkhazia dan Ossetia Selatan
Negara yang terlibat konflik: Georgia vs Republik Abkhazia dan Republik Ossetia Selatan

Abkhazia dan Ossetia Selatan adalah dua negara erpublik pecahan Georgia di Kaukasus. Keduanya telah berupaya melepaskan diri dari Georgia sejak tahun 1920-an. Setelah Revolusi Rusia tahun 1917, Abkhazia dan Ossetia Selatan ditetapkan sebagai dua republik otonom yang merupakan bagian dari Georgia dan termasuk di dalam wilayah Uni Soviet. Namun setelah perang tahun 1920-an, Abkhazia dan Ossetia Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1923 dan 1922. Masalah kedaulatan keduanya semakin kompleks di masa keruntuhan Uni Soviet dan Georgia mendeklarasikan independensinya yang akhirnya berujung pada perang di tahun 1992 dan 2008. Rusia pada akhirnya mengakui kedua republik tersebut sebagai negara yang terpisah dan berdiri sendiri. Namun PBB, Uni Eropa dan NATO menolak mengakui kedaulatan Abkhazia dan Ossetia Selatan.

9. Kosovo
Negara yang terlibat konflik: Republik Serbia dan Republik Kosovo

Keruntuhan negara sosialis di tahun 1990-an juga berpengaruh pada Yugoslavia. Pada masa keruntuhan Yugoslavia, terbentuk lima negara baru; Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Makedonia, Slovenia, dan Republik Federasi Yugoslavia yang menaungi daerah otonomi Kosovo. Pada tahun 1998-1999 pecah perang ketika "Kosovo Liberation Army" menuntut kemerdekaan dari RF Yugoslavia. Setelah perang berakhir, RF Yugoslavia melepas semua klaimnya atas Kosovo dan menerimanya sebagai wilayah yang diawasi PBB.

Pada tahun 2006, RF Yugoslavia pecah menjadi Serbia dan Montenegro, sementara Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 17 Februari 2008 dengan memilih Pristina sebagai ibukota. Kosovo diakui secara resmi sebagai sebuah negara oleh 80 negara anggota PBB plus Taiwan. Meski telah menjadi anggota IMF dan Bank Dunia, status Kosovo sampai saat ini masih belum diakui sebagai negara berdaulat secara sepenuhnya.

8. Sahara Barat
Negara yang terlibat konflik: Kerajaan Maroko vs Republik Demokratik Arab Sahrawi

Sahara Barat berada di wilayah Afrika yang dikelilingi Maroko, Algeria, dan Mauritania. Wilayahnya sebagian besar terdiri atas padang pasir sehingga populasinya pun hanya sekitar 500 ribu penduduk yang sebagian besar tinggal di kota. Pada awalnya, Sahara Barat berada di bawah kekuasaan Imperium Spanyol.

Namun setelah Kesepakatan Madrid pada tahun 1975, ketika Spanyol sepakat untuk mengakhiri keberadaannya di wilayah itu, Sahara Barat diklaim oleh Maroko dan Republik Demokratik Arab Sahrawi (RDAS). Sebanyak 20-25% wilayah Sahara Barat berada di bawah kekuasaan RDAS sementara Maroko mengontrol selebihnya. Kekuasaan RDAS diakui oleh 58 provinsi sedangkan 22 provinsi lain menarik dukungan meerka dan 12 lainnya baru akan menentukan sikap setelah referendum PBB. Namun hingga saat ini, PBB tidak mengakui Sahara Barat sebagai negara berdaulat di bawah pemerintahan RDAS.

7. Gibraltar
Negara yang terlibat konflik: Kerjaan Spanyol vs Inggris Raya dan Irlandia Utara

Wilayah Gibraltar telah jadi sengketa sejak bertahun-tahun lalu. Posisinya yang strategis di Selat Gibraltar memungkinkan akses ke Laut Tengah dan Suez, yang merupakan jalur penting pelayaran dan perdagangan internasional. Saat ini, kendali militer selat itu dipegang oleh Inggris dan Maroko meskipun Spanyol memiliki pangkalan militer yang cukup besar di area yang sama.

Awalnya, Gibraltar dikuasai oleh kekuatan Anglo-Belanda pada tahun 1704. Kemudian pada tahun 1713 Spanyol menyerahkannya pada Inggris melalui Perjanjian Utrecht. Sejak itu, Spanyol tiga kali berusaha mengambil alih kembali Gibraltar namun tidak berhasil. Referendum yang diadakan pada 1967 dan 2002 yang bertujuan untuk mengembalikan wilayah itu ke Spanyol, justru menghasilkan sebaliknya, 99% penduduk memilih untuk tetap berada di bawah kekuasaan Inggris. Memang tidak ada ketegangan berarti antara Spanyol dan Inggris terkait klaim wilayah ini, namun Spanyol tetap tidak mau melepaskan kekuasaan politiknya atas Gibraltar.

6. Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan
Negara yang terlibat konflik: Republik Argentina vs Inggris Raya dan Irlandia Utara

Kepulauan ini terkait erat dengan Kepualaun Falkland yang juga menjadi sumber keretakan hubungan Argentina dan Inggris. Sejak James Cook mendarat di Georgia Selatan pada tahun 1775 dan Kepulauan Sandwich pada tahun 1908, Inggris menganeksasi keduanya pada 1908. Sedangkan Argentina mengklaim kekuasaannya berdasarkan keberadaan perusahaan penangkapan paus yang mulai beroperasi tahun 1908 di Georgia Selatan, namun telah menandatangani perjanjian sewa kepada pemerintah Kepulauan Falkland sejak tahun 1906. Pada tahun 1985, Georgia Selatan dan Kepualauan Sandwich Selatan resmi menjadi wilayah luar negeri Inggris. Namun Argentina tetap melanjutkan klaim kedaulatannya atas kedua wilayah kepualauan itu. Perkembangan terbaru pada tahun 2010, Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menelpon Ratu Elizabeth II untuk menyerahkan Georgia Selatan dan Kepulauan Falkland kepada Argentina.

5. Tibet
Negara yang terlibat konflik: Pemerintah Adminsitrasi Tibet vs Republik Rakyat China

Sejarah kedaulatan Tibet terentang panjang sejak abad 13. Secara hukum, pemerintah Republik Rakyat China (RRC) melihat Tibet sebagai bagian tak terpisahkan sejak Dinasti Yuan. Fakta ini didukung peta kuno dan negara-negara lain sehingga menjadikan Tibet sebagai wilayah otonom China. Amerika Serikat, Inggris, Uni Eropa dan Perancis serta banyak negara lain mengakui Tibet sebagai bagian dari China.

Akar konflik yang terus berlanjut hingga saat ini terjadi saat Invasi China ke Tibet pada tahun 1950, ketika pemerintahan baru komunis memulai "Pembebasan Seluruh Wilayah China" sehingga menimbulkan pecahnya perang. Setalah perang berakhir, Pemerintah Administrasi Tibet (PAT), yang diwakili Dalai Lama, menyerahkan Tibet kepada China dengan 17 poin kesepakatan. Namun, delegasi Tibet dipaksa menandatangani kesepakatan tersebut. Hingga saat ini PAT berada di pengasingan di India dan tidak ada tanda-tanda Tibet akan memperoleh kemerdekaannya.

4. Siprus
Negara yang terlibat konflik: Republik Siprus vs Republik Turki Siprus Utara

Siprus merupakan kelanjutan konflik Yunani dan Turki di era modern. Konflik kedua negara sendiri telah berlangsung selama berabad-abad. "Kepemilikan" Siprus selalu berpindah tangan antara Turki dan Inggris sepanjang sejarah sejak pertama kali dikuasai Kekaisaran Turki Ottoman. Diantara penguasaan kedua negara tersebut, muncul pula beberapa kali pemberontakan yang mendukung kedaulatan penuh dari salah satu negara. Salah satunya dilakukan kelompok perlawanan Siprus Turki EOKA yang menginginkan penyatuan Siprus dengan Turki.

Dari sekian lama pergolakan yang masih terjadi hingga sekarang, Turki menguasai 37% bagian utara pulau tersebut dan mengklaim secara de facto berdirinya Republik Turki Siprus Utara. Meski begitu, pertempuran antara Yunani dan Siprus Turki masih jadi pemandangan harian hingga saat ini. Inggris, Yunani, dan Turki pun harus meminta NATO untuk turut menjaga perdamaian. Sementara di sisi lain, hanya Turki yang mengakui Republik Turki Siprus Utara sebagai sebuah negara dan sampai sekarang tidak ada tanda-tanda pulau tersebut akan bersatu dalam sebuah negara utuh.

3. Kepulauan Falkland
Negara yang terlibat konflik: Republik Argentina vs Inggris Raya dan Irlandia Utara

Kepualauan ini berkaitan erat dengan Georgia Selatan, namun dengan banyak kepentingan yang terlibat di dalamnya. Inggris dan Argentina telah men-sengketakan Falkland sejak ratusan tahun lalu. Inggris telah mengklaim kedaulatannya atas Falkland sejak tahun 1690 serta mencoba menguatkannya secara de facto sejak 1833. Argentina mulai mempersengkatakan kepemilikan Falkland sebelum tahun 1833 ketika kepualauan tersebut berada di bawah kekuasaannya meski hanya dalam waktu singkat.

Perancis adalah negara pertama yang menguasai Falkland, setelah itu kekuasaan kerap berpindah diantara Spanyol, Inggris dan Argentina sampai tahun 1833, saat Inggris mengklaim kedaulatannya dan mengusir Argentina. Kepulauan itu akhirnya berada dalam kekuasaan Inggris sampai tahun 1982 ketika Argentina melakukan invasi sekaligus memulai Perang Falkland. Hingga saat ini, Falkland tetap berada di bawah penguasaan Inggris namun Argentina tidak menunjukkan tanda-tanda melepaskan klaimnya atas kepulauan yang sama.
2. Taiwan
Negara yang terlibat konflik: Republik Rakyat China vs Republik China (Taiwan)

Berbeda dengan Tibet, Republik China - lebih dikenal dengan nama Taiwan - memperoleh dukungan internasional atas keputusannya memisahkan diri dari Republik Rakyat China (RRC). Beberapa negara bahkan menyarankan untuk menanggalkan nama China dan menggantinya menjadi Republik Taiwan untuk melepaskan hubungan dari negara komunis itu. Sebelum Perang Dunia (PD) 2, Taiwan dimiliki oleh Jepang sedangkan nama Republik China mengacu pada negeri China daratan. Setelah PD 2, Jepang menyerahkan Taiwan kepada Republik China.

Namun karena perang saudara yang terjadi antara RRC dan Republik China, kepemilikan Taiwan pun jadi tidak jelas sehingga pada akhirnya mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara berdaulat yang terlepas dari RRC yang menguasai China daratan. RRC menolak mengakui Taiwan sebagai sebuah negara dan tidak menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara yang mengakui Taiwan. Sampai sekarang, Taiwan belum memperoleh pengakuan penuh sebagai sebuah negara. Hanya 23 negara yang menjalin hubungan diplomatik resmi dengan negara pulau itu sementara negara lainnya, meskipun mengakui Taiwan sebagai sebuah negara, memilih untuk menjalin hubungan diplomatik tidak resmi.

1. Palestina
Negara yang terlibat konflik: Palestina vs Israel

Konflik Palestina - Israel yang telah berlangsung selama ribuan tahun menjadi konflik paling populer yang layak jadi pemuncak daftar ini. Terlepas dari sejarah sengketa yang berbasis agama, konflik kedua negara di era modern dimulai pasca PD 2 dan genosida yang dilakukan Nazi terhadap bangsa Yahudi. Ketika kamp-kamp konsentrasi Yahudi dibebaskan, ribuan Yahudi yang memerlukan tempat tinggal berbondong-bondong secara massal ke Palestina yang ketika itu populasinya didominasi bangsa Arab.

Konflik pun mulai pecah dan PBB mencoba menengahi dengan mengajukan Rencana Pembagian Palestina menjadi dua negara terpisah, masing-masing satu untuk bangsa Arab dan Yahudi dengan Yerusalem sebagai kawasan netral yang berada di bawah pengawasan PBB. Pada 14 Mei 1948 bangsa Yahudi mendeklarasikan kemerdekaan sekaligus mendirikan negara Israel. Keesokan harinya, Mesir, Syria, Lebanon, dan Iran menggempur Israel yang menandakan dimulainya Perang Arab-Israel. Setahun kemudian diberlakukan gencatan senjata dan perbatasan sementara ditetapkan. Yordania mengambil alih wilayah Tepi Barat dan Yerusalem Timur sedangkan Mesir menguasai Jalur Gaza.

Masalah berikutnya muncul pada tahun 1956 saat Krisis Terusan Suez ketika Israel yang dibantu Spanyol dan Inggris menginvasi Semenanjung Sinai. Pada tahun 1966, hubungan Dunia Arab dengan Israel semakin memburuk yang berujung pada pecahnya Perang Enam Hari pada tahun 1967. Setelah perang usai, Israel berhasil mengambil alih Jalur Gaza dan Semenanjung Sinai dari Mesir, Tepi Barat dan Yerusalem Timur dari Yordania serta Dataran Tinggi Golan dari Syria. Enam tahun kemudian, Perang Yom Kippur pecah dan hubungan Israel dengan negara-negara Arab semakin memburuk.

Tahun 1988, Palestine Liberation Organization (PLO) mendeklarasikan berdirinya negara Palestina namun mereka tidak memegang kontrol wilayah Palestina. Sejak saat itu, PLO terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina berdasarkan perbatasan yang pernah ditetapkan di tahun 1967. Saat ini, Liga Arab, dan sebagian besar negara-negara di Amerika Selatan, Afrika dan Asia mengakui negara Palestina. Sedangkan negara-negara Eropa dan Amerika Utara bersikap sebaliknya. Tahun ini PBB berencana menyelenggarakan pemungutan suara mengenai status negara Palestina.

Rahasia Terselubung Logo dan Maskot Olimpiade London 2012

Kasus Logo Olimpiade 2012 yang saat ini sedang di perdebatkan di seluruh dunia.
Mengapa?
Logo resmi Olimpiade 2012 di London, Inggris, itu sebenarnya sudah lama diluncurkan.
Pihak panitia menjelaskan logo itu melambangkan '2012' (tahun penyelenggaraan), ring olimpiade, dan tulisan 'London', dan simbol permainan Paralympic.

Selesai?
Tidak. Logo itu sekarang bermasalah. Adalah Iran yang memprotesnya. Tak tanggung-tanggung, protes Iran itu diwakili Komite Olimpiade Nasional Iran. Mereka menyerahkan surat ke Komiter Olimpiade Internasional, IOC.

Iran mengeritik, tanda logo Olimpiade 2012 bisa diartikan sebagai zionis. Masuk akal juga. Kalau bagian-bagian demi bagian dari logo itu disusun, bisa membentuk tulisan 'Zion'. Zionisme adalah musuh terbesar Iran?.

Iran kemungkinan akan memboikot penyelenggaraan Olimpiade 2012. Logo itu berbiaya total 800 juta dolar Amerika Serikat. Nah, Sekarang Begini Teori Konspirasi Maskot & Logo Olimpiade 2012

Sebagian Manusia memang aneh-aneh. kenapa demikian ? Setelah diluncurkannya Maskot & logo olimpiade 2012 di London, saya mendapati beberapa orang membuat teori yang mengait-ngaitkan logo dan maskot tersebut dengan datangnya hari akhir. Sungguh aneh menurut saya tapi saya tertarik untuk menjelaskankannya disini. Sebelum menjelaskan tentang teori itu mari kita liat dulu maskot dan logo olimpiade London 2012.


Maskot Olimpiade 2012: Wenlock dan Mandeville




Coba Perhatikan gambar maskot dan logo diatas sekali lagi.

Sepintas memang tidak ada yang aneh dari kedua gambar tersebut tapi ketika diperhatikan ternyata logo olimpiade tersebut mirip tulisan zion

2=Z   1=I   0=O   2=N


dimana zion sendiri merupakan bangsa zion (israel) yang diprediksi sebagai bangsa yajuj dan makjuj dalam tanda-tanda hari akhir menurut umat islam.

kemudian mengenai Maskot

maskot tersebut bermata satu dan kita juga tahu bahwa salah salah satu tanda hari akhir ialah munculnya dajjal yang bermata satu

coba lihat kembali Wenlock. di ujung kepalanya terdapat piramida yang sangat mirip dengan logo Freemasonry

salah satu organisasi spiritual penentang tuhan paling berbahaya di muka bumi.


Menurut definisi Wikipedia, Freemasonry adalah organisasi persaudaraan bersemangat publik yang telah ada sejak abad ke-17. Kegiatan sentral Freemasonry amal tetap bekerja dalam lokal atau masyarakat yang lebih luas tetapi masyarakat memiliki sejumlah besar kontroversi dan rahasia yang sebenarnya terpendam dalam sejarah panjang. Telah dikatakan bahwa kaum Mason mengklaim bahwa Masonry terbuka untuk salah satu dari setiap iman dan bahwa itu adalah persaudaraan untuk membantu kaum Mason lain. Tapi itu hanya untuk menarik lebih banyak orang kepada masyarakat ini. G simbol yang digunakan dalam tanda-tanda mereka benar-benar diterjemahkan menjadi Masonik gnosis atau generasi dengan Lucifer dan Allah sebagai musuh utama kekristenan. Mason mengambil sumpah agak mematikan sumpah darah untuk setiap derajat hingga 33 derajat. Mereka bersumpah setia kepada Tuhan Masonry dan negara di atas segalanya dan di bawah ancaman hukuman mati, bersumpah tidak akan mengungkapkan rahasia Freemasonry – bahkan tidak kepada istri-istri mereka.

ditambah dengan kemungkinan terjadinya badai matahari yang diprediksi terjadi 2012 maka makin kuatlah pandangan beberapa orang yang meyakini mitos tersebut, meskipun menurut ilmuan badai solar tidak akan menimbulkan masalah berarti pada bumi.

saya pribadi tidak percaya akan mitos-mitos yang sering dikait-kaitkan dengan fakta.
bagaimana dengan kalian?

Well, jadi kesimpulannya. Kenapa logo olimpiade 2012 di protes? Jawabannya karena logo olimpiade 2012 mengartikan suaktu makna yaitu Zion yang berarti Zionis.

by : arhado.com

Sejarah Lagu CANNON


JOHANN PACHELBEL
Pencipta musik "Canon" yang sering di jumpai dan di dengarkan oleh kalangan dewasa maupun yang kecil ternyata adalah "Johann Pachelbel" seorang instrumental asal Nurnberg - Jerman yang lahir pada 1 September 1653 – meninggal 9 Maret 1706 pada umur 52 tahun) adalah seorang komponis Baroque berkebangsaan Jerman.

Canon (atau Kanon). Ini adalah sepotong musik barok yang telah ditafsirkan oleh banyak orang dan telah menjadi dasar dari lagu-lagu modern. Cukup sering, ditemukan dalam tema-tema film, lagu dan iklan. Beberapa orang benar-benar percaya itu adalah akar dari semua musik modern (lebih atau kurang, dengan sedikit humor, tentu saja:). Melodi dari Canon ini mudah dikenali, tapi pendengar mungkin tidak tahu nama komposisi atau penciptanya. Hal ini sangat populer untuk pernikahan, terutama di Amerika Serikat.
 

Pada tahun 1671, pada usia 18, ia pindah ke Wina (Austria) di mana ia menjadi mahasiswa. Pada 1692 ia pindah ke Nuremberg di mana dia tinggal sampai kematiannya pada 1706. Canon ditulis sekitar 1680 dan itu adalah bagian Mr Pachelbel yang paling terkenal. Asli ditulis untuk tiga biola dengan iringan bass dan gigue.
 
Apa arti kata "Canon" artinya itu? Yah, tentu bukan "meriam" (pistol besar), seperti yang sering disarankan. Sebuah Canon (atau Kanon) adalah bagian musik yang ditandai dengan peniruan dan pengulangan. Pertama satu instrumen atau vokal memperkenalkan bagian dari melodi. Lalu, setelah beberapa nada, instrumen yang kedua atau mulai vokal untuk mengulang, atau meniru, melodi pertama, memainkan nada yang sama persis, tetapi dengan jeda waktu. instrumen Lebih atau vokal maka dapat ditambahkan, tergantung pada keinginan komposer.

Ia banyak menghasilkan musik keagamaan maupun sekuler, dan sumbangsihnya terhadap perkembangan choral prelude dan fugue menempatkannya sebagai salah satu komponis zaman Barok pertengahan terpenting.
Karyanya yang paling terkenal adalah Kanon In D, satu-satunya kanon yang ia gubah. Selain itu, beberapa karya lainnya yang terkenal adalah Chaconne dalam F minor, Toccata dalam E minor untuk organ, dan Hexachordum Apollinis, sekelompok variasi keyboard.



JERRY C
sang gitaris Jenius Dari Taiwan yang sukses mengaransemen Canon in D"

Nama Asli : Zhang Y�f�n
Nama Artis : Jerry C / Jerry Chang
Tempat/Tanggal Lahir : Taipei, Taiwan / 31 Agustus 1981
Golongan Darah : O
Gitaris Favorit : Goncalo Pereira, Yngwie Malmsteen, Steve Vai, Joe Satriani, Tak Matsumoto
Band Favorit : Helloween, Metallica, Green Day, Sum41, L'Arc~en~Ciel, GLAY, B'z
Gitar : Fender Stratocaster American Deluxe, Fender Stratocaster Japan, Line6 Variax 500, ESP Horizon FR-II
Efek : Line6 PODxt Live, BarBer Direct Drive

Pada tahun 1998 seorang remaja bernama Jerry C terinspirasikan untuk membawakan music canon in d secara rock! Jerryc mulai mempelajari canon rock di usianya 17-18 tahunan. Karya Jerry C ini berhasil memberi referensi baru bagi gitaris-gitaris muda didunia yg mulai menekuni gitar.

Jerry Chang atau yang lebih populer dengan nama Jerry C merupakan sosok gitaris asia yang cukup mendunia berkat promosinya lewat teknologi internet. Namanya meroket setelah video Canon Rock yang ia rekam melalui webcam menjadi mega hits di situs video sharing, YouTube. Bahkan lagu 'Canon Rock' aransemennya menjadi video terfavorit (yang paling banyak disaksikan) ke-6 sepanjang sejarah berdirinya YouTube meski yang masuk kategori tersebut adalah video yang dimainkan oleh gitaris amatir asal Korea Selatan yang bernama Jeong-Hyun Lim. Lagu Canon Rock sendiri merupakan hasil aransemen ulang dari versi asli Canon in D gubahan Johann Pachelbel menjadi versi rock a la Jerry.

Jerry mulai mempelajari gitar di usianya yang ke-17. Ia banyak terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Goncalo Pereira, Yngwie Malmsteen, hingga gitaris senior Jepang, Tak Matsumoto. Tahun 2003 ia terpilih menjadi gitaris terbaik kompetisi Asian Beat. Namun namanya mulai menjadi pembicaraan di kalangan gitaris baru pada saat ia merilis video Canon Rock pada tahun 2005. Sejak saat itu ia mulai sering tampil di tv, dimuat di majalah Guitar World, hingga menjamurnya gitaris yang memainkan Canon Rock diberbagai situs video. Karya Jerry ini berhasil memberi referensi baru bagi gitaris-gitaris muda di dunia yang mulai menekuni gitar sebagaimana gitaris di era terdahulu yang wajib mempelajari karya Yngwie Malmsteen dengan Far Beyond The Sun-nya atau Steve Vai dengan For The Love of God-nya.


Jerry C Ketika Memperkenalkan Aransemennya ke Internet


Jerry C Ketika Sudah Mendunia

LIM JEONG-HYUN ALIAS FUNTWO
Lim Jeong-hyun (lahir 5 Juli 1984), juga dikenal dengan nickname online funtwo, adalah gitaris Korea Selatan yg dikenal melalui Canon Rock.sebelumnya ada orang yang mengaku sebagai aranser canon rock,yakni Pengguna YouTube dengan user name "guitar90" tapi dia bukanlah Lim Jeong-hyun, tapi orang tak dikenal yang kebetulan meng-upload video Lim,dan mengaku canon rock sebagai karya aransemennya. tapi hal Ini telah diperjelas dalam wawancara yang terakhir.

Video permainan funtwo ini adalah salah satu di antara 25 video yang paling sering dilihat di you tube dan video yang paling favorited kelima dalam sejarah YouTube dengan lebih dari 73.000.000 penonton,dan puncaknya, menjadi video keempat yang paling banyak dilihat di YouTube.

Sungha Jung


Trace Bundy & Sungha Jung

Bung Karno: Persetan Dengan PBB!

Suatu hal yang lumrah apabila kita melihat seseorang berkorban demi apa yang dicintainya, demikian juga Bung Karno. Demi Indonesia Bung Karno mengabaikan penyakit yang menggerogoti dirinya. Bung Karno selalu tampil prima dihadapan publik, walau pada hakekatnya dia dalam keadaan lemah. Hal tersebut dilakukan demi menjaga rasa percaya diri seluruh rakyat Indonesia.
Berulang-kali dokter pribadinya memberi nasihat kepada Bung Karno. Ini terkait dengan sakit ginjalnya, yakin makin para di akhir tahun 60-an. “Kalau Bapak bisa tenang sedikit, dan tidak berteriak-teriak, niscaya Bapak tidak akan mendapat ulcers.” Yang dimaksud dokter adalah peradangan pada lambung akibat sakit ginjalnya itu. Baru saja dokter berhenti memberikan nasihatnya, Bung Karno meradang dan berteriak, “Bagaimana aku bisa tenang kalau setiap lima menit menerima kabar buruk?”

Berteriak adalah “hobi” Sukarno. Ia berteriak untuk memberi semangat rakyatnya. Ia berteriak juga untuk mengganyang musuh-musuh negara. Jika konteksnya adalah membakar semangat rakyat, maka Bung Karno adalah seorang orator ulung. Bahkan paling unggul pada zamannya. Sebaliknya, jika ia berteriak karena terinjak dan teraniaya harga dirinya sebagai presiden dan kepala negara, maka Sukarno adalah presiden paling berani yang pernah hidup di atas bumi ini.
“Inggris kita linggis! Amerika kita setrika!”, atau “Go to hell with your aid” yang ditujukan kepada Amerika.

“Malaysia kita ganyang. Hajar cecunguk Malayan itu! Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita diinjak-injak oleh Malaysian keparat itu”, yang ini saat Indonesia berkonfrontasi dengan di negara boneka bernama Malaysia.
Bukan hanya itu. Organisasi dunia yang bernama Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pun pernah dilawan. Tanggal 20 Januari 1965, Bung Karno menarik Indonesia dari keanggotaan PBB. Ini karena ketidak-becusan PBB dalam menangani persoalan anggota-anggotanya, termasuk dalam kaitan konflik Indonesia – Malaysia. Ada enam alasan yang tak bisa dibantah siapa pun, termasuk Sekjen PBB sendiri, yang menjadi dasar Indonesia menarik diri dari keanggotaan PBB.

Pertama, soal kedudukan PBB di Amerika Serikat. Bung Karno mengkritik, dalam suasana perang dingin Amerika Serikat dan Uni Sovyet lengkap dengan perang urat syaraf yang terjadi, maka tidak sepatutnya markas PBB justru berada di salah satu negara pelaku perang dingin tersebut. Bung Karno mengusulkan agar PBB bermarkas di Jenewa, atau di Asia, Afrika, atau daerah netral lain di luar blok Amerika dan Sovyet.

Kedua, PBB yang lahir pasca perang dunia kedua, dimaksudkan untuk bisa menyelesaikan pertikaian antarnegara secara cepat dan menentukan. Akan tetapi yang terjadi justru PBB selalu tegang dan lamban dalam menyikapi konflik antar negara. Indonesia mengalami dua kali, yakni saat pembebasan Irian Barat, dan Malaysia. Dalam kedua perkara itu, PBB tidak membawa penyelesaian, kecuali hanya menjadi medan perdebatan. Selain itu, pasca perang dunia II, banyak negara baru, yang baru saja terbebas dari penderitaan penjajahan, tetapi faktanya dalam piagam-piagam yang dilahirkan maupun dalam preambule-nya, tidak pernah menyebut perkataan kolonialisme. Singkatnya, PBB tidak menempatkan negara-negara yang baru merdeka secara proporsional.

Ketiga, Organisasi dan keanggotaan Dewan Keamanan mencerminkan peta ekonomi, militer dan kekuatan tahun 1945, tidak mencerminkan bangkitnya negara-negara sosialis serta munculnya perkembangan cepat kemerdekaan negara-negara di Asia dan Afrika. Mereka tidak diakomodir karena hak veto hanya milik Amerika, Inggris, Rusia, Perancis, dan Taiwan. Kondisi yang tidak aktual lagi, tetapi tidak ada satu orang pun yang berusaha bergerak mengubahnya.

Keempat, soal sekretariat yang selalu dipegang kepala staf berkebangsaan Amerika. Tidak heran jika hasil kebijakannya banyak mengakomodasi kepentingan Barat, setidaknya menggunakan sistem Barat. Bung Karno tidak dapat menunjung tinggi sistem itu dengan dasar, “Imperialisme dan kolonialisme adalah anak kandung dari sistem Negara Barat. Seperti halnya mayoritas anggota PBB, aku benci imperialisme dan aku jijik pada kolonialisme.”

Kelima, Bung Karno menganggap PBB keblinger dengan menolak perwakilan Cina, sementara di Dewan Keamanan duduk Taiwan yang tidak diakui oleh Indonesia. Di mata Bung Karno, “Dengan mengesampingkan bangsa yang besar, bangsa yang agung dan kuat dalam arti jumlah penduduk, kebudayaan, kemampuan, peninggalan kebudayaan kuno, suatu bangsa yang penuh kekuatan dan daya-ekonomi, dengan mengesampingkan bangsa itu, maka PBB sangat melemahkan kekuatan dan kemampuannya untuk berunding justru karena ia menolak keanggotaan bangsa yang terbesar di dunia.”

Keenam, tidak adanya pembagian yang adil di antara personal PBB dalam lembaga-lembaganya. Bekas ketua UNICEF adalah seorang Amerika. Ketua Dana Khusus adalah Amerika. Badan Bantuan Teknik PBB diketuai orang Inggris. Bahkan dalam persengketaan Asia seperti halnya pembentukan Malaysia, maka plebisit yang gagal yang diselenggarakan PBB, diketuai orang Amerika bernama Michelmore.
Bagi sebagian kepala negara, sikap keluar dari PBB dianggap sikap nekad. Bung Karno tidak hanya kelua dari PBB. Lebih dari itu, ia membentuk Konferensi Kekuatan Baru (Conference of New Emerging Forces/ Conefo) sebagai alternatif persatuan bangsa-bangsa selain PBB. Konferensi ini sedianya digelar akhir tahun 1966. Langkah tegas dan berani Sukarno langsung mendapat dukungan banyak negara, khususnya di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Bahkan sebagian Eropa juga mendukung.
Sebagai tandingan Olimpiade, Bung Karno bahkan menyelenggarakan Ganefo (Games of the New Emerging Forces) yang diselenggarakan di Senayan, Jakarta pada 10 – 22 November 1963. Pesta olahraga ini diikuti oleh 2.250 atlet dari 48 negara di Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Selatan, serta diliput sekitar 500 wartawan asing.:iloveindonesia
Bung Karno dengan Conefo dan Ganefo, sudah menunjukkan kepada dunia, bahwa organisasi bangsa-bangsa tidak mesti harus satu, dan hanya PBB. Bung Karno sudah mengeluarkan terobosan itu. Sayang, konspirasi internasional (Barat) yang didukung segelintir pengkhianat dalam negeri (seperti Angkatan ’66, sejumlah perwira TNI-AD, serta segelintir cendekiawan pro Barat, dan beberapa orang keblinger), berhasil merekayasa tumbangnya Bung Karno. Wallahu a’lam.

Bung Karno Pernah Membuat Amerika Mati Kutu


Semua ide-ide brilian guna kemajuan Indonesia bermuculan. Para orang pinter di negeri ini sudah mengerahkan segenap kemampuan otaknya agar terjadi perbaikan. Kini, tinggal kepekaan para wakil-wakil rakyatnya. Mau segera menggagasnya atau tidak. Dulu di negeri ini armada lautnya sangat dikagumi dan ditakuti, terutama diwilayah tenggara. Tapi kini kebesaran nama itu seakan telah terkubur bersama kehebatan para pendahulunya. Bagaimana tidak? Bangsa yang pernah berjaya mulai dari zaman prasejarah dengan anugerah wilayah laut lebih luas ketimbang daratan itu kini hanya memiliki tiga buah kapal selam. Itu pun kapal-kapal butut dan kanibalan. Artinya, kalau kapal satunya sedang beroperasi maka kapal yang lain harus bertengger di tepi pantai karena mesinnya sedang dipakai untuk berlayar. Uhh….lucunya negeri ini. 

Sungguh sangat kita sesalkan memang. Dulu dijaman Bung Karno (BK) Slogan “Jalasveva Jayamahe yang artinya Di Laut Kita Jaya” memang benar-benar terwujud. Armada Laut kita seolah menjadi raja laut yang membuat kecil nyali siapa pun yang mendengarnya. Bahkan Amerika sempat dibuat keder dengan Indonesia tatkala mengetahui kehebatan kapal induk kita dengan armada lautnya….(Rasanya negeri ini sangat rindu masa-masa itu!) 

Satu lagi. Para pemimpin kita saat ini selain kurang peka juga tidak lihai dalam berdiplomasi (hehehe…meskipun katanya berpendidikan! mungkin di otaknya hanya dipakai mikir proyek apa nih yang bisa ngasilin duit). Beda dengan pemerintahan presiden pertama kita Bung Karno (BK). Meski beliau seorang insinyur tapi sangat piawai dalam hal diplomasi dan menjaga harga diri bangasa. Kita ambil contoh pada masa BK, yang namanya stadion Gelora Bung Karno, Monas, dan masjid istiqlal, itu tanpa sepeserpun negara ini mengeluarkan duit. Lah kok aneh….terus uang dari mana? (kalau pingin tahu uang itu dari mana , klik DI SINI


Masih mau tahu kehebatan Bung Karno?  

Suatu ketika ada pilot Amerika yang dengan lancang memasuki wilayah Indonesia tanpa ijin. Walhasil dengan kehebatan para angkatan di negeri kita ini, itu pilot berhasil ditembak jatuh, namun dengan kondisi pilot masih hidup. Digelandanglah sang pilot ke Istana negara untuk dimintai penjelasan/dikorek info-info yang penting. 

Berita tertangkapnya Pilot Amerika itu sampai juga ke telinga John F Kennedy (Presiden AS waktu itu). Akhirnya dengan sangat si Presiden memohon agar pilotnya itu dikembalikan. Apa jawaban BK? “Oh….tidakkkk…..enak saja setelah lancang menjelajah negeriku dan memata-matainya terus mau aku kembalikkan….ohh tidak semudah itu Kennedy”. Kennedy dibuat pusing juga oleh BK. Maka dibuatlah pertemuan khusus dengan BK waktu itu. Karena bila rahasia yg dibawa oleh pilot itu terbongkar dan terdengar oleh dunia, bisa habis pula masa depan AS. 

Berangkatlah BK Ke AS. Disana BK disambut dengan sambutan yang luar biasa. Laksana seorang raja BK diajak jalan-jalan keliling kota dan diperkenalkan dengan wanita-wanita tercantik di AS, diantaranya si centil sang penggoda “marilyn monroe”. 

bung-karno-monroe.jpg

Dialogpun terjadi. John F. Kennedy masih dengan permintaanya yang sama agar pilotnya dikembalikan, sementara BK masih enggan kecuali dengan satu syarat. Apa itu? karena waktu itu Indonesia masih dalam kasus sengketa Irian Barat dan membutuhkan angkutan khusus untuk memindahkan pasukan secepatnya, Maka persyaratan BK kepada Kennedy adalah meminta 20 pesawat Hercules sebagai ganti kelancangan pilot AS itu…Waoww….menakjubkan bukan? Kennedy sungguh tak berkutik. Dengan berat hati maka disanggupilah permintaan BK. (Barangkali sampai sekarang masih dipakai tu pesawat Hercules peninggalan BK).
Bung Karno sebagai proklamator tak bisa kita pungkiri. Tetapi Bung Karno sebagai diplomat ulung belum banyak tersiar. Bahkan saat beliau masih dalam kegemilangan kuasa, yang dianggap sebagai diplomat ulung Indonesia adalah mr. Soebandrio. Bung Karno tak dicantumkan sebagai salah seorang diplomat ulung dalam jajaran para diplomat kita, walaupun beliau tak bisa dipungkiri adalah salah seorang pemimpin di panggung dunia di jamannya.

Terkait hubungan RI-Malaysia yang masih memanas saat ini, saya terinspirasi dengan dua kisah yang saya lupa sumbernya. Kisah ini adalah mengenai taktik Bung Karno dalam berdiplomasi untuk membela kepentingan Indonesia di dunia Internasional.

Kisah Pertama, terjadi pada saat rapat pimpinan antar negara dalam rangka membentuk aliansi dunia ketiga yakni aliansi bangsa-bangsa Asia-Afrika (belakangan oleh Bung Karno diperluas menjadi Asia, Afrika dan Amerika Latin). Pada sebuah sidang yang dihadiri oleh para pemimpin peserta, terjadi proses pengambilan keputusan yang panjang dan bertele-tele, tidak mengkerucut pada satu kesimpulan. Lalu, bung Karno mengambil inisiatif mendekati Nehru dan membisikkan sesuatu lalu ditanggap dengan anggukan oleh Nehru. Kemudian Bung Karno beranjak ke posisi Gamal Abulnasser, membisikkan sesuatu dan ditanggap dengan anggukan pula oleh si pemimpin negeri Mesir ini.
Tak lama setelah kedua aksi bisik oleh Bung Karno tersebut, ia pun meminta giliran untuk menyampaikan pendapat dan mengusulkan diselenggarkannya Konferensi Asia Afrika di Bandung. Usulan tersebut langsung ditanggapi setuju oleh para hadirin, baik yang berbeda maupun yang sama pendapat.
Rupanya, melihat perbedaan pendapat yang meruncing Bung Karno menggunakan figur Abdul Naser dan Gandi yang berpengaruh masing-masing di Afrika dan Asia. Konon, menurut pengakuan Bung Karno dalam buku yang saya baca tersebut sesungguhnya beliau tak membisikkan sesuatu pesan politik apapun ke telinga kedua pemimpin berpengaruh tersebut. Beliau hanya mengajak makan siang bareng sehabis pertemuan yang melelahkan, bertele-tele dan tak seia-sekata tersebut. Tapi ternyata anggukan kedua pemimpin berpengaruh tersebut dianggap sebagai persetujuan terhadap gagasan Bung Karno yang ia sampaikan beberapa saat setelah berbisik dan diangguki. (maaf sekali lagi para pembaca yang budiman, saya lupa bukunya. Saya ingat buku tersebut adalah buku lama yang saya dapatkan loakan cikapundung, Bandung. kalau ga salah buku tersebut berisi komunikasi antara Guntur Soekarnoputra dengan Bung Karno).

Kisah kedua, (lagi-lagi saya tak ingat persis sumbernya, entah dari pembicaraan dengan para senior atau dari salah satu buku Pramoedya Anatatoer atau buku Kolonel Latief. Silahkan kalau ada para rekan yang ingat, mohon saya diingatkan). Kisah kedua ini mengenai kunjungan mendadak Menlu RRC saat sibuk-sibuknya pemerintahan Bung Karno mempersiapkan ajang Games Of New Emerging Forces (Ganefo), sebuah event tandingan terhadap Olimpiade yang diikuti oleh negara-negara Konferensi Asia, Afrika dan Amerika Latin. Konon, didapatkan informasi dari biro intelijen luar negeri bahwa Menlu RRC akan berkunjung ke Indonesia sekitar dua minggu ke depan.
Kunjungan mendadak dan tempo yang singkat antara informasi kunjungan dengan pelaksanaan kunjungan membuat para pemimpin Indonesia kelabakan. Kementrian luar negeri di bawah Soebandrio meminta informasi akurat dari kedutaan dan jejaring informasi luar negeri mengenai maksud kunjungan menlu RRC tersebut. Namun baru dua hari menjelang kunjungan menlu RRC tersebut barulah didapatkan informasi maksud kunjungan tersebut. Ternyata maksud kunjungan tersebut adalah mempertanyakan kebijakan pemerintahan Bung Karno yang membatasi ruang gerak bisnis etnis Tionghoa di Indonesia, hanya boleh di Kota Kabupaten, jadi etnis tionghoa tidak boleh berbisnis di kota kecamatan, apa lagi sampai ke desa.
Berhubung maksud kunjungan tersebut baru diterima dua hari menjelang kedatangan tamu kehormatan. Soebandrio dan jajaran Menlu RI gugup serta panik karena belum sempat mengumpulkan informasi untuk memberi jawaban yang memuaskan sang sahabat yang sangat diperlukan tersebut (sangat dibutuhkan karena RRC dan Rusia sangat dibutuhkan bantuannya dalam persiapan program Ganefo yang sedang dalam progres). Maka Soebandrio pun menghadap Bung Karno dan menyampaikan maksud kunjungan Perdana Menteri RRC dan berkonsultasi bagaimana cara menajawabnya. Lalu, Bung Karno dengan enteng menjawab: “sudah, nanti yang menyambut dan menemuinya oleh saya saja”, begitulah kira-kira jawaban Bung Karno kepada Soebandrio.
Ketika tamu kehormatan itu datang. Bung Karno dengan santai dan hangat menyambut tamu dengan hangat. Ketika sampai pada topik pembicaraan mengenai misi diplomasi Menlu RRC, Bung Karno menjelaskan bahwa RRC dan Indonesia adalah sesama negara sosialis. Dalam hubungan ideologis ini, RRC adalah saudara tua bagi Indonesia yang masih baru. Bung Karno menjelaskan pula bahwa di desa-desa Indonesia pada dasarnya sudah menganut sosialisme secara kultural. SEdangkan di perkotaan nafsu kapitalisme masih mengancam sosialisme Indonesia, oleh karena itu saudara-saudara kita yang etnis Tionghoa diminta berkonsentrasi melakukan peran ekonomi sosialismenya di perkotaan.
Penjelasan Bung Karno  tersebut entah memuaskan atau membuat Menlu RRC mati kutu tak bisa menjawab, yang jelas Menlu RRC kemudian pulang ke negrinya dan hubungan RRC-Indonesia tetap baik-baik dan mesra sesudah pertemuan itu hingga berakhirnya masa kekuasaan Bung Karno.
Tulisan ini sekedar refleksi atas peran diplomatik Indonesia yang meredup di panggung internasional dan tak berdaya menghadapi malaysia. Ketika sebagian dari kita menyikapi secara emosional perilaku malaysia terhadap rakyat dan aparat kita, sementara Kementrian Luar Negeri kita dan pemimpin pemerintahannya tak berbuat suatu apa pun untuk membela dan mempertahankan martabata dan kedaulatan negara kita. Kita hanya bisa bersuara meneriakkan kemarahan terhadap negara tetangga kita.
Tulisan ini bermaksud mengingatkan pula bahwa diplomasi tidaklah selalu berkait dengan kekuatan nyata persenjataan. Artinya sikap keras dan tegas RI tidaklah selalu bermakna ancaman perang dalam hubungan dengan negara lain. Selama ini, setiap kali hubungan kita dengan Malaysia menegang selalu dikaitkan dengan kekuatan angkatan perang. Padahal dalam hubungan luar negeri, walaupun ada adagium mengatakan, “jika ingin damai bersiaplah berperang” tidaklah berarti bahwa hubungan diplomatik hanya dan hanya berkorelasi dengan kekuatan, melainkan lebih berkorelasi terhadap kepentingan ekonomi.
Beberapa dekade belakangan ini memang pejabat negara kita tidak inspiratif dan kreatif dalam mengemban amanah negeri. Hal ini tidak hanya terjadi dalam persoalan hubungan luar negeri, melainkan keseluruhan sektor. Menurut saya, kurangnya daya kreatif ini oleh karena para pejabat tidak punya jiwa dedikasa dalam jabatan yang diembannya. Para pejabat lebih berpikir dan menimbang-nimbang apakah langkah yang dibuatnya akan beresiko terhadap jabatan serta dapat mengurangi porsi kekuasaan dan nikmat yang diperolehnya atau tidak. Beginilah kalau budaya korupsi sudah mengakar dan merasuki mental bangsa, nasionalisme tergerus dan harga diri tak dipedulikan.

Menarik bukan? Itulah segenap kisah kehebatan BK presiden pertama kita yang layak diacungi jempol. Meski kita harus tetap sadar yang namanya pemimpin ya tetap ada sisi kekurangan dan kelebihan….. 

Nahh…sekarang coba bandingkan dengan pemimpin kita saat ini. Rakyat sampai kehabisan kata untuk mengungkap kesusahannya, sementara yang diatas sana seenak udelnya sendiri menilep uang Negara. Mungkin karena jenuhnya melihat fenomena-fenomena tersebut, hingga rela ada yang bakar diri dan menjahit mulutnya di depan gedung DPR. Ya kalau kejadian ini berjalan hanya setahun atau dua tahun mungkin tak ada efek samping. Tapi kalau berlangsung lama? maka jangan salahkan kiranya tragedi 1998 atau tragedy yang dialami Negara Mesir dan Libya akan terulang kembali di negeri Subur tapi rakyat miskin ini…