Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » , » Teori Baru Tentang Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Teori Baru Tentang Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia


Siapakah sesungguhnya Bangsa Indonesia? Ada banyak cara/versi untuk menerangkan jawaban atas pertanyaan tadi. Dari semua versi, keseluruhannnya berpendapat sama jika lelulur masyarakat Indonesia yang sekarang ini mendiami Nusantara adalah bangsa pendatang. Penelitian arkeologi dan ilmu genetika memberikan bukti kuat jika leluhur Bangsa Indonesia bermigrasi dari wilayah Asia ke wilayah Asia bagian Selatan. Masyarakat Indonesia mungkin banyak yang tidak menyadari apabila perbedaan warna kulit, suku, ataupun bahasa tidak menutupi fakta suatu bangsa yang memiliki rumpun sama, yaitu rumpun Austronesia. Jika melihat catatan penelitian dan kajian ilmiah tentang asal-usul suatu bangsa, apakah masyarakat Indonesia menyadari jika mereka berasal (keturunan) dari leluhur yang sama (satu rumpun)?


Topik dalam tulisan ini sebelumnya sudah sering dibahas di media cetak maupun elektronik, termasuk juga dituliskan oleh beberapa blogger. Sayang sekali di setiap penulisan tidak memberikan penegasan apapun kecuali hanya sekedar informasi umum. Pada prinsipnya, dengan menelusuri asal-usul suatu bangsa, setidaknya akan diketahui gambaran atas pemikiran, paham, ataupun anggapan tentang sikap suatu bangsa.

Menelusuri asal-usul suatu bangsa tidak sekedar membutuhkan bidang ilmu antropologi, akan tetapi sudah masuk ke dalam ranah ilmu genetika. Pada awalnya, penelurusuran hanya didasarkan pada bukti-bukti arkeologi dan pola penuturan bahasa. Temuan terbaru cukup mengejutkan karena merubah keseluruhan fakta di masa lalu jika selama ini leluhur Bangsa Indonesia bukan berasal dari Yunan.

Teori Awal Tentang Yunan

Teori awal tengan asal-usul Bangsa Indonesia dikemukakan oleh sejarawan kuno sekaligus arkeolog dari Austria, yaitu Robern Barron von Heine Geldern atau lebih dikenal von Heine Geldern (1885-1968). Berdasarkan kajian mendalam atas kebudayaan megalitik di Asia Tenggara dan beberapa wilayah di bagian Pasifik disimpulkan bahwa pada masa lampau telah terjadi perpindahan (migrasi) secara bergelombang dari Asia sebelah Utara menuju Asia bagian Selatan. Mereka ini kemudian mendiami wilayah berupa pulau-pulau yang terbentang dari Madagaskar (Afrika) sampai dengan Pulau Paskah (Chili), Taiwan, dan Selandia Baru yang selanjutnya wilayah tersebut dinamakan wilayah berkebudayaan Austronesia. Teori mengenai kebudayaan Austronesia dan neolitikum inilah yang sangat populer di kalangan antropolog untuk menjelaskan misteri migrasi bangsa-bangsa di masa neolitikum (2000 SM hingga 200 SM).

Teori von Heine Geldern tentang kebudayaan Austronesia mengilhami pemikiran tentang rumpun kebudayaan Yunan (Cina) yang masuk ke Asia bagian Selatan hingga Australia. Salah satunya pula yang melandasi pemikiran apabila leluhur Bangsa Indonesia berasal dari Yunan. Teori ini masih sangat lemah (kurang akurat) karena hanya didasarkan pada bukti-bukti kesamaan secara fisik seperti temuan benda-benda arkeologi ataupun kebudayaan megalitikum. Teori ini juga sangat mudah diperdebatkan setelah ditemukannya catatan-catatan sejarah di Borneo (Kalimantan), Sulawesi bagian Utara, dan Sumatera yang saling bertentangan dengan teori Out of Yunan. Sayangnya, masih banyak pendidikan dasar di Indonesia yang masih mempertahankan prinsip ‘Out of Yunan’.

Teori Linguistik Asal Usul Orang Indonesia

Teori mengenai asal-usul Bangsa Indonesia kemudian berpijak pada studi ilmu linguistik. Dari keseluruhan bahasa yang dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yang sama, yaitu rumun Austronesia. Akar dari keseluruhan cabang bahasa yang digunakan leluhur yang menetap di wilayah Nusantara berasal dari rumpun Austronesia di Formosa atau dikenal dengan rumpun Taiwan. Teori linguistik membuka pemikiran baru tentang sejarah asal-usul Bangsa Indonsia yang disebut pendekatan ‘Out of Taiwan’. Teori ini dikemukakan oleh Harry Truman Simandjuntak yang selanjutnya mendasar teori moderen mengenai asal usul Bangsa Indonesia.

Pada prinsipnya, menurut pendekatan ilmu linguistik, asal-usul suatu bangsa dapat ditelusuri melalui pola penyebaran bahasanya. Pendekatan ilmu linguistik mendukung fakta penyebaran bangsa-bangsa rumpun Austronesia. Istilah Austronesia sendiri sesungguhnya mengacu pada pengertian bahasa penutur. Bukti arkeologi menjelaskan apabila keberadaan bangsa Austronesia di Kepulauan Formosa (Taiwan) sudah ada sejak 6000 tahun yang lalu. Dari kepulauan Formosa ini kemudian bangsa Austronesia menyebar ke Filipina, Indonesia, Madagaskar (Afrika), hingga ke wilayah Pasifik. Sekalipun demikian, pendekatan ilmu linguistik masih belum mampu menjawab misteri perpindahan dari Cina menuju Kepulauan Formosa.

Pendekatan Teori Genetika Asal Usul Orang Indonesia

Teori dengan pendekatan ‘Out of Taiwan’ nampaknya semakin kuat setelah disertai bukti-bukti berupa kecocokan genetika. Riset genetika yang dilakukan pada ribuan kromosom tidak menemukan kecocokan pola genetika dengan wilayah di Cina. Temuan ini tentunya cukup mengejutkan karena dianggap memutuskan dugaan gelombang migrasi yang berasal dari Cina, termasuk di antaranya pendekatan ‘Out of Yunan’. Sebaliknya, kecocokan pola genetika justru semakin memperkuat pendekatan ‘Out of Taiwan’ yang sebelumnya juga dijadikan dasar pemikiran arkeologi dengan pendekatan ilmu linguistik.

Dengan menggunakan pendekatan ilmu linguistik dan riset genetika, maka asal-usul Bangsa Indonesia bisa dipastikan bukan berasal dari Yunan, akan tetapi berasal dari bangsa Austronesia yang mendiami Kepulauan Formosa (Taiwan). Direktur Institut Biologi Molekuler, Prof. Dr Sangkot Marzuki menyarankan untuk dilakukan perombakan pandangan yang tentang asal-usul Bangsa Indonesia. Dari pendekatan genetika menghasilkan beragam pandangan tentang pola penyebaran bangsa Austronesia. Hingga saat ini masih dilakukan berbagai kajian mendalam untuk memperkuat pendugaan melalui pendekatan linguistik tentang pendekatan ‘Out of Taiwan’.

Jalur Migrasi Nenel Moyang Orang Indonesia

Jalur migrasi berdasarkan pendekatan ‘Out of Taiwan’ bertentangan dengan pendekatan ‘Out of Yunan’. Pendekatan ‘Out of Yunan’ menerangkan migrasi Austronesia bermula dari Utara menuju semenanjung Melayu yang selanjutnya menyebar ke wilayah Timur Indonesia. Pendekatan ‘Out of Yunan’ dapat dilemahkan setelah ditelusuri berdasarkan pendekatan linguistik dan diperkuat pula oleh pembuktian genetika.

Berdasarkan pendekatan ‘Out of Taiwan’, migrasi leluhur dari Taiwan (Formosa) tiba terlebih dulu di Filipina bagian Utara sekitar 4500 hingga 3000 SM. Diduga migrasi dilakukan untuk memisahkan diri mencari wilayah baru di Selatan. Akibat dari migrasi ini kemudian membentuk budaya baru, termasuk diantaranya pembentukan cabang bahasa yang disebut Proto-Malayo-Polinesia (PMP). Teori migrasi awal bangsa Austronesia dari Formosa disampaikan oleh Daud A. Tanudirjo berdasarkan pandangan pakar linguistik Robert Blust yang menerangkan pola penyebaran bangsa-bangsa Austronesia.

Pada tahap selanjutnya sekitar 3500 hingga 2000 SM terjadi migrasi dari Masyarakat yang semula mendiami Filipina dengan tujuan Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara. Migrasi yang berakhir di Maluku Utara ini kemudian meneruskan migrasinya sekitar tahun 3000 hingga 2000 SM menuju ke Selatan dan Timur. Migrasi di bagian Selatan menuju gugus Nusa Tenggara, sedangkan di bagian Timur menuju pantai Papua bagian Barat. Dari Papua Barat ini kemudian mereka bermigrasi lagi dengan tujuan wilayah Oseania hingga mencapai Kepulauan Bismarck (Melanesia) sekitar 1500 SM.

Pada periode 3000 hingga 2000 SM, migrasi juga dilakukan ke bagian Barat yang dilakukan oleh mereka yang sebelumnya menghuni Kalimantan dan Sulawesi menuju Jawa dan Sumatera. Selanjutnya, hijrah pun diteruskan menuju semenanjung Melayu hingga ke seluruh wilayah di Asia Tenggara. Proses migrasi berulang-ulang dan menghabiskan masa ribuan tahun tidak hanya membentuk keanekaragaman budaya baru, akan tetapi juga pola penuturan (bahasa) baru.

Penutup

Teori asal-usul Bangsa Indonesia dengan pendekatan ‘Out of Taiwan’ saat ini adalah teori paling mendukung karena disertai bukti linguistik dan genetika. Kesamaan pola budaya Megalitikum hanya bisa menjelaskan pola variasi budaya, akan tetapi belum mampu untuk menjelaskan arus migrasi pertama kali. Pendekatan ‘Out of Taiwan’ pun bukannya tanpa celah. Seperti yang dikemukakan oleh Prof. Dr Sangkot Marzuki, teori mengenai keberadaan bangsa Austronesia berdasarkan pendekatan genetika juga masih beragam dan belum menemukan titik temu.

Jika ditanya motif suku-suku bangsa ketika itu untuk menggabungkan diri ke dalam NKRI bukanlah semata didasarkan atas kesamaan nasib. Kesamaan asal usul leluhur sangat dimungkinkan bagi melatarbelakangi keinginan untuk menyatukan kembali menjadi suatu bangsa. Kedatangan kolonial Eropa yang meng-kapling wilayah menyebabkan suku-suku bangsa di wilayah penyebaran Austronesia menjadi terpisah secara politik satu dengan yang lain. Tidak mengherankan apabila catatan sejarah Majapahit dan Sriwijaya wilayah meng-klaim Nusantara sebagai wilayah kekuasaan Austronesia.

Kisah tentang sejarah asal-usul Bangsa Indonesia sesungguhnya masih belum terungkap penuh. Temuan terbaru dari Prof. Dr Sangkot Marzuki bahkan menyatakan jika penyebaran bangsa dengan bahasa Austronesia berawal dari wilayah Sunda (Jawa Barat). Perlu kiranya pemikiran atau teori baru tentang asal-usul Bangsa Indonesia dikaji ulang. Untuk awal, setidaknya dengan membebaskan terlebih dahulu paham ‘Out of Yunan’.

Sekalipun belum ditemukan bukti-bukti genetika secara meyakinkan, suku bangsa Austronesia yang menempati gugus kepulauan Formosa (Taiwan) diduga kuat bermigrasi dari wilayah Utara (Cina). Rumpun bahasa Austronesia dan keluarga bahasa lainnya di Asia Tenggara merupakan filum Bahasa Austrik. Dilihat dari kekerabatan linguistik (hipotesis filum Austrik), semua bahasa di wilayah Tiongkok bagian Selatan memiliki kedekatan (kekerabatan) dengan rumpun Bahasa Austrik. Jika hendak ditarik benang merahnya, maka diskriminasi rasial tidak perlu terjadi di negeri ini. Dengan memahami sejarah masa lalu dirinya sendiri, setidaknya bangsa ini akan lebih bijaksana dalam memberikan sikap.

Nenek moyang bangsa Indonesia, secara teoritis, berasal dari tempat yang sekarang bernama Provinsi Yunnan di Republik Rakyat Cina, melalui migrasi ribuan tahun lalu. Penduduk ... Jalur pertama dari Filipina menyebar ke Sulawesi dan Papua. Mereka ini ... Model Cantik Asal Uzbekistan Ingin Jadi WNI • Momen Unik .


ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI INDONESIA

Setelah masa zaman es berakhir, dimulailah migrasi manusia ke berbagai daerah di ... Jadi, pada awalnya itu ras nenek moyang bangsa Indonesia adalah ras ... asal-usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia A. Asal - usul ... Indonesia, ditinjau dari bentuk fisik penduduk asli Indonesia dapat ...

MENGUAK MISTERI MOYANG BANGSA INDONESIA

Satu abad lebih kita diajari bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari ... Bahasa memang menjadi dasar asal-usul moyang kita. ... Selanjutnya, pada 2.000 tahun sebelum Masehi terjadi migrasi penduduk Filipina ke ... Hal ini memperkuat pendapat bahwa bangsa Indonesia merupakan campuran penduduk asli ...

ASAL-USUL DAN PERSEBARAN NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Dengan adanya migrasi yang berlangsung dengan cepat dan ...

ASAL-USUL NENEK MOYANG PENDUDUK PULAU KOMODO

Universitas Indonesia, berjudul Migrasi, Asal Usul Nenek Moyang dan ... penduduk asli, Pulau Komodo juga didiami oleh orang-orang dari ...

A. TEORI ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA ... Migrasi jalur barat di lakukan dari Yunan ke semenanjung Malaysia, Kalimantan , menuju ... dari Yunan di Tiongkok selatan dengan penduduk asli Indonesia.

INDONESIA NENEK MOYANG PENDUDUK MADAGASKAR

Sumber Perempuan Indonesia Jadi Nenek Moyang Bangsa ... Saya pernah baca di NGI, kalo orang Mentawai itu DNA nya yg tertua di ... bisa di generalisasi asal-usulnya karena rasnya juga beda.sodara2 ... sebagian suku2 proto malayan (Igorot) migrasi ke filipina. tapi mereka bukan asli filipin karena asli ...

MENELUSURI ASAL-USUL BANGSA INDONESIA


Berdasarkan pendapat dari Kern, bahwa nenek-moyang bangsa ... Jadi, sebetulnya bangsa berkulit hitam ini merupakan penduduk asli Indonesia. ... bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah orang-orang Melayu. ... Mereka masuk melalui jalur barat, yaitu melalui daerah semenanjung Melayu terus ...

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN DAN KARAKTERISTIK BANGSA ...

Untuk mengetahui asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. ... Jalur migrasi berdasarkan pendekatan 'Out of Taiwan' bertentangan dengan ...

TEORI-TEORI TENTANG KEBERADAAN AWAL MASYARAKAT ...

Asal-usul bangsa Indonesia adalah dari Asia Tengah,pendapat ini didasarkan pada ... menyebar ke wilayah Indonesia,menurutnya nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari ... Gelombang migrasi pertama berlangsung sekitar tahun 3000 SM,yaitu berpindahnya ... melalui jalur barat : dari semenanjung Melayu terus ...

ASAL USUL DAN PERSEBARAN MANUSIA DI INDONESIA

Asal usul dan persebaran di Indonesia merupakan hal yang hingga saat ini masih ... riset untuk menemukan siapa nenek moyang manusia Indonesia sebenarnya. ... sulit dikatakan mana karakter wajah orang Indonesia asli yang sebenarnya. 2. ... terjadi migrasi besar-besaran secara bergelombang dari Asia sebelah Utara ...


Anggota satu merge berasal dari satu nenek moyang yang sama. .... Kepulauan Indonesia terletak di jalur laut utama antara Asia bagian timur dan ... bias diperkirakan akan terdapat populasi dengan beragam asal-usul. ... Teori Sarasin bersaudara ini adalah bahwa populasi asli kepulauan Indonesia adalah orang dengan ...

[MISTERI] LEGENDA ATLANTIS MENURUT TIMAEUS DAN ...

Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa bangsa Atlantis adalah sekelompok ras super .... dan nenek moyang mereka yang terus dipelihara oleh generasi berikutnya. ...... yaitu melalui Asia Tenggara, bukan jalur migrasi majemuk melalui jalur utara dan ...

Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia Walaupun Homo erectus dan
Homo wajakensis pernah tinggal dan ... Ada beberapa dugaan asal usul bangsa
Australomelanesid sebagai berikut. ... Jadi, Australomelanesid adalah bangsa
asli Nusantara. ... Mereka pindah ke Indonesia melalui dua jalur sebagai berikut.
Ia berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Campa, Cochin ... Ia menyatakan bahwa asal-usul bangsa Indonesia dari daerah Cina Tengah. ... Mereka datang ke Indonesia melalui jalur barat dan jalut timur. ... Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat ...

DARI MANAKAH NENEK MOYANG BANGSAKU

Sampai sekarang, asal usul nenek moyang bangsa Indonesia masih menjadi ... Indonesia dan di Nusantara sudah menetap orang-orang Indonesia, ..... Soloensis dan kelak menurunkan langsung bangsa asli Australia. ... Mongoloid itu disebabkan karena ada arus migrasi yang berasal dari daratan ...

Sejarah : Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia ... asal usul kedatangan bangsa Indonesia asli (teori migrasi) menurut Brandes dan ..... dan masuk ke Indonesia melalui jalur timur, seperti Minahasa, Maluku, dan Papua.

ASAL USUL BANGSA INDONESIA

moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan (bukan ... Kebudayaan mereka lebih maju daripada penduduk asli Indonesia ...

A. Proses Migrasi Ras Bangsa Palaeo Mongoloide dengan Neo Mongoloide ... B. Asal usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia . ... manusia selain dilakukan oleh orang-orang Eropa, juga oleh para ahli dari Indonesia, seperti Prof. ..... alat dari tulang masuk ke Indonesia melalui jalur barat.

NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Siapakah Nenek Moyang Bangsa Indonesia PERTANYAAN tersebut dapat ... Makhluk ini menunjukkan bahwa nusantara kita adalah daerah migrasi makhluk ini. .... menetapkan mana sebenarnya yang disebut bangsa Indonesia yang asli. ... Asal Usul Nama Pulau di Indonesia • Candi Candi di Indonesia ...

Peta Kedatangan Nenek Moyang Bangsa Indonesia ... bernama Provinsi Yunnan di Republik Rakyat Cina, melalui migrasi ribuan tahun lalu. ... Jalur pertama dari Filipina menyebar ke Sulawesi dan Papua. .... 15 Hewan Paling Aneh di Seluruh Dunia • Berbagai Versi tentang Asal Usul dan Legenda Putri.

Sebagai seorang musafir di dunia ini, menulis adalah pilihan saya .... populasi asli Indonesia berbahasa Austronesia di bagian tengah. ... (jalur utara dan selatan) seperti dalam teori migrasi yang saya tulis di ... 3. http://kajiansejarahdunia.blogspot.com/2010/06/asal-usul-nenek-moyang-bangsa-indonesia.
PEMBENTUKAN KEBUDAYAAN NASIONAL INDONESIA Makalah ...

sekelompok orang-orang Indonesia di sekitar kita saja, di suatu lokasi tertentu .... kepercayaan bahwa mereka memiliki asal-usul keturunan yang sama, satu kepercayaan ... lebur bersama-sama dengan kebudayaan asli yang telah lama hidup. .... nenek moyang mereka hanya untuk dianut dalam kehidupan pribadimereka.

SEJARAH BANGSA INDONESIA MENURUT IPTEK DAN DATA SPIRITUAL

NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA DATANG BERGELOMBANG DARI ... kita tidak mengakui nenek moyang asli yang bersumber dari Tanah Air sendiri. ... lagi gerak Afrika karena ditumbuk Mala dan jalur kiri dan kanan akibat gerak India. ... Untuk ini akan ditulis buku : Legalitas Ilmiah Asal sul Nenek Moyang Bangsa ...

NENEK MOYANG ASIA-EROPA DARI ASIA TENGGARA ...


Asia Tenggara merupakan pusat asal-usul budaya dan peradaban dunia. ... penanda kunci yang menaungi jejak migrasi orang-orang Polinesia ke Pasifik. Para keturunan Manup dianggap sebagai orang Papua asli yang telah ...

Siapakah Orang Indonesia Asli?

Peta Kedatangan Nenek Moyang Bangsa Indonesia ... bernama Provinsi Yunnan di Republik Rakyat Cina, melalui migrasi ribuan tahun lalu. ... Jalur pertama dari Filipina menyebar ke Sulawesi dan Papua. .... Cara Mengatasi Tertelannya Duri Ikan • Asal Usul Nama Hari • Rahasia Telepati • Semut Dapat ...

MEREKONSTRUKSI PELAYARAN NENEK MOYANG AUSTRONESIA

Ditemukan juga bahwa suku-suku asli di belahan Pasifik memiliki banyak ... rute pelayaran, perahu yang digunakan, sampai orang-orang yang akan mengendalikan perahu itu. .... Sejarah Asal-usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Perlu Dirombak ..... Perpindahan/Migrasi Bangsa-bangsa ke Indonesia ...

SIAPAKAH ORANG INDONESIA ASLI ?

Nenek moyang bangsa Indonesia, secara teoritis, berasal dari tempat yang sekarang bernama Provinsi Yunnan di Republik Rakyat Cina, melalui migrasi ribuan tahun lalu. ... Jalur pertama dari Filipina menyebar ke Sulawesi dan Papua. ... Anda sedang membaca artikel tentang Siapakah Orang Indonesia Asli ? dan anda ...

ASAL USUL ORANG INDONESIA SEBENARNYA

asal usul orang Indonesia sebenarnya - blog apa aja. ... Yunnan di Republik Rakyat Cina, melalui migrasi ribuan tahun lalu. ... Jalur pertama dari Filipina menyebar ke Sulawesi dan Papua. ... Semua yang disebutkan di atas, penduduk "asli" Indonesia, nenek moyang bangsa "pribumi" Indonesia

0 komentar: