Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » » Siapa yang Lebih Cerdas, Pria atau Wanita?

Siapa yang Lebih Cerdas, Pria atau Wanita?

 (Dilihat dari Perbedaan Bagian-bagian Otak)

Setiap makhluk hidup mempunya organ organ tubuh vital yang dinamakan otak. Apa fungsi otak?
Ya, benar sekali. Otak berfungsi sebagai pengatur komando dari seluruh bagian/anggota tubuh yang lain. Misal, jika tiba-tiba tangan kita tersengat puntung rokok maka detik itu juga kita akan merasakan sebuah perasaan tidak enak (panas) dan secepat kilat akan menghindar.
Siapa yang memerintah?
Dialah si otak selaku komandan tadi.

Otak, ternyata mempunyai spasi/perbedaan berdasar jenis kelamin si pemilik otak, perbedaan inilah yang menyebabkan sifat/perilaku keduanya juga berbeda dalam menghadapi situasi atau kondisi sekitarnya.

perbedaan bagian-bagian otak pria dan wanita
perbedaan bagian-bagian otak pria dan wanita

Michael Guriaan dalam bukunya What Could He Be Thinking? How a Man ’s Mind Really Works menjelaskan, perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian itu berhubungan serta cara kerjanya. Perbedaan mendasar antar keduanya adalah:

1. Perbedaan spasial
Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda- benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan atau apa saja yang bisa diotak-atik (apa saja hayoo?)

2. Perbedaan verbal
Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri- kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan. Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria (baca=cerewet :P). Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata! (nah, terbukti kan bagaimana cerewetnya perempuan? :p)
Termasuk perempuan bisa memaksimalkan multi
tasking-nya (kayak hape aja nih, hehe), menggendong si kecil, sambil
memasak dan menyaksikan sinetron favorit di televisi. Sementara kaum pria, jangan heran kalau mereka tidak mendengarkan panggilan anda ketika tengah menyimak pertandingan bola dari klub favorit atau tengah menyaksikan film kesayangan di televisi.

3. Perbedaan bahan kimia
Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin (serotonin adalah yang membuatnya bersikap tenang). Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

4. Memori lebih kecil
Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.

Beberapa perbedaan yang dapat saya tangkap seperti uraian diatas antaraialin:
1. Wanita lebih banyak bicara ketimbang pria
2. Wanita lebih lembut perasaannya ketimbang pria
3. Wanita lebih cerdas ketimbang pria
4. Wanita lebih bisa melakukan banyak hal ketimbang pria
5. Wanita memiliki nafsu sex lebih kecil ketimbang pria
6. Wanita lebih mudah tersentuh perasaannya ketimbang pria.

Nah, sekarang.. Silahkan anda mereview mana diantara 6 poin diatas (atau boleh menambah poin ke7, ke8, dsb) jika dirasa kurang tepat beserta alasan/arguman anda tentunya...

1 komentar:

Nyak Kajhu mengatakan...

Artikelnya menarik & menambah wawasan. Btw, seperti yang di ulas pada buku "The Famale Brain" bahwa setiap manusia, awalnya terlahir ber-otak perempuan, bertranformasi menjadi otak laki laki setelah satu minggu kemudian. Tak salah jika kemudian perempuan begitu dimuliakan derajatnya.
oh ya, bagi temen-temen yang mau baca buku " The Famale Brain " bisa di download disini disini http://goo.gl/bI4LO atau di http://talasiah.blogspot.com