Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » , » Hewan-hewan dengan Suara Paling Keras dan Lantang di Muka Bumi

Hewan-hewan dengan Suara Paling Keras dan Lantang di Muka Bumi

Pernah dengar anjing menggonggong? Saya yakin semua sudah pernah,
Bagaimana perasaan anda? Menggangggu bukan, saking Keras dan lantangnya?

Eitss.. Jangan lantas mengasumsikan kalau suara anjing-anjing itu paling keras ya...
karena masih ada hewan-hewan lain yang bersuara jauh lebih keras dan lantang. Tercatat ada 7 hewan bersuara lantang, apa saja meraka?
Monggo simak sendiri di bawah ini:

Paus Biru
paus biru, suara lantang, ikan paus, hewan laut
Suara paus biru adalah yang paling keras di bumi, dengan keras 188 desibel, jika kita bandingkan dengan konser rock yang rata-rata hanya mencapai 100 desibel, maka ini hampir dua kali lipatnya. Paus biru jantan biasa menggunakan suara kerasnya untuk menarik pasangan yang jaraknya ratusan mil jauhnya.
Wah, cocok ini dipake tukang sayur keliling, He..3x :D

Howler Monkey
monyet, baboon, howler monkey
Hewan ini ditemukan di hutan hujan amerika. Bisa tumbuh sampai dengan tinggi 4 kaki dan biasa hidup berkelompok. Lolongan monyet ini bisa terdengar sampai 10 mil, dan masuk rekor guiness sebagai the loudest land animal.

Gajah
gajah afrika, hewan besar, hewan kuat
Ketika gajah memijakkan kakinya,getaran bisa terdengar sampai 20 mil melalui tanah. Sebagai informasi gajah juga melakukan komunikasi melalui kaki yang dihasilkan getaran tersebut. Penelitian di afrika mengidentifikasi gajah mengirimkan pesan untuk peringatan, untuk menyapa dan untuk mengumumkan.. ”Let’s go..”. Suara ini berkekuatan 80-90 desibel, lebih keras daripada kebanyakan manusia berteriak.

North American Bullfrog
katak, katak besar, katak ganas, suara indah
Namanya berasal dari suara kerasnya, teriakan jauh yang dikeluarkan katak jantan. Suaranya bisa terdengar hingga satu setengah mil jauhnya, membuat mereka jauh lebih besar dan lebih ganas daripada sebenarnya. Untuk membuat suara beresonansi yang digunakan untuk panggilan kimpoi, katak jantan memompa udara bolak-balik antara paru-paru dan mulut dan diseberang pita suaranya.

Hyena
hyena, karnivora, hewan darat, binatang iseng
Jika anda kebetulan mendengar suara tertawa atau melihat hyena, saya sarankan anda meninggalkan gedung. Hyena membuat staccato, serangkaian suara hee-hee-hee bernada tinggi atau disebut “cekikikan ” oleh ahli zoologi ketika mereka sedang terancam, dikejar, atau diserang.
Tawa mengganggu ini bisa didengar hingga delapan mil jauhnya.

Singa Afrika
lion, singa afrika, hewan buas, macan
Mungkin adalah hewan yang panggilannya paling gampang dikenali, raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukan dominasi. Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan. Auman singa terdengar bisa mencapai 5 mil jauhnya.

Northern Elephant Seal Bull
gajah laut, northern elephant sea bull
Sepanjang garis pantai California, hidup gajah laut berwajah aneh, dengan moncong besar dan bergerak terhuyung-huyung. Ketika tiba waktunya untuk kimpoi, yang jantan mengeluarkan panggilan serupa dengan suara gajah. Panggilan ini dapat didengar untuk beberapa mil, memungkinkan pejantan dan betina yang dekat tahu siapa yang berkuasa.

Nah, sudah pada faham kan.. Ternyata seberisik apapun suara lolongan anjing atau bahkan konser rock pun masih kalah jauh sama suara hewan-hewan diatas.

Ini menunjukkan betapa mekanisme suara ciptaan Tuhan sangat kompleks dan jauh lebih canggih dari pengeras suara manapun buatan manusia di bumi ini :D

0 komentar: