Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » » Mengapa Ada Jerawat?

Mengapa Ada Jerawat?


Apakah Anda berada di rentang usia remaja? Kalo iya berarti kulit anda dalam masa2 kritis alias perlu perhatian lebih. Pada usia remaja, kelenjar minyak akan memproduksi minyak secara berlebih dan partikelnya pun lebih besar.

Akibatnya, minyak yang biasanya keluar melalui saluran pilosebaceous (pilo=rambut, sebum=lemak), justru akan menghambat saluran itu. Inilah yang memicu timbulnya komedo (awal dari jerawat) yang kemudian makin membesar dan terinfeksi.

Secara kasat mata, kulit manusia biasanya lepas setiap 3 minggu dan diganti dengan kulit baru. Nah, karena terlalu berminyak, pelepasan kulit jadi agak terhambat, sehingga kulit remaja biasanya terlihat kusam. Jerawat juga mulai muncul di usia ini, Kulit sendiri sebetulnya tidak streril terhadap kuman. Kuman selalu ada. Salah satunya adalah kuman p. agnes, yang kalau kena minyak akan semakin subur. Kuman ini sangat doyan minyak. Jadi, kalau ada minyak yang terkumpul, otomatis akan terjadi proses peradangan dan jadilah jerawat. Yang tadinya cuma komedo, akhirnya jadi merah, jerawatan, dan bernanah.

Di usia ini, minyak justru tidak boleh diberikan, karena besarnya partikel minyak akan menyumbat saluran pilosebaceous tadi, sehingga memicu komedo dan jerawat. Oleh karena itu, pada remaja tidak dianjurkan memakai pelembab wajah. Pemakaian kosmetik juga harus diperhatikan. Harus lihat dulu, apa tipe kulit wajahnya.

Banyak cara untuk menunda munculnya minyak serta kekeriputan. Tapi, bukan berarti Anda dianjurkan untuk menjalani beragam metode perawatan kulit terkini dengan teknologi canggih jika usia Anda di bawah 30 tahun.
Pada usia antara 20 sampai 30 tahun, kulit berada dalam kondisi paling prima. Terlalu banyak menjalani perawatan justru akan berakibat kurang baik pada kulit. Berikut beberapa diantaranya.

Botox. Botox yang diperbolehkan hanya untuk memperbaiki gangguan otot. Anda belum perlu botox untuk mengatasi kerut wajah, karena sel kulit masih aktif. Sebagai gantinya lakukan perawatan rutin, jaga makanan, tidur cukup serta olahraga.

Pemutih kulit. Tak sedikit produk pemutih yang mengandung merkuri, yang jika digunakan dalam jangka panjang akan terjadi endapan logam merkuri pada kulit. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar kesehatan kulit terus terpantau.
Suntik vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan terbaik bagi kulit, yang mampu mencegah penuaan dinh. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran berkandungan vitamin C tinggi.

0 komentar: