Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » » Penyakit Keturunan Yang Sulit Dicegah

Penyakit Keturunan Yang Sulit Dicegah



Denai - Memangsudah dari sananya,” adalah ungkapan yang sering kita dengar jikaberkomentar tentang perilaku atau sifat seseorang. Artinya, memang sudahtakdirnya. Apakah takdir itu jika ditinjau dari sains? Yang jelas,adafaktor keturunan yang bisa menjadi takdir seseorang untukmengalamisuatu hal yang sama dengan orangtuanya. Berikut ada 10kondisi padamanusia yang bersikap “takdir” keturunan.

1. Alkoholisme
Anak-anakpenderita alkoholik tidak ditargetkan menjadi pecandu alkoholjuga.Tapi studi terbaru mengungkap bahwa sekitar 50 persen anak paraalkoholik berisiko menderita nasib serupa dengan orangtuanya. Sebesar50persennya lagi akan ditentukan oleh lingkungan. Ini disebabkansejumlahgen pada orangtua menurun ke anak, sejenis gen ketergantungan.


2. Kanker Payudara
Penyebabnyamemang masih misteri, namun ilmuwan sudah menemukan bahwaterjadimutasi sejumlah gen seperti BRCA1 dan BRCA2 adalah pemicunya.Perempuanyang mewarisi mutasi gen ini akan menderita kanker payudara.Sedangkankaum lelakinya akan mengalami risiko kanker prostat.


3. Buta Warna
Sebanyak10 juta lelaki AS tak bisa membedakan mana merah dan hijau.Gangguanpengelihatan ini memang lebih banyak diderita Kaum Adam.Mengapa? Sebabgen reseptor warna hijau dan merah berada di posisidekat kromosom X.


4. Kekerasan
Mengerikanjuga jika seorang ayah yang suka melakukan kekerasan akanmenurun padaanaknya. Perilaku agresif anak lelaki biasanya diturunkandari genayahnya. Bukan hanya kebiasaan melakukan kekerasan, melainkanjugaperilaku antisosial dan suka mencuri. Gen suka mencuri ini lebihbanyakbekerja pada perempuan.


5.Obesitas
Kegemukantak selamanya akibat lingkungan. Banyak kasus dimana orangmemangvsulitmenahan nafsu makannya. Ini disebabkan ada gen yangmembuat fungsipenahan nafsu makan tidak bekerja dengan baik. Dan genini menurun. jadijangan heran jika menjumpai satu keluarga yangbertubuh gemuk semua.



6. Penyakit Jantung
Jikapunya anggota keluarga menderita diabetes atau stroke, bisadipastikanakan menderita gangguan jantung. Anak dari orang tuapenderita gangguanjantung dan peredaran darah akan mewarisi penyakittersebut. Ditambahlagi pasien gagal jantung juga akan menurunkanpenyakit serupa.



7. Saudara Kembar
Inginmemiliki saudara kembar? Periksa dulu apakah ada kembar dalamkeluargakita. Kasus kembar ini dipicu oleh suatu gen yang membuatseorang ibumelepaskan sel telur multipel selama evaluasi. Keturunankembar initidak selalu menurun langsung ke anak-anak, bisa melompat kecucu atrausepupu.


8. Jerawat
Andaberjerawat parah? Agak sulit disembuhkan jika memang keduaorangtuakita berjerawat juga. Studi mempelihatkan banyak anak usiasekolahberjerawat juga memiliki riwayat berjerawat pada keluarganya.


9. Tak Doyan Susu
Adasebagian orang yang tak bisa minum susu hewani dengan kandungan zatlaktosa. Memang tubuh mereka tak mampu menoleransi laktosa samasekali.Untuk bayi, biasanya disediakan susu kedelai dengan kandunganlaktosarendah. Kondisi seperti ini juga bersifat menurun dalam anggotakeluarga.


10. Kebotakan
Walaukebotakan dianggap biasa pada kaum lelaki, ternyata hal itu jugadipicuoleh keturunan. Ada gen yang diturunkan oleh salah satu pihakorangtuaatau keduanya yang menyebabkan si anak juga menderitakebotakan. Adajuga orang yang menderita kebotakan permanen yangpastinya jugadisebabkan oleh satu jenis gen.

0 komentar: