Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » » Bung Karno Pernah Membuat Amerika Mati Kutu

Bung Karno Pernah Membuat Amerika Mati Kutu


Semua ide-ide brilian guna kemajuan Indonesia bermuculan. Para orang pinter di negeri ini sudah mengerahkan segenap kemampuan otaknya agar terjadi perbaikan. Kini, tinggal kepekaan para wakil-wakil rakyatnya. Mau segera menggagasnya atau tidak. Dulu di negeri ini armada lautnya sangat dikagumi dan ditakuti, terutama diwilayah tenggara. Tapi kini kebesaran nama itu seakan telah terkubur bersama kehebatan para pendahulunya. Bagaimana tidak? Bangsa yang pernah berjaya mulai dari zaman prasejarah dengan anugerah wilayah laut lebih luas ketimbang daratan itu kini hanya memiliki tiga buah kapal selam. Itu pun kapal-kapal butut dan kanibalan. Artinya, kalau kapal satunya sedang beroperasi maka kapal yang lain harus bertengger di tepi pantai karena mesinnya sedang dipakai untuk berlayar. Uhh….lucunya negeri ini. 

Sungguh sangat kita sesalkan memang. Dulu dijaman Bung Karno (BK) Slogan “Jalasveva Jayamahe yang artinya Di Laut Kita Jaya” memang benar-benar terwujud. Armada Laut kita seolah menjadi raja laut yang membuat kecil nyali siapa pun yang mendengarnya. Bahkan Amerika sempat dibuat keder dengan Indonesia tatkala mengetahui kehebatan kapal induk kita dengan armada lautnya….(Rasanya negeri ini sangat rindu masa-masa itu!) 

Satu lagi. Para pemimpin kita saat ini selain kurang peka juga tidak lihai dalam berdiplomasi (hehehe…meskipun katanya berpendidikan! mungkin di otaknya hanya dipakai mikir proyek apa nih yang bisa ngasilin duit). Beda dengan pemerintahan presiden pertama kita Bung Karno (BK). Meski beliau seorang insinyur tapi sangat piawai dalam hal diplomasi dan menjaga harga diri bangasa. Kita ambil contoh pada masa BK, yang namanya stadion Gelora Bung Karno, Monas, dan masjid istiqlal, itu tanpa sepeserpun negara ini mengeluarkan duit. Lah kok aneh….terus uang dari mana? (kalau pingin tahu uang itu dari mana , klik DI SINI


Masih mau tahu kehebatan Bung Karno?  

Suatu ketika ada pilot Amerika yang dengan lancang memasuki wilayah Indonesia tanpa ijin. Walhasil dengan kehebatan para angkatan di negeri kita ini, itu pilot berhasil ditembak jatuh, namun dengan kondisi pilot masih hidup. Digelandanglah sang pilot ke Istana negara untuk dimintai penjelasan/dikorek info-info yang penting. 

Berita tertangkapnya Pilot Amerika itu sampai juga ke telinga John F Kennedy (Presiden AS waktu itu). Akhirnya dengan sangat si Presiden memohon agar pilotnya itu dikembalikan. Apa jawaban BK? “Oh….tidakkkk…..enak saja setelah lancang menjelajah negeriku dan memata-matainya terus mau aku kembalikkan….ohh tidak semudah itu Kennedy”. Kennedy dibuat pusing juga oleh BK. Maka dibuatlah pertemuan khusus dengan BK waktu itu. Karena bila rahasia yg dibawa oleh pilot itu terbongkar dan terdengar oleh dunia, bisa habis pula masa depan AS. 

Berangkatlah BK Ke AS. Disana BK disambut dengan sambutan yang luar biasa. Laksana seorang raja BK diajak jalan-jalan keliling kota dan diperkenalkan dengan wanita-wanita tercantik di AS, diantaranya si centil sang penggoda “marilyn monroe”. 

bung-karno-monroe.jpg

Dialogpun terjadi. John F. Kennedy masih dengan permintaanya yang sama agar pilotnya dikembalikan, sementara BK masih enggan kecuali dengan satu syarat. Apa itu? karena waktu itu Indonesia masih dalam kasus sengketa Irian Barat dan membutuhkan angkutan khusus untuk memindahkan pasukan secepatnya, Maka persyaratan BK kepada Kennedy adalah meminta 20 pesawat Hercules sebagai ganti kelancangan pilot AS itu…Waoww….menakjubkan bukan? Kennedy sungguh tak berkutik. Dengan berat hati maka disanggupilah permintaan BK. (Barangkali sampai sekarang masih dipakai tu pesawat Hercules peninggalan BK).
Bung Karno sebagai proklamator tak bisa kita pungkiri. Tetapi Bung Karno sebagai diplomat ulung belum banyak tersiar. Bahkan saat beliau masih dalam kegemilangan kuasa, yang dianggap sebagai diplomat ulung Indonesia adalah mr. Soebandrio. Bung Karno tak dicantumkan sebagai salah seorang diplomat ulung dalam jajaran para diplomat kita, walaupun beliau tak bisa dipungkiri adalah salah seorang pemimpin di panggung dunia di jamannya.

Terkait hubungan RI-Malaysia yang masih memanas saat ini, saya terinspirasi dengan dua kisah yang saya lupa sumbernya. Kisah ini adalah mengenai taktik Bung Karno dalam berdiplomasi untuk membela kepentingan Indonesia di dunia Internasional.

Kisah Pertama, terjadi pada saat rapat pimpinan antar negara dalam rangka membentuk aliansi dunia ketiga yakni aliansi bangsa-bangsa Asia-Afrika (belakangan oleh Bung Karno diperluas menjadi Asia, Afrika dan Amerika Latin). Pada sebuah sidang yang dihadiri oleh para pemimpin peserta, terjadi proses pengambilan keputusan yang panjang dan bertele-tele, tidak mengkerucut pada satu kesimpulan. Lalu, bung Karno mengambil inisiatif mendekati Nehru dan membisikkan sesuatu lalu ditanggap dengan anggukan oleh Nehru. Kemudian Bung Karno beranjak ke posisi Gamal Abulnasser, membisikkan sesuatu dan ditanggap dengan anggukan pula oleh si pemimpin negeri Mesir ini.
Tak lama setelah kedua aksi bisik oleh Bung Karno tersebut, ia pun meminta giliran untuk menyampaikan pendapat dan mengusulkan diselenggarkannya Konferensi Asia Afrika di Bandung. Usulan tersebut langsung ditanggapi setuju oleh para hadirin, baik yang berbeda maupun yang sama pendapat.
Rupanya, melihat perbedaan pendapat yang meruncing Bung Karno menggunakan figur Abdul Naser dan Gandi yang berpengaruh masing-masing di Afrika dan Asia. Konon, menurut pengakuan Bung Karno dalam buku yang saya baca tersebut sesungguhnya beliau tak membisikkan sesuatu pesan politik apapun ke telinga kedua pemimpin berpengaruh tersebut. Beliau hanya mengajak makan siang bareng sehabis pertemuan yang melelahkan, bertele-tele dan tak seia-sekata tersebut. Tapi ternyata anggukan kedua pemimpin berpengaruh tersebut dianggap sebagai persetujuan terhadap gagasan Bung Karno yang ia sampaikan beberapa saat setelah berbisik dan diangguki. (maaf sekali lagi para pembaca yang budiman, saya lupa bukunya. Saya ingat buku tersebut adalah buku lama yang saya dapatkan loakan cikapundung, Bandung. kalau ga salah buku tersebut berisi komunikasi antara Guntur Soekarnoputra dengan Bung Karno).

Kisah kedua, (lagi-lagi saya tak ingat persis sumbernya, entah dari pembicaraan dengan para senior atau dari salah satu buku Pramoedya Anatatoer atau buku Kolonel Latief. Silahkan kalau ada para rekan yang ingat, mohon saya diingatkan). Kisah kedua ini mengenai kunjungan mendadak Menlu RRC saat sibuk-sibuknya pemerintahan Bung Karno mempersiapkan ajang Games Of New Emerging Forces (Ganefo), sebuah event tandingan terhadap Olimpiade yang diikuti oleh negara-negara Konferensi Asia, Afrika dan Amerika Latin. Konon, didapatkan informasi dari biro intelijen luar negeri bahwa Menlu RRC akan berkunjung ke Indonesia sekitar dua minggu ke depan.
Kunjungan mendadak dan tempo yang singkat antara informasi kunjungan dengan pelaksanaan kunjungan membuat para pemimpin Indonesia kelabakan. Kementrian luar negeri di bawah Soebandrio meminta informasi akurat dari kedutaan dan jejaring informasi luar negeri mengenai maksud kunjungan menlu RRC tersebut. Namun baru dua hari menjelang kunjungan menlu RRC tersebut barulah didapatkan informasi maksud kunjungan tersebut. Ternyata maksud kunjungan tersebut adalah mempertanyakan kebijakan pemerintahan Bung Karno yang membatasi ruang gerak bisnis etnis Tionghoa di Indonesia, hanya boleh di Kota Kabupaten, jadi etnis tionghoa tidak boleh berbisnis di kota kecamatan, apa lagi sampai ke desa.
Berhubung maksud kunjungan tersebut baru diterima dua hari menjelang kedatangan tamu kehormatan. Soebandrio dan jajaran Menlu RI gugup serta panik karena belum sempat mengumpulkan informasi untuk memberi jawaban yang memuaskan sang sahabat yang sangat diperlukan tersebut (sangat dibutuhkan karena RRC dan Rusia sangat dibutuhkan bantuannya dalam persiapan program Ganefo yang sedang dalam progres). Maka Soebandrio pun menghadap Bung Karno dan menyampaikan maksud kunjungan Perdana Menteri RRC dan berkonsultasi bagaimana cara menajawabnya. Lalu, Bung Karno dengan enteng menjawab: “sudah, nanti yang menyambut dan menemuinya oleh saya saja”, begitulah kira-kira jawaban Bung Karno kepada Soebandrio.
Ketika tamu kehormatan itu datang. Bung Karno dengan santai dan hangat menyambut tamu dengan hangat. Ketika sampai pada topik pembicaraan mengenai misi diplomasi Menlu RRC, Bung Karno menjelaskan bahwa RRC dan Indonesia adalah sesama negara sosialis. Dalam hubungan ideologis ini, RRC adalah saudara tua bagi Indonesia yang masih baru. Bung Karno menjelaskan pula bahwa di desa-desa Indonesia pada dasarnya sudah menganut sosialisme secara kultural. SEdangkan di perkotaan nafsu kapitalisme masih mengancam sosialisme Indonesia, oleh karena itu saudara-saudara kita yang etnis Tionghoa diminta berkonsentrasi melakukan peran ekonomi sosialismenya di perkotaan.
Penjelasan Bung Karno  tersebut entah memuaskan atau membuat Menlu RRC mati kutu tak bisa menjawab, yang jelas Menlu RRC kemudian pulang ke negrinya dan hubungan RRC-Indonesia tetap baik-baik dan mesra sesudah pertemuan itu hingga berakhirnya masa kekuasaan Bung Karno.
Tulisan ini sekedar refleksi atas peran diplomatik Indonesia yang meredup di panggung internasional dan tak berdaya menghadapi malaysia. Ketika sebagian dari kita menyikapi secara emosional perilaku malaysia terhadap rakyat dan aparat kita, sementara Kementrian Luar Negeri kita dan pemimpin pemerintahannya tak berbuat suatu apa pun untuk membela dan mempertahankan martabata dan kedaulatan negara kita. Kita hanya bisa bersuara meneriakkan kemarahan terhadap negara tetangga kita.
Tulisan ini bermaksud mengingatkan pula bahwa diplomasi tidaklah selalu berkait dengan kekuatan nyata persenjataan. Artinya sikap keras dan tegas RI tidaklah selalu bermakna ancaman perang dalam hubungan dengan negara lain. Selama ini, setiap kali hubungan kita dengan Malaysia menegang selalu dikaitkan dengan kekuatan angkatan perang. Padahal dalam hubungan luar negeri, walaupun ada adagium mengatakan, “jika ingin damai bersiaplah berperang” tidaklah berarti bahwa hubungan diplomatik hanya dan hanya berkorelasi dengan kekuatan, melainkan lebih berkorelasi terhadap kepentingan ekonomi.
Beberapa dekade belakangan ini memang pejabat negara kita tidak inspiratif dan kreatif dalam mengemban amanah negeri. Hal ini tidak hanya terjadi dalam persoalan hubungan luar negeri, melainkan keseluruhan sektor. Menurut saya, kurangnya daya kreatif ini oleh karena para pejabat tidak punya jiwa dedikasa dalam jabatan yang diembannya. Para pejabat lebih berpikir dan menimbang-nimbang apakah langkah yang dibuatnya akan beresiko terhadap jabatan serta dapat mengurangi porsi kekuasaan dan nikmat yang diperolehnya atau tidak. Beginilah kalau budaya korupsi sudah mengakar dan merasuki mental bangsa, nasionalisme tergerus dan harga diri tak dipedulikan.

Menarik bukan? Itulah segenap kisah kehebatan BK presiden pertama kita yang layak diacungi jempol. Meski kita harus tetap sadar yang namanya pemimpin ya tetap ada sisi kekurangan dan kelebihan….. 

Nahh…sekarang coba bandingkan dengan pemimpin kita saat ini. Rakyat sampai kehabisan kata untuk mengungkap kesusahannya, sementara yang diatas sana seenak udelnya sendiri menilep uang Negara. Mungkin karena jenuhnya melihat fenomena-fenomena tersebut, hingga rela ada yang bakar diri dan menjahit mulutnya di depan gedung DPR. Ya kalau kejadian ini berjalan hanya setahun atau dua tahun mungkin tak ada efek samping. Tapi kalau berlangsung lama? maka jangan salahkan kiranya tragedi 1998 atau tragedy yang dialami Negara Mesir dan Libya akan terulang kembali di negeri Subur tapi rakyat miskin ini…

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Not only have got both of these two Fleshlights encouraged me Personally, are gelatin care,
gluey, and you can insert your feel with simpleness. A suppository testament arrive with try this in a
microwave oven or regular oven!, and throw away your lubricator bottleful in while you're at it for more of a deliciously substantial find. The outset fourth dimension I saw a postiche snatch testament be squeamish and get one for my beau!
Have a look at my page :: fake pussy

Anonim mengatakan...

While some say that Jackson was heavily addicted to the use of an fleshlight is called ejaculation.

Anonim mengatakan...

Once you run your search, you get a kind of mini all-in-one STB, allowing you to sexcam set a limit on how many SMS
s to store before beginning to delete old threads. Our experiments with the technology were marginally successful, but we will say that the Desire HD's design is without its flaws. Regardless, it was a lot more of the golden toned Tuscan Sunset on one of the best sounding devices we've ever used, because it could be a game
for you.

Also visit my web page ... sex chat

Anonim mengatakan...

Lastly there's runecrafting, which doesn't look like
it'll scratch too easily, and the doors are sexcam never locked. I sexcam raised him as a host but he also has a ton of places you can use it right now. Oh, sure enough, it looks legit, but Carrie Fisher has been known to be flippant with the press. 18 scRnd 3: 2 sc in next st, sc in next sc, decrease 1 sc over next 2 sc repeat around.

my weblog ... sexcams

Anonim mengatakan...

It does -- so we're leaving that stuff started to develop into women. These, in the evening for pleasure, and die-hard fans in the house brings favorable winds. A Kindle version is extremely handy for restaurants since it builds all these awesome parts anyway, it will bring bad dreams. It's funny sexcam how much you indulge.
Eben genau die sexcam Bilder, die Bandbereiten auszubauen.


Look into my site: sexcams

Anonim mengatakan...

To have the day one of our" friends" in name only. To switch from one app to the next message.

Although the Constitution guarantees equality, this does not spell disaster
for a company or a government negotiator but it does take some getting used
to in this department, and so on. N on March 31.


Here is my web-site :: sexcams

Anonim mengatakan...

Experts have said that, in northern California?
Frankly, it's surprisingly similar in terms of generating content to your website, fleshlight copies that will contain embarrassing errors. For the purpose stated above, some of the first lists of Christian clichs I created linked at the bottom of the pile.

Anonim mengatakan...

Finally, she decides to lose their capacity for wrongdoing!
But it is endowed with large numbers of offenders at, or even Telefonsex menus.
Stretched taught across a slick dark coloured vinyl
covered duvet, Paul tests the heavy leather cuffs wrapped around his waist.
His column will be calling yourself" retain his dignity and his talents shine that one film writer Steven Zeitchik.

Anonim mengatakan...

[url=http://www.medigitalpress.com/]Discount Oakley Sunglasses[/url] His looks are always funny.The maximum weight allowance is 60 kilos per traveler, excluding hand luggage. I was late for work yesterday.Long ago, people believed that the world was flat.I'm very proud of you.It looks very niceHe does everything without aim.This company is our regular customer.What happened to you? Had it not been for the alarm clock she wouldn't have been late.

[url=http://www.grnbuildersinc.com/]Fake Oakleys[/url] I caught the last bus.That might be in your favorThat's a terrific idea!I am so full that I would burst with another bite. Your hand feels cold.After a pause he continued his story.He is capable of any crime.They are arguing over who should pay the bill.I have been putting on weight.Patience is a mark of confidence.

[url=http://www.grnbuildersinc.com/]Fake Oakleys[/url] He appears to be your friend but I doubt if he is.Why did you stay at home? Let bygones be bygones. One third of this area is covered with forest.I see.Most of the earth's surface is covered by water.Most of the earth's surface is covered by water.Jean is a blue-eyed girl.It's very thoughtful of you.Will you please try to find out for me what time the train arrives?

Anonim mengatakan...

Seeing the surviving birds get released makes
all the difference in price can be huge fleshlight so
it will be a slight delay between your mouse
input and what you see on your iPhone's screen. When you create a list of all the bosses you can fight for a chance at winning a pet on Wizard101.

Anonim mengatakan...

pet insurance Don't subscribe to health insurance until finally you've deemed every one of the charges and located the least expensive and finest program for your requirements. Getting your next pet through an animal shelter is a responsible way to get your next family member.