Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » » 10 Fenomena Tak Terpecahkan

10 Fenomena Tak Terpecahkan


Ilmu kedokteran hanya dimulai dengan memahami cara-cara di mana pikiran mempengaruhi tubuh. Efek placebo misalnya, menunjukkan bahwa seseorang bisa merasa lega dari suatu gejala medis atau penderitaan dengan meyakini bahwa obat telah bekerja efektif – meskipun sebenarnya mereka tidak diberi obat tersebut. Melalui sebuah proses yang sulit dipahami, kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri jauh lebih menakjubkan dari obat-obatan modern yang pernah dibuat.

Kekuatan Batin dan ESP

Kekuatan batin dan ekstra-sensori persepsi (ESP) masuk dalam peringkat sepuluh fenomena yang tak terungkap jika tidak ada alasan lain selain bahwa di dalamnya begitu luas. Banyak orang percaya bahwa intuisi (# 3) adalah bentuk dari kekuatan batin, cara untuk menyingkap misteri atau ilmu khusus mengenai dunia dan masa depan. Peneliti telah menguji orang-orang yang mengklaim memiliki kekuatan batin, meski hasilnya di sejauh ini masih negatif atau ambigu. Ada juga yang berpendapat, bahwa kekuatan batin tidak bisa diuji, atau karena beberapa alasan dilemahkan oleh orang atau ilmuwan yang skeptis. Jika ini benar, ilmu pengetahuan tidak akan bisa membuktikan atau sebaliknya, menyangkal keberadaan kekuatan batin.

Pengalaman Mendekati Ajal dan Hidup Sesudah Mati

Orang yang pernah hampir mati kadang melaporkan berbagai pengalaman mistis (seperti pergi ke dalam sebuah terowongan dan muncul dalam cahaya, bersatu kembali dengan orang yang dicintai, rasa damai, dll) yang dapat menunjukkan suatu eksistensi di luar kubur. Meskipun pengalaman semacam itu cukup banyak, tetapi tidak ada yang dapat membuktikan atau memberikan penjelasan/ informasi yang pasti dari "alam kubur." Para skeptis menduga bahwa pengalaman itu bisa dijelaskan sebagai halusinasi natural dari trauma otak, namun tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apa yang menyebabkan munculnya pengalaman menjelang kematian andaikata hal itu benar-benar merupakan visi dari "sisi lain."

UFO

Tidak ada keraguan bahwa UFO (Unidentified Flying Objects) ada, sehubungan dengan banyaknya orang yang telah melihat “sesuatu” di langit yang tak teridentifikasi dengan jelas, mulai dari pesawat sampai meteor. Apakah benda atau cahaya yang terlihat tersebut adalah pesawat alien, itu masalah lain, karena dengan jarak fantastis dan upaya yang harus dilakukan dalam menuju bumi melintasi jagad raya, skenario seperti itu tampaknya tidak mungkin. Hingga kini, meski melalui penyelidikan yang hati-hati telah berhasil mengungkap banyak penyebab dari sejumlah laporan penampakan, namun beberapa insiden UFO masih tidak dapat dijelaskan.

Déjà vu

Déjà vu dalam bahasa Perancis artinya 'sudah pernah melihat,' merujuk pada suatu perasaan lain, membingungkan, dan misterius yang pernah dialami pada keadaan tertentu sebelumnya. Seorang wanita mungkin sedang berjalan di sebuah gedung, misalnya, di negara asing ia tak pernah dikunjungi, dan tiba-tiba dia merasakan bahwa penataan ruangan dalam gedung tersebut sangat akrab dan familiar di pikirannya. Beberapa atribut deja vu dengan pengalaman batin atau sekilas muncul tanpa diminta dari suatu kehidupan sebelumnya. Seperti intuisi (# 3), penelitian pada psikologi manusia bisa memberikan penjelasan yang lebih alamiah, namun toh penyebab dan sifat fenomena itu sendiri masih merupakan misteri.

Hantu

Dari drama Shakespeare "MacBeth" untuk acara NBC "Medium," roh-roh orang mati telah lama muncul dalam budaya kita dan cerita rakyat. Banyak orang melaporkan pernah melihat penampakan, baik berbentuk bayangan seseorang yang dikenal maupun tidak. Meski bukti pasti akan keberadaan hantu masih diperdebatkan, saksi mata yang dapat dipercaya terus melaporkan melihat, memotret, bahkan berkomunikasi dengan hantu. Pemburu hantu berharap suatu hari membuktikan bahwa orang mati dapat menghubungi yang hidup sehingga bisa memberikaan jawaban akhir dari misteri tersebut.

Hilang Misterius

Orang menghilang karena berbagai alasan. Ada yang karena melarikan diri, ada juga mati akibat kecelakaan, diculik atau dibunuh, namun kebanyakan pada akhirnya berhasil ditemukan. Tidak demikian dengan penghilangan yang benar-benar misterius. Dari kru Marie Celeste sampai Jimmy Hoffa, Amelia Earhart, dan Natalee Holloway, beberapa orang tampaknya telah lenyap tanpa jejak. Saat orang yang hilang ditemukan, selalu berdasarkan hasil kerja polisi, pengakuan, atau kebetulan, tanpa bantuan "detektif paranormal”. Tapi ketika bukti-bukti kurang dan petunjuk hilang, polisi bahkan ahli forensik sekalipun tidak mampu memecahkan masalah orang hilang ini.

Intuisi

Apakah kita menyebutnya perasaan yang mendalam, “indra keenam”, atau sesuatu yang lain, kita kadang pernah merasakan intuisi pada satu waktu. Tentu, intuisi sering salah (berapa kali selama terjadi turbulensi saat kita naik pesawat, kita merasa kalau pesawat akan jatuh?), Tetapi seringkali intuisi benar adanya. Psikolog mencatat bahwa di luar kesadarannya seseorang menerima informasi mengenai dunia sekitar, menuntunnya untuk merasakan atau mengetahui informasi tanpa tahu tepatnya bagaimana atau mengapa kita tahu itu. Namun kasus-kasus intuisi sulit untuk dibuktikan atau dipelajari, dan psikologi mungkin satu-satunya ilmu yang bisa menjawabnya.

Bigfoot

Selama beberapa dekade, pemunculan makhluk besar berbulu mirip manusia yang disebut Bigfoot telah dilaporkan oleh saksi mata di seluruh Amerika. Meskipun seharusnya ada ribuan Bigfoot mengingat bervariasinya waktu dan tempat penampakannya dilaporkan, namun tak satupun mayatnya pernah ditemukan, baik karena di bunuh oleh pemburu, tertabrak mobil yang ngebut, atau bahkan mati karena sebab-sebab alami. Dalam ketiadaan bukti kuat seperti gigi atau tulang, membuat kepercayaan akan keberadaannya kian menurun, meski ada saksi dan foto ambigu dan film. Meski secara logika tidak terbukti, namun ilmuan juga tidak akan pernah bisa membuktikan bahwa makhluk seperti Bigfoot dan Loch Ness rakasa tidak ada. Mungkin saja makhluk-makhluk misterius itu masih bersembunyi entah di mana.

Dengungan Taos

Beberapa penduduk dan pengunjung kota kecil Taos, New Mexico, sudah bertahun-tahun diganggu dan dipusingkan oleh dengungan berfrekuensi rendah yang lemah dan misterius di udara padang pasir. Anehnya, hanya sekitar 2 persen dari penduduk Taos melaporkan mendengar suara itu. Banyak yang percaya, bahwa hal ini disebabkan suara tidak wajar, sementara yang lainnya menganggap histeria massal atau sebuah maksud rahasia yang mengerikan. Apakah digambarkan sebagai desingan, denging, atau dengung dan apakah secara psikologis, alamiah, atau supranatural, tak seorang pun mampu menemukan asal suara itu.

0 komentar: