Labels

100 Tokoh Dunia (100) Alam (28) Alien (9) Artikel (268) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (74) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (110) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (168) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (288) Video (7) Widget (1)
Home » , » Dua Situs Hoax Paling "Terpercaya"

Dua Situs Hoax Paling "Terpercaya"

 
Hoax adalah sebuah kabar bohong atau tidak benar yang disebarkan dengan harapan ada orang lain yang mempercayainya. Tidak jarang berita hoax ini berkembang dan menjadi sebuah kisah yang sangat dipercaya kebenarannya. Ada berbagai cara untuk menyebarkan berita hoax ini, bisa melalui cetak, televisi, radio, dari mulut ke mulut atau juga lewat internet. Di dunia sendiri ada dua media yang secara khusus mengangkat berita hoax (dan mereka memang mengakuinya), tapi hebatnya ada beberapa media-media besar di dunia yang percaya akan kebohongan mereka.

1. The Onion
The Onion adalah sebuah tabloit asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1988. Ketika dunia internet mulai menjajah dunia dengan berbagai situs berita online tabloit ini pun mendirikan theonion.com. Beberapa berita hoax yang mereka buat berhasil menggemparkan dunia, terutama dunia internet. Bahkan situs berita besar seperti Reuters pernah menjadi korbannya.
Dalam salah satu artikelnya The Onion pernah menulis "Para Anggota Kongres Mengancam Akan Meninggalkan Washington DC Kecuali Pemerintah Membangun Gedung DPR Yang Baru". Berita ini kemudian dikutip oleh Beijing Evening News dan kemudian dikutip lagi oleh Reuters. Luar biasanya walaupun The Onion telah mengungkapkan bahwa berita itu hanyalah bohong, Beijing Evening News tetap ngotot bahwa berita ini benar dan malah meminta The Onion memberi bukti bahwa berita ini adalah bohong.
Beijing Evening News sendiri akhirnya menyerah dan mencabut berita ini. Dalam rilisnya mereka menulis "Beberapa media kecil di Amerika secara teratur memalsukan berita untuk menipu orang-orang dengan tujuan menghasilkan uang". Yah mungkin The Onion memang memalsukan berita, tapi media ini udah menjelaskan dari awal bahwa berita yang mereka buat adalah berita parodi.
Selain berita diatas ada beberapa berita hoax lain yang berasal dari The Onion yang berhasil menguncang dunia dan bahkan tetap dipercaya bahwa berita itu benar hingga sekarang. Beberapa diantaranya adalah :
Penemuan Mayat Michael Jackson
Dalam artikel ini The Onion mengatakan bahwa dalam sebuah penggeledahan di Neverland, kediaman Michael Jakson (MJ), telah ditemukan sesosok mayat yang di yakini sebagai mayat MJ. Dari penelitian di perkirakan bahwa MJ telah meninggal sekitar 18-20 tahun yang lalu. Artinya selama ini ada orang yang telah berpura-pura menjadi MJ.
Neil Amstrong Dan Konspirasi Pendaratan Di Bulan
Dalam artikel ini The Onion menulis bahwa Neil Amstrong telah melakukan konfrensi pers untuk memberikan pengakuan bahwa pendaratan di bulan adalah sebuah kebohongan dan hanyalah sebuah konspirasi terencana saja.
Justin Bieber Seorang Paedophilia
Ini dia berita paling konyol tapi ternyata banyak orang di Indonesia yang percaya, yang baca sambil senyum-senyum pasti juga percaya dan telah jadi korbannya The Onion hahaha. Dalam artikel ini diberitakan bahwa Justin Bieber Adalah seorang kakek-kakek berusia 50-an tahun yang menyamar. Disebutkan juga bahwa Justin Bieber sebenarnya adalah pengidap Paedophilia.
2. Weekly World News
Yang satu ini punya reputasi yang tidak kalah "mentereng" dengan The Onion. Bahkan banyak berita hoax yang disebarkan oleh majalah yang telah berdiri sejak tahun 1979 menjadi sesuatu yang sangat dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Walau kabarnya versi cetak majalah ini sudah tidak ada lagi, tapi situs mereka weeklyworldnews.com tetap menjadi salah satu sumber berita hoax yang ternama di dunia.
Salah satu yang paling populer adalah berita soal ditemukannya dua orang penumpang kapal Titanic setelah puluhan tahun tanpa mengalami penuaan sedikitpun. Dalam artikel itu disebutkan kemungkinan kedua orang tersebut, Kapten Edward John Smith dan Winnie Coutts, telah selamat berkat lorong waktu.
Berita-berita lain yang cukup populer dan dipercaya kebenarannya antara lain :
Andrew Carlssin, Penjelajah Waktu Dari Tahun 2256
Seorang pria bernawa Andrew Carlssin dikabarkan telah ditangkap oleh FBI setelah berhasil melipat gandakan uangnya yang senilai $ 800 menjadi $ 350 juta dalam dua minggu melalui pasar saham. Dalam pengakuannya Carlssin mengaku dapat mengetahui setiap pergerakan sahan karena ia berasal dari tahun 2256.
Megan Fox Adalah Pria
Berita ini awalnya berkaitan dengan pernyataan Megan Fox yang mengatakan bahwa dirinya terlihat seperti seorang pria. Ucapan ini rupanya sempat menjadi bahan pembicaraan yang cukup menarik di internet. Melihat momen ini Weekly World News lalu membuat artikel yang berisi bukti bahwa Megan Fox adalah seorang pria dengan nama Mitchell Fox.
China Akan Meledakkan Bulan
Dalam berita ini dikabarkan China akan meledakkan bulan agar dapat mengontrol cuaca. Berita ini sempat memakan korban salah satu media online besar di Indonesia. Tapi sayangnya setelah saya telusuri artikel tersebut telah mereka hapus, jadi saya tidak bisa mencantumkan link media online yang menjadi korban tersebut.

0 komentar: