Labels

100 Tokoh Dunia (97) Alam (28) Alien (9) Artikel (266) Binatang (18) Catatanku (17) Do"a (7) Download (6) FACEBOOK (8) Fakta (20) Film (23) Foto (91) GaMe (3) Handphone (6) Imsakiyah (17) Indonesiaku (3) Internet (11) Islam (174) Kata2 (5) Kenapa? (9) Kesehatan (24) Kisah (35) Kisah 25 Nabi (22) Komputer (12) Lelucon (33) Minangkabau (21) Misteri (73) Musik (9) Nusantara (1) Olah Raga (17) Pendidikan (2) Photoshop (86) Puisi (14) Renungan (37) Sejarah (109) Teknologi (13) Tips n Trik (16) Tokoh (165) Tour De Singkarak 2011 (7) Tour De Singkarak 2013 (1) TV (7) Unik n Kreatif (286) Video (7) Widget (1)
Home » »


Alhamdulillah sekarang sudah menginjak Bulan Sya’ban, yang artinya sebentar lagi Bulan Ramadhan sudah datang. Dan kali ini kita akan menyambut Bulan Ramadhan 1433 H. Sudahkah teman-teman mempersiapkan diri? Kali ini saya ingin berbagi seputar tips dan cara agar kita tetap produktif menghadap ramadhan, terlebih bagi teman-teman mahasiswa yang notabene mempunyai karakter dinamis dan inovatif. Saat Ramadhan, tetap jaga produktivitas kita walaupun sedang berpuasa.

Productive Ramadhan Tips
  1. Luruskan niat dan ikhlas dalam menyambut Bulan Ramadhan. Perbanyak doa agar Bulan Ramadhan yang kita lalui dapat kita lakukan dengan optimal
  2. Rencanakan kegiatan yang akan dilakukan pada malam sebelumnya. Buat prioritas kegiatan yang akan kita lakukan pada hari berikutnya, dan jangan lupa tulis pada buku agenda harian.
  3. Awali hari dengan bangun pagi setidaknya 1 jam sebelum Fajar tiba. Lanjutkan makan sahur dengan menu dan gizi seimbang.
  4. Segera kerjakan kegiatan yang sudah direncanakan semalam. Waktu yang paling baik adalah pada setelah Fajar tiba, karena pada waktu itulah tubuh kita masih fresh. Usahakan kegiatan yang sudah direncanakan dapat mencapai tujuan dan target yang sudah dicanangkan
  5. Sempatkanlah untuk tidur siang selama beberapa saat, paling tidak 20 menit lamanya. Lakukan pada saat sebelum Duhur atau sesudah Duhur.
  6. Pasang target amal yaumi kita, terutama dalam hal solat wajib maupun solat sunah. Canangkan target realistis, contohnya solat berjamaah 4 kali sehari, solat sunah 4 kali sehari.
  7. Alokasikan waktu paling tidak 1 jam sehari untuk tilawan Al-Qur’an
  8. Yang paling penting, tingkatkan dakwah kita. Minimal pada lingkungan sekitar terdekat kita. Dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara, kapan saja, di mana saja, dan terhadap siapa saja.
  9. Berbuka puasalah dengan makanan manis, susu, biji-bijian (kurma) ataupun sekedar air putih. Segera laksanakan Sholat Maghrib, kemudian kembali lanjutkan berbuka dengan makanan berat.
  10. Tingkatkan amal sodaqoh kita. Bisa dilakukan dengan berbagai cara : beramal di masjid, panti asuhan, ataupun dengan cara yang lain. Selain itu, libatkan diri pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti terlibat dalam organisasi, ikut serta dalam kegiatan sosial, pembagian takjil, dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Ayo buktikan bahwa kita bisa meningkatkan produktivitas kita di Bulan Ramadhan kali ini..

0 komentar: